Peran Fisioterapi dalam Cedera Olahraga

Dipublish tanggal: Agu 8, 2019 Update terakhir: Okt 16, 2020 Waktu baca: 3 menit
Peran Fisioterapi dalam Cedera Olahraga

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Fisioterapi adalah jenis perawatan kesehatan untuk membantu memulihkan, mempertahankan, serta memaksimalkan kekuatan, fungsi, gerakan, dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Fisioterapi meliputi rehabilitasi, pencegahan cedera, serta promosi kesehatan dan kebugaran;
  • Olahraga teratur menyebabkan banyak perubahan. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi yang lebih banyak, seseorang membutuhkan peningkatan pembuluh darah ke otot;
  • Cedera olahraga yang sering terjadi adalah terkilir, strain, nyeri dan cedera lutut, serta shin splints;
  • Melatih kekuatan dan peregangan yang tepat adalah elemen terpenting untuk mencegah cedera olahraga. Penting untuk bekerja dengan para profesional olahraga yang terlatih dalam bidang olahraga Anda dan berdedikasi untuk memastikan Anda dikondisikan dengan benar sebelum melakukan olahraga;
  • Klik untuk booking paket fisioterapi dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman melalui HDMall. Anda juga bisa membeli berbagai obat tulang, otot, dan sendi dari rumah Anda melalui HDMall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

Fisioterapi adalah jenis perawatan kesehatan untuk membantu memulihkan, mempertahankan, serta memaksimalkan kekuatan, fungsi, gerakan, dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Fisioterapi meliputi rehabilitasi, pencegahan cedera, serta promosi kesehatan dan kebugaran. 

Fisioterapis atau orang yang melakukan fisioterapi memiliki pengetahuan mendalam tentang cara tubuh bekerja dan memiliki keterampilan klinis khusus untuk menilai, mendiagnosis, dan mengobati gejala penyakit, cedera, dan kecacatan. Fisioterapis sering bekerja dalam tim dengan profesional kesehatan lainnya untuk membantu memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan individu.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

Mengenai fisioterapi olahraga

Fisioterapi olahraga adalah cabang fisioterapi khusus yang menangani cedera dan masalah yang berkaitan dengan orang-orang olahraga. Cedera olahraga memang berbeda dengan cedera sehari-hari. Atlet biasanya membutuhkan kinerja dan permintaan tingkat tinggi yang ditempatkan pada tubuh mereka, yang menekankan otot, persendian, dan tulang hingga batasnya. 

Fisioterapis olahraga membantu atlet pulih dari cedera olahraga, serta memberikan pendidikan dan sumber daya untuk mencegah masalah. Setiap ahli fisioterapi olahraga biasanya memiliki pengetahuan khusus olahraga yang membahas cedera akut, kronis, dan berlebihan. Layanan mereka umumnya tersedia untuk pria dan wanita dari segala usia yang terlibat dalam olahraga di semua tingkat kompetisi.

Baca juga: Panduan Saat dan Setelah Cedera Olahraga

Fisioterapi olahraga terkait nyeri otot setelah olahraga

Segera setelah latihan dimulai, campuran asam laktat dan karbonat menumpuk di jaringan otot. Asam ini adalah produk limbah kontraksi otot. 

Untuk menghasilkan energi, otot membakar glikogen yang tersimpan. Asam laktat dan karbonat merupakan produk sampingan dari proses metabolisme ini. Sebagian besar asam ini dikonversi kembali menjadi glikogen dan dipulihkan untuk persiapan latihan selanjutnya. Nyeri dan kelelahan otot bisa ada sampai kadar asam di otot Anda kembali normal.

Bagaimana pijat membantu?

Pijat membantu menghilangkan iritasi yang disebabkan oleh limbah asam laktat. Penelitian menunjukkan bahwa pijatan dapat meningkatkan pemulihan otot lebih cepat daripada istirahat saja.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

Olahraga teratur menyebabkan banyak perubahan. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi yang lebih banyak, satu perbaikan adalah peningkatan pembuluh darah ke otot. Peningkatan sirkulasi ini membantu menghilangkan produk limbah dan racun yang menumpuk saat berolahraga. Yang penting, perlu beberapa minggu untuk mengembangkan sirkulasi otot yang lebih baik.

Sampai pasokan darah meningkat, Anda akan mengalami masalah dengan pasokan oksigen dan nutrisi. Ini memungkinkan limbah beracun untuk kembali. Anda akan mengalami rasa nyeri dan kaku. 

Bentuk cedera olahraga

Cedera olahraga yang paling umum meliputi:

  • Terkilir: Terkilir terjadi ketika ligamen yang menghubungkan ujung satu tulang dengan yang lain diregangkan atau dicabik. Terkilir disebabkan oleh trauma seperti jatuh atau pukulan ke tubuh yang mengetuk sendi keluar dari posisinya. 
  • Strain: Strain terjadi ketika otot atau tendon ditarik, sobek, atau dipelintir. Strain dapat terjadi karena peregangan berlebihan selama gerakan kuat saat bermain. Contoh umum strain adalah kejang otot
  • Nyeri dan cedera lutut: Lutut adalah sendi yang paling sering terluka. Nyeri dan cedera lutut menyerang tendonitis dan sindrom iliotibial. Cedera lutut parah juga mencakup memar tulang atau kerusakan tulang rawan atau ligamen.
  • Shin splints: Shin splints terjadi ketika ada rasa sakit di sepanjang tulang besar di bagian depan tungkai bawah, yang dikenal sebagai tulang tibia atau tulang kering. Shin splints paling sering terjadi pada pelari, terutama mereka yang baru memulai program yang sedang berjalan. 

Fisioterapi dan rehabilitasi pada cedera olahraga

Melatih kekuatan dan peregangan yang tepat adalah elemen terpenting untuk mencegah cedera olahraga. Penting untuk bekerja dengan para profesional olahraga yang terlatih dalam bidang olahraga Anda dan berdedikasi untuk memastikan Anda dikondisikan dengan benar sebelum melakukan olahraga. 

Rehabilitasi cedera olahraga adalah pendekatan terapeutik yang aman yang membantu atlet mengobati nyeri secara efektif dan mencapai kinerja optimal dengan latihan yang ditargetkan untuk membantu Anda kembali ke fungsi tubuh, mengurangi kerentanan terhadap cedera terkait olahraga lebih lanjut, persiapan untuk menghindari episode cedera berulang, dan mencapai prestasi atletik. 

Langkah pertama menuju pemulihan adalah mendapatkan diagnosis yang akurat dari spesialis cedera olahraga bersertifikat. Biasanya, tahap awal pengobatan melibatkan mengurangi rasa sakit dan mencapai penyembuhan.

Setelah rasa sakit dan bengkak berkurang, perawatan rekondisi progresif akan dimulai. Latihan akan ditentukan untuk menargetkan sasaran spesifik seperti mobilitas, pelatihan fleksibilitas, koordinasi keseimbangan dan posisi bersama. Ketika kemajuan dibuat, atlet dan pelatih dapat bekerja bersama untuk membangun kembali kekuatan.

Baca juga: Seluk-beluk Fisioterapi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

29 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Rotator cuff and shoulder conditioning program. (2012, October) (http://orthoinfo.aaos.org/topic.cfm?topic=A00663)
Mayo Clinic Staff. (2015, June 3). Rotator cuff injury (http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/rotator-cuff-injury/home/ovc-20126921)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app