Apakah Jari Tangan Yang Putus Bisa Disambungkan Kembali?

Penggunaan Pin, sekrup, dan kabel berguna dalam prosedur bedah untuk jari yang patah. Diagnosis, perawatan, dan rehabilitasi jari yang patah membantu menjaga fungsi dan kekuatan tangan serta mencegah kelainan bentuk.Setelah reduksi, imobilisasi, dan empat hingga enam minggu penyembuhan, prognosis tulang-tulang yang menyatu dan penyembuhan sangat baik untuk jari yang patah.
Dipublish tanggal: Agu 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apakah Jari Tangan Yang Putus Bisa Disambungkan Kembali?

Jari tangan adalah bagian yang penting dalam kegiatan sehari-hari. Tangan dan jari tangan telah menjadi kebutuhan pokok dari organ tubuh untuk mengambil benda, bekerja, makan, dan minum. Tanpa jari tangan Anda tidak mungkin dapat melakukan sesuatu dengan sempurna.

Anatomi jari tangan

Tangan dibagi menjadi tiga bagian: pergelangan tangan, telapak tangan, dan jari-jari. Ada delapan tulang di pergelangan tangan, yang bergerak bersama untuk memungkinkan rentang gerak pergelangan tangan yang luas. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Telapak tangan, atau tangan tengah, terbuat dari tulang-tulang metacarpal. Tulang metacarpal memiliki ikatan otot dan menjembatani pergelangan tangan dengan jari-jari individu. Tulang-tulang ini sering kali terluka dengan trauma langsung seperti jatuh dari suatu benda atau paling umum dari cedera meninju.

Jari memiliki sensitivitas dan ketangkasan terbesar, terutama jari telunjuk. Jari telunjuk terdiri dari tiga tulang: phalanx distal, phalanx menengah, dan phalanx proksimal. 

Jari kelingking dan jari telunjuk keduanya memiliki ekstensor otot ekstra, yang membuat jari-jari ini paling cocok untuk menunjuk. Sensasi dari jari telunjuk berjalan melalui cabang saraf median; Saraf ini juga menyediakan fungsi otot pada jari.

Jari dibangun dari ligamen (jaringan pendukung kuat yang menghubungkan tulang ke tulang), tendon (jaringan perlekatan dari otot ke tulang), dan tiga falang (tulang). Tidak ada otot di jari; dan jari-jari bergerak dengan tarikan otot-otot lengan bawah pada tendon.

Tiga tulang di masing-masing jari diberi nama sesuai hubungannya dengan telapak tangan. Tulang pertama, paling dekat dengan telapak tangan, adalah phalang proksimal; tulang kedua adalah phalang tengah; dan yang terkecil dan terjauh dari tangan adalah phalang distal. Jempol tidak memiliki phalang tengah.

Jari tangan yang patah

Jari tangan mudah terluka dari aktivitas sehari-hari, dan cedera jari adalah beberapa cedera traumatis yang paling umum terlihat di ruang gawat darurat. Cedera dapat berkisar dari memar sederhana atau memar hingga patah tulang dan dislokasi sendi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Jari tangan yang patah banyak disebabkan oleh cedera saat bekerja dan berolahraga, kecelakaan, dan lainnya. Jari tangan yang patah sangat menyakitkan karena jari tangan dipenuhi oleh saraf-saraf kecil dan persendian yang apabila rusak ini menimbulkan rasa nyeri dan hilangnya sensor gerakan.

Jari tangan yang patah juga memicu pendarahan yang disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah kecil dan apabila disertai luak terbuka ini akan menyebabkan pendarahan berat yang butuh tindakan medis segera.

Jika tidak ada kelainan bentuk, rasa sakit yang tajam dirasakan sangat signifikan di lokasi cedera.

Patah jari tangan biasanya akan terasa menyakitkan, Tergantung pada kestabilannya, beberapa patah tulang mungkin lebih menyakitkan daripada yang lain.

Seiring berjalannya waktu, biasanya dalam 5-10 menit berikutnya, pembengkakan dan memar jari akan terjadi dan jari akan menjadi kaku untuk bergerak. Pembengkakan tidak spesifik seperti nyeri dan dapat mempengaruhi jari-jari yang berdekatan juga.

Jika jari tangan patah secara parah, biasanya akan muncul memar disertai pendarahan dalam yang pada akhirnya jika pembengkakan berlebihan, mati rasa jari dapat terjadi karena adanya penekanan pada saraf-saraf di jari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Apakah patah jari tangan bisa disembuhkan?

Perawatan untuk jari yang patah sebenarnya dapat disembuhkan tergantung pada lokasi fraktur dan apakah itu stabil.

Menghubungkan jari yang patah ke jari utuh yang berdekatan dapat mengobati patah jari tangan yang stabil. Fraktur yang tidak stabil membutuhkan imobilisasi. Setelah dokter Anda menyelaraskan fraktur, atau menguranginya, dokter baru dapat  menerapkan tindakan.

Jika fraktur Anda tidak stabil atau patah keseluruham, dokter Anda mungkin perlu melakukan operasi. Pembedahan menstabilkan fraktur ketika Anda memiliki:

1.      beberapa patah tulang

2.      fragmen tulang yang longgar

3.      cedera sendi

4.      kerusakan pada ligamen atau tendon

5.      fraktur tidak stabil, atau terbuka

6.      fraktur impaksi

Seorang ahli bedah ortopedi atau ahli bedah tangan akan menentukan pendekatan perawatan terbaik untuk fraktur yang sulit ditangani.

Penggunaan Pin, sekrup, dan kabel berguna dalam prosedur bedah untuk jari yang patah. Diagnosis, perawatan, dan rehabilitasi jari yang patah membantu menjaga fungsi dan kekuatan tangan serta mencegah kelainan bentuk.

Setelah reduksi, imobilisasi, dan empat hingga enam minggu penyembuhan, prognosis tulang-tulang yang menyatu dan penyembuhan sangat baik untuk jari yang patah.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Broken Finger - Causes, Symptoms, Diagnosis and Treatment. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/finger-fractures-2549469)
Broken finger or thumb. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/broken-finger/)
Jammed finger: Symptoms, treatment, and when to see a doctor. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321288.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app