Nyeri dan Bengkak Pada Kelingking Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Nyeri dan Bengkak Pada Kelingking Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Nyeri pada jari kelingking adalah kondisi yang mungkin pernah dialami semasa hidup Anda. Pada kebanyakan kasus, nyeri pada jari kelingking atau nyeri pada jari lainnya biasanya bukan merupakan suatu kondisi yang serius dan akan hilang dengan sendirinya. 

Namun jika nyeri pada jari kelingking tidak membaik atau bahkan memburuk seiring berjalannya waktu, Kondisi Anda mungkin disebabkan oleh fraktur pada tulang metatarsal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Tulang metatarsal adalah tulang panjang di bagian atas kaki yang menghubungkan pergelangan kaki dengan jari kaki. Ada lima tulang metatarsal di setiap kaki.  Metatarsal kelima adalah metatarsal di bagian luar kaki yang menghubungkan pergelangan kaki dengan jari kelingking. 

Tulang metatarsal kelima sedikit berbeda dari tulang metatarsal lainnya. Tulang ini sedikit menonjol pada bagian dasar, sedangkan tulang pada metatarsal lainnya tidak.

Tulang metatarsal dapat membantu untuk menyeimbangkan tubuh saat berdiri dan berjalan. Karena tulang-tulang ini lebih banyak digunakan daripada tulang-tulang lainnya, maka tulang ini memiliki risiko mengalami cedera yang lebih besar. Cedera metatarsal akut yang tiba-tiba sering terjadi setelah mengalami cedera parah pada kaki.

Apa itu fraktur Jones?

Fraktur Jones adalah fraktur pada persimpangan metaphyseal-diaphyseal. Daerah ini berada di antara pangkal dan poros metatarsal kelima (tulang jari kelingking), tulang panjang yang membentang di sepanjang bagian luar kaki dari jari kaki terkecil hingga pergelangan kaki.

Daerah tersebut menerima lebih sedikit asupan darah daripada daerah lain di kaki, yang dapat mempersulit proses penyembuhan. Biasanya, fraktur jenis ini disebabkan oleh tekanan pada tulang yang disebabkan oleh gerakan berulang, tetapi juga dapat terjadi akibat cedera akut yang terjadi secara tiba-tiba.

Apa Saja Gejala yang Dapat Ditimbulkan oleh Fraktur Jones?

Fraktur Jones memiliki banyak gejala yang sama dengan jenis patah tulang lainnya. Seseorang yang pernah mengalami fraktur Jones mungkin akan menunjukan gejala-gejala seperti :

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • rasa sakit dan bengkak pada bagian luar kaki di pangkal jari kelingking
  • masalah berjalan
  • memar

Bagaimana Penanganan Fraktur Jones?

Diagnosis

Untuk dapat menentukan perawatan yang tepat, seorang dokter spesialis orthopedi perlu menegakkan diagnosa jika seseorang mengalami fraktur jones. Diagnosa fraktur jones dapat ditegakan dengan menggunakan pemeriksaan pencitraan seperti foto rontgen kaki atau MRI.

Pertolongan pertama

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan pada semua jenis cedera tulang dapat dilakukan dengan metode RICE untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Metode RICE dilakukan dengan cara:

  • Rest Beristirahat
  • Ice atau memberikan kompres es atau yang dibungkus kain pada daerah yang mengalami cedera
  • Compress atau kompres area yang terkena dengan pembungkus elastis
  • Elevated Meninggikan posisi kaki yang mengalami cedera lebih tinggi dari posisi jantung

Metode-metode ini dapat membantu mencegah fraktur Jones memburuk saat menunggu pengobatan.

Perawatan Non-Bedah

Perawatan biasanya dilakukan dengan memasang gips tanpa bantalan untuk menopang kaki selama sekitar 6 hingga 8 minggu. Namun, proses penyembuhan fraktur Jones biasanya sangat lambat atau bahkan sulit untuk sembuh, dan memiliki risiko reinjury yang tinggi. Oleh karena itu, terkadang dokter merekomendasikan operasi

Operasi

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal American Family Physician, seorang dokter dapat merekomendasikan pembedahan untuk beberapa jenis patah tulang atau jika orang tersebut adalah seorang atlet.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Prosedur operasi yang diperlukan untuk memperbaiki cedera pada fraktur jones merupakan prosedur operasi yang relatif sederhana jika dibandingkan dengan fraktur tulang lainnya. Seperti operasi fraktur tulang lainnya, operasi akan melibatkan pemasangan sekrup dan pelat logam.

Terkadang, seseorang mungkin membutuhkan cangkok tulang, terutama jika mereka telah mengalami patah tulang berulang yang belum sembuh dengan perawatan lain. Dalam kasus ini, ahli bedah mungkin perlu membuat sayatan terpisah untuk melakukan prosedur cangkok tulang.

Kesimpulan

Waktu penyembuhan untuk fraktur Jones tergantung pada metode perawatan, tingkat keparahan patah tulang, dan kondisi kesehatan masing-masing individu. Dengan gips, fraktur Jones biasanya membutuhkan waktu 6 hingga 8 minggu untuk sembuh, tetapi bisa memakan waktu hingga 12 minggu.

Namun, antara 15 dan 20 persen dari fraktur Jones mungkin tidak sembuh tanpa operasi. Seseorang yang telah menjalani operasi untuk memperbaiki fraktur Jones dapat mengharapkan kembali beraktivitas, termasuk berolahraga, sekitar 4 bulan setelah operasi.

Dokter juga dapat merekomendasikan terapi fisik untuk melatih area yang mengalami cedera. Fraktur yang lebih parah membutuhkan pencangkokan tulang dan mungkin membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama.

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Jones fracture: Causes, symptoms, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/315039.php)
A Guide To Intramedullary Fixation Of Jones Fractures. Podiatry Today. (https://www.podiatrytoday.com/guide-intramedullary-fixation-jones-fractures)
Fifth Metatarsal Jones Fracture. University of Michigan | Michigan Medicine. (https://www.uofmhealth.org/health-library/abs1766)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Apakah Jari Tangan Yang Putus Bisa Disambungkan Kembali?
Apakah Jari Tangan Yang Putus Bisa Disambungkan Kembali?

Penggunaan Pin, sekrup, dan kabel berguna dalam prosedur bedah untuk jari yang patah. Diagnosis, perawatan, dan rehabilitasi jari yang patah membantu menjaga fungsi dan kekuatan tangan serta mencegah kelainan bentuk.Setelah reduksi, imobilisasi, dan empat hingga enam minggu penyembuhan, prognosis tulang-tulang yang menyatu dan penyembuhan sangat baik untuk jari yang patah.

Buka di app