Apa Penyebab Patah Tulang Spiral dan Cara Menanganinya

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Penyebab Patah Tulang Spiral dan Cara Menanganinya

Apa Itu Patah Tulang Spiral?

Patah tulang (fraktur) dapat dibedakan berdasarkan pola patahan tulang. Salah satu pola patah tulang adalah fraktur spiral. 

Patah tulang spiral terjadi ketika tulang panjang patah menjadi dua oleh kekuatan atau tumbukan dengan pola yang miring dan memutar mengelilingi tulang (spiral).

Iklan dari HonestDocs
Beli Suplemen Fitness via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 25

Sebagian besar fraktur spiral terjadi pada tulang panjang kaki, seperti tulang paha, tibia, dan fibula. Fraktur spiral juga dapat terjadi pada tulang panjang pada lengan seperti humerus, ulna, dan tulang-tulang jari.

Fraktur spiral biasanya merupakan cedera serius dan dapat menimbulkan risiko terjadinya komplikasi. Ketika tulang panjang patah dan membentuk sudut, biasanya tulang akan terpisah menjadi dua bagian yang tidak sejajar dan memiliki tepi yang kasar dan tidak rata. 

Patah tulang ini bisa membuat tulang sulit disatukan kembali. Fraktur spiral kadang-kadang disebut fraksi punter.

Apa yang menyebabkan terjadinya patah tulang spiral?

Apa pun yang memberikan tekanan atau puntiran dengan gaya yang besar pada tulang panjang dapat menyebabkan patah tulang spiral. 

Tetapi beberapa gerakan, aktivitas, dan keadaan tertentu cenderung dapat menyebabkan terjadinya fraktur spiral. Beberapa penyebab umum terjadinya fraktur spiral meliputi:

  • Ski atau snowboarding cedera, ketika kaki terpelintir akibat terjebak dalam sepatu ski atau snowboarding.
  • Cidera sepak bola
  • Cedera rugbi, terutama ketika satu pemain bertabrakan dengan yang lain, satu pemain ditahan atau ditahan oleh pemain lain.
  • Cedera gulat pada kaki atau lengan yang disebabkan oleh kuncian.
  • Kendaraan bermotor khususnya kecelakaan sepeda bermotor.
  • Terjatuh dari ketinggian saat posisi tangan terentang.
  • Kekerasan terhadap anak, jika lengan atau kaki anak dipukul secara agresif.
  • Jatuh menuruni tangga atau lereng dengan, seperti menabrak batu atau pohon yang dapat memutar lengan atau kaki menjauh dari bagian tubuh yang lain.
  • Kekerasan fisik, ketika lengan atau kaki seseorang diputar secara paksa.
  • Cedera akibat alat-alat berat seperti cedera akibat mesin pabrik.

Apa saja gejala yang ditimbulkan oleh Patah Tulang Spiral?

Fraktur spiral bisa menimbulkan rasa nyeri yang sangat tajam. Gejala lain yang umumnya berkaitan dengan cedera meliputi:

Iklan dari HonestDocs
Beli Suplemen Fitness via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 25
  • Pingsan atau kehilangan kesadaran
  • Ketidakmampuan tulang atau anggota geraj yang trauma untuk menahan beban
  • Kehilangan sensasi sentuhan (fungsi sensorik) dan kontrol (fungsi motorik) pada tungkai bawah atau lengan yang mengalami cedera.
  • Tulang yang mencuat, di mana tulang yang mengalami fraktur biasanya akan menembus kulit.
  • Ketidakmampuan untuk meluruskan atau sepenuhnya memanjangkan kaki atau lengan yang mengalami cedera.
  • Munculnya tanda-tanda memar.
  • Peradangan atau kemerahan pada daerah yang mengalami cedera.
  • Hilangnya denyut nadi di pergelangan kaki atau pergelangan tangan akibat kerusakan pembuluh darah akibat trauma.

Bagaimana cara mencegah terjadinya Fraktur Spiral?

Tidak ada cara yang pasti untuk mencegah terjadinya fraktur spiral. Kebanyakan kasus terjadi karena kecelakaan atau selama melakukan kegiatan olahraga. 

Oleh karena itu satu-satunya cara mencegah terjadinya fraktur spiral adalah dengan mengutamakan keamanan dalam berkendara dan berolahraga.

Bagaimana penanganan Fraktur Tulang Spiral?

Jika Anda mengalami fraktur tulang spiral atau patah tulang apapun, satu-satunya cara yang paling aman dan teruji adalah  dengan membawanya ke rumah sakit. 

Dokter akan melakukan pertolongan pertama untuk memastikan fraktur yang terjadi tidak mengganggu hemodinamik yang dapat mengganggu keselamatan.

Setelah memastikan kondisi Anda aman, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memeriksa derajat keparahan dari patah tulang yang terjadi dengan melakukan pemeriksaan seperti :

Tanpa pemeriksaan pencitraan yang tepat, fraktur spiral dapat dikelirukan dengan jenis fraktur lain, seperti fraktur miring (fraktur oblique).

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Fisioterapi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket fisioterapi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia p01 fisioterapi

Pengobatan

Perawatan untuk fraktur spiral tergantung pada tingkat keparahan kerusakan tulang, jaringan dan pembuluh darah di sekitarnya.

Untuk mengurangi nyeri, acetaminophen adalah satu-satunya obat bebas yang dianjurkan selama pengobatan awal untuk patah tulang. 

Obat antiinflamasi non-steroidal (ibuprofen, meloxicam, ketorolac, dll) dapat melemahkan kemampuan darah untuk menggumpal dan dapat memperburuk perdarahan internal.

Apakah Fraktur Spiral membutuhkan penanganan Operasi?

Sebagian besar fraktur spiral memerlukan proses fiksasi dengan pembedahan. 

Pada kasus yang ringan, di mana tulang tidak sepenuhnya terpisah, dapat dioperasikan menggunakan anestesi lokal. Jika kedua ujung tulang terpisah maka operasi reduksi terbuka akan diperlukan. 

19 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Joey: Spiral Fracture of the Femur. Nemours Children's Health System. (https://www.nemours.org/patientfamily/patient-stories/femur-fracture-joey.html)
Spiral Fracture of Long Bones in an Infant: Clinical and Biomechanical Challenges. Open Access Journals. (https://www.omicsonline.org/open-access/spiral-fracture-of-long-bones-in-an-infant-clinical-and-biomechanical-challenges-2167-1222.1000e113.php?aid=15954)
Clinical Practice Guidelines : Tibial shaft (diaphyseal) fracture. The Royal Children's Hospital. (https://www.rch.org.au/clinicalguide/guideline_index/fractures/tibial_shaft_emergency/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Apakah Jari Tangan Yang Putus Bisa Disambungkan Kembali?
Apakah Jari Tangan Yang Putus Bisa Disambungkan Kembali?

Penggunaan Pin, sekrup, dan kabel berguna dalam prosedur bedah untuk jari yang patah. Diagnosis, perawatan, dan rehabilitasi jari yang patah membantu menjaga fungsi dan kekuatan tangan serta mencegah kelainan bentuk.Setelah reduksi, imobilisasi, dan empat hingga enam minggu penyembuhan, prognosis tulang-tulang yang menyatu dan penyembuhan sangat baik untuk jari yang patah.

Buka di app