Apa Yang Dimaksud Dengan Fisioterapi?

Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Yang Dimaksud Dengan Fisioterapi?

Fisioterapi adalah profesi perawatan kesehatan yang membantu orang memulihkan, mempertahankan, dan memaksimalkan kekuatan, fungsi, gerakan, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan. 

Istilah "fisioterapi" dan "terapi fisik" memiliki arti yang sama dan digunakan secara bergantian, seperti halnya istilah "fisioterapis" dan "terapi fisik".

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Mengapa memilih fisioterapi?

Fisioterapi membantu memulihkan gerakan dan fungsi ketika seseorang terkena cedera, sakit atau cacat. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko cedera atau sakit di masa depan.

Latar belakang fisioterapis 

Fisioterapis memiliki pengetahuan mendalam tentang cara tubuh bekerja dan memiliki keterampilan klinis khusus untuk menilai, mendiagnosis, dan mengobati gejala penyakit, cedera, dan kecacatan. 

Fisioterapi meliputi rehabilitasi, serta pencegahan cedera, dan promosi kesehatan dan kebugaran. Fisioterapis sering bekerja dalam tim dengan profesional kesehatan lainnya untuk membantu memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan.

Apa saja jenis fisioterapi?

Fisioterapi banyak bekerjasama dengan sarana bidang kesehatan agar membantu menyelaraskan pengobatan melalui sarana kesehatan. Maka dari itu fisioterapi tergolong dalam tindakan kesehatan terutama memperbaiki fungsi motorik tubuh serta meningkatkan perawatan kesehatan. 

Beberapa jenis fisioterapi meliputi:

Fisioterapi muskuloskeletal 

Fisioterapi muskuloskeletal dikenal sebagai fisioterapi ortopedi, perawatan yang termasuk dalam kategori ini fokus pada mengembalikan fungsi ke sistem muskuloskeletal, termasuk semua otot, sendi, tendon, ligamen dan tulang.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

Nyeri kronis, terutama nyeri punggung bawah juga disebabkan oleh sistem muskuloskeletal yang tidak selaras di area yang berbeda. Perawatan muskuloskeletal berfokus pada:

  • mengurangi rasa sakit
  • meningkatkan mobilisasi
  • mengobati kerusakan jaringan lunak
  • mengoreksi penyelarasan kerangka

Fisioterapi pediatri (anak)

Fisioterapi pediatrik berfokus pada kebutuhan fisik bayi, balita, anak-anak dan remaja dengan berbagai gangguan perkembangan, neuromuskuler, kerangka, atau fisik lainnya.

Deteksi dini adalah kunci ketika anak-anak mengalami masalah yang menghambat gerakan dan keadaan alami mereka. Fisioterapi digunakan untuk anak-anak yang terkena penyakit atau cedera seperti:

  1. cedera akut akibat olahraga atau fisioterapi anak lainnya
  2. kelainan genetik seperti cerebral palsy
  3. cacat lahir
  4. keterlambatan perkembangan
  5. trauma kepala, penyakit otot, dan / atau defisiensi tungkai
  6. cacat ortopedi

 Fisioterapi olahraga

Fisioterapis olahraga terlibat erat dalam perawatan dan atlet, mulai dari amatur hingga profesional berpengalaman dan anak-anak yang aktif. Area praktik ini meliputi manajemen cedera atletik melalui:

  1. penilaian awal dan diagnosis fisioterapi cedera badan
  2. perawatan cedera melalui penerapan saran dan teknik khusus untuk mendorong penyembuhan
  3. rehabilitasi dan manajemen cedera progresif untuk kembali cepat ke olahraga
  4. praktik pencegahan seperti penilaian gerakan untuk mengidentifikasi prekursor cedera yang diketahui
  5. pendidikan pengetahuan spesialis kepada atlet secara individu, tim atau klub untuk membantu dalam pencegahan cedera.

Fisioterapi geriatri

Fisioterapi geriatri berfokus pada kebutuhan gerakan orang dewasa yang lebih tua. Ada banyak kondisi yang mempengaruhi orang-orang ketika mereka bertambah tua seperti radang sendi, kanker, osteoporosis, penyakit Alzheimer, penggantian sendi dan gangguan keseimbangan.

Tujuan dari perawatan fisioterapi geriatri kami adalah untuk membantu:

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit pinggang 5x visit di nk health
  1. mengembalikan mobilitas yang dipengaruhi oleh usia tua
  2. mengurangi rasa sakit
  3. mengatasi keterbatasan fisik dan
  4. meningkatkan kebugaran fisik dan kesehatan secara keseluruhan

Fisioterapi neurologi

Fisioterapi yang menargetkan neurologis gangguan yang mempengaruhi sistem saraf termasuk cedera kepala, stroke, kerusakan sumsum tulang belakang, linu panggul, aneurisma, multiple sclerosis, penyakit Parkinson dan masalah keseimbangan neurologis yang ditandai oleh vertigo.

Perawatan fokus pada membangun kembali jalur saraf yang benar, kontrol motorik, keseimbangan dan koordinasi. Fisioterapi juga dapat membantu rehabilitasi setelah operasi otak.

Fisioterapi untuk Rehabilitasi dan Manajemen Nyeri

Jika Anda menderita nyeri kronis, harus menjalani operasi atau jika Anda baru saja menjalani operasi, fisioterapi jenis ini berfokus untuk membuat Anda kembali ke jalur menuju gaya hidup bebas rasa sakit.

Perawatan sebelum operasi berfokus pada latihan yang akan memperkuat tubuh Anda dan mempersiapkan Anda untuk rehabilitasi pasca operasi. 

Setelah operasi atau cedera, mengurangi rasa sakit dan bengkak adalah prioritas pertama dan kemudian latihan lembut untuk meningkatkan fungsi dengan tujuan membuat Anda kembali ke jalur sesegera mungkin.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Patient Safety and Physiotherapy: What Does it Mean for Your Clinical Practice?. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2909853/)
Physiotherapy - Techniques. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/physiotherapy/how-it-works/)
Physical Therapy Benefits for Pain Treatment. WebMD. (https://www.webmd.com/pain-management/physical-therapy#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app