Apa Sajakah Buah yang Bisa Membantu Mencerahkan Kulit Anda ?

Memiliki wajah yang mulus dan terawat sehat tidak berarti harus ke klinik kecantikan dengan biaya mahal. Sederhana saja, buah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan termasuk untuk merawat kulit. Buah apa sajakah itu ?
Dipublish tanggal: Agu 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Sajakah Buah yang Bisa Membantu Mencerahkan Kulit Anda ?

Memiliki wajah yang mulus dan terawat sehat tidak berarti harus ke klinik kecantikan dengan biaya mahal. Sederhana saja, buah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan termasuk untuk merawat kulit. Buah apa sajakah itu ?

1. Alpukat

Kaya akan vitamin A, E, C, K, B6, B1, folat, dan asam pantotenat, buah alpukat juga bersifat antioksidan kuat yang bisa mencegah kerusakan DNA sel tubuh, termasuk kerusakan sel kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Kandungan lemak sehat di alpukat juga bisa membantu menjaga elastisitas kulit, mempercepat sembuhnya luka/iritasi serta mengurangi radang.

2. Timun

Timun merupakan buah dengan kandungan air yang banyak. Hal ini menjadikan timun bersifat menyejukkan dan baik untuk tubuh. Selain itu, sifat antioksidan kuatnya dapat melindungi sel-sel tubuh.

Bahkan kulit timun juga kaya dengan vitamin K, C, dan serat makanan yang diperlukan oleh tubuh Anda.

Dimuat di Asian Pacific Journal Tropical Medicine, timun diyakini sebagai buah yang bisa membuat kulit lebih cerah serta mengurangi kerutan/garis halus.

3. Pepaya

Selain mencegah sembelit, pepaya juga dapat menjadikan kulit lebih glowing dengan alami.

Kandungan vitamin, mineral (vitamin A, C, asam pantotenat, folat, tembaga, magnesium, serta kalium) dan enzim (enzim papain, dan chymopapain) yang bisa membantu mencegah kulit rusak akibat radikal bebas juga bersifat anti bakteri

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Enzim dalam pepaya menguatkan pertahanan sel kulit agar tidak mudah rusak. Selain itu,  vitaminnya membantu mencerahkan rona wajah dengan alami. 

4. Mangga

Mangga merupakan jenis buah dengan kandungan vitamin A, E, C, dan K yang cukup banyak. Selain itu, komponen antioksidannya pun juga banyak (flavonoid, beta karoten, dan xanthophylls).

Dengan kandungannya tersebut, buah mangga bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan DNA serta kulit meradang. Kulit yang lebih terlindungi, akan terjaga kecerahan alaminya sepanjang hari.

Antioksidannya yang tinggi menjadikan buah ini kerapkali dipakai sebagai bahan produk kosmetik dan perawatan kulit serta rambut.

5. Apel

Buah apel memang memiliki banyak manfaat, selain untuk mencegah dari berbagai macam penyakit juga bagus untuk perawatan kulit. Vitamin C, A, kalium, kalsium, dan magnesium yang terkandung dalam buah ini menjadi kuncinya. 

Kombinasi vitamin C dan A dapat membantu mencerahkan warna kulit dengan alami.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Kulit buah serta daging buah apel pun kaya dengan antioksidan yang dapat membantu menangkal bahaya radikal bebas bagi tubuh, termasuk kulit. Kulit akan menjadi lebih sehat dengan konsumsi apel secara rutin.

6. Pisang

Buah pisang merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan seratnya sehingga bagus untuk sistem pencernaan

Pisang  juga merupakan buah yang kaya dengan kandungan berbagai vitamin seperti vitamin A, C, E, K, dan mineral seperti kalium, kalsium, fosfor serta magnesium.

Semua kandungan di dalamnya tadi sangat diperlukan oleh tubuh guna menjaga kelancaran proses metabolisme. 

Namun, manfaat pisang tidak sebatas itu saja, buah pisang ternyata juga diyakini sebagai pelembab alami yang bersifat antioksidan serta antimikroba.

Maka dari itulah, buah ini dianggap sebagai salah satu jenis buah yang dapat membuat kulit menjadi lebih glowing secara alami atau dapat membantu mencerahkan kulit tanpa Anda perlu repot.

7. Lemon

Selain kaya dengan kandungan vitamin C, buah lemon dikenal sejak lama memiliki kandungan zat pemutih alami di dalamnya. 

Buah ini juga mengandung antioksidan yang sangat kuat dan dapat membantu Anda mengeluarkan racun sekaligus melindungi kulit Anda dari hiperpigmentasi.

Apabila terjadi pigmentasi yang tidak merata, munculnya bintik-bintik hitam, adanya bekas jerawat, buah ini adalah salah satu solusinya.

Caranya, Anda bisa mengkonsumsinya sebagai minuman dalam keseharian, hal ini guna mendapatkan efek yang maksimal. Dengan begitu, buah ini akan membantu mencerahkan kulit Anda dengan alami.

8. Centella Asiatica

Centella Asiatica adalah sejenis tumbuhan, bukan buah. Tumbuhan ini kerap digunakan sebagai bahan aktif pada berbagai produk perawatan kulit. 

Centella Asiatica ini memiliki efek yang dapat mempercepat proses regenerasi pada sel kulit dan dapat membuat pembentukan kulit baru lebih cepat, maka sel-sel kulit mati yang menjadikan wajah terlihat kusam lebih cepat berganti. 

Kulit baru yang tampak lebih segar juga terlihat lebih cerah.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan
Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan

Mual pada pagi hari dan mabuk laut, mencegah kanker dan tumor, menurunkan kadar kolesterol dan lipid darah, memperkuat sistem imun dan menghilangkan demam ringan.

Buka di app