Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Alpha-Lipoic Acid : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 15, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.458.822 orang

Alpha-Lipoic Acid merupakan senyawa kimia berupa vitamin yang dapat berfungsi sebagai antioxidant bagi tubuh.

Yang membedakan Alpha-Lipoic Acid dengan antioxidant lainnya ialah Alpha-Lipoic Acid dalam bekerja didalam lingkungan berair dan berlemak dalam tubuh.

Senyawa kimia ini lazim ditemukan didalam setiap sel yang ada ditubuh kita. Antioxidant yang ada didalam tubuh berfungsi dalam memerangi efek radikal bebas, produk berbahaya yang masuk kedalam tubuh yang dapat merusak sel.

Bahkan Alpha-Lipoic Acid juga dapat mengakitfkan kembali zat antioxidant yang sudah berkurang setelah memerangi efek radikal bebas.

Hati, makanan beragi, brokoli, dan kentang sumber makanan yang baik Anda yang ingin mendapatkan khasiat dari senyawa kimia ini.

Di Jerman, Alpha-Lipoic Acid sudah diakui kegunaannya dalam menangani keluhan bagi pasien yang mengalami penurunan daya ingan, chronic fatigue syndrome, HIV/AIDS, kanker, permasalahan liver, penyakit jantung, permasalahan pembuluh darah, dan lyme disease.

Tidak berhenti sampai disitu saja, Alpha-Lipoic Acid juga dapat membantu tubuh dalam memproses gula yang masuk dan menjaga kesehatan fungsi otak.

Manfaat penggunaan Alpha-Lipoic Acid

Mengkonsumsi Alpha-Lipoic Acid sebagai sarana pengobatan alternatif dapat menjadi solusi alternatif bagi beberapa keluhan Anda. Suplemen yang mengandung zat ini dikenal dalam memerangi sel radikal dalam tubuh serta menjaga kesehatan fungsi otak yang menurun akibat penuaan.

Berikut merupakan beberapa kondisi dimana Alpha-Lipoic Acid digunakan :

  1. Penanganan dalam operasi bypass jantung koroner
  2. Diabetes
  3. Prediabetes
  4. Peripheral neuropathy
  5. Vitiligo
  6. Penurunan berat badan
  7. Penyembuhan luka
  8. Penyakit liver yang diasosiasikan dengan alkohol
  9. Mabuk ketinggian
  10. Alzheimer  
  11. Cardiac autonomic neuropathy
  12. Diabetic retinopathy
  13. Dementia yang diasosiasikan oleh HIV
  14. Rheumatoid arthritis
  15. Penuaan kulit
  16. Keracunan jamur Amanita
  17. Syndrome burning mouth
  18. Syndrome carpal tunnel
  19. Dementia 
  20. Glaucoma
  21. Heart failure
  22. HIV
  23. Hipertensi
  24. Migraine
  25. Steatohepatitis
  26. Radiation exposure
  27. Peripheral arterial disease
  28. Sciatica 

Dosis penggunaan Alpha-Lipoic Acid

Dalam menentukan dosis yang paling tepat bagi penggunaan Alpha-Lipoic Acid, diperlukan pertimbangan dari beberapa faktor seperti umur, kesehatan, dan kondisi lain yang dimiliki oleh tubuh Anda.

Berikut merupakan beberapa dosis yang dapat kami rekomendasikan dalam penggunaan Alpha-Lipoic Acid yang sudah terbukti efektifitasnya :

  1. Untuk menangani diabetes tipe 2 dan mengurangi gejala seperti rasa terbakar dalam dada, sakit, dan kebas pada kaki dan tangan, Anda dapat mengkonsumsi sebanyak 600 – 1200 mg setiap harinya
  2. Prediabetes, 600 mg suplemen ini setiap harinya selama 2 minggu sebelum makan
  3. Obesitas, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, 1800 mg Alpha-Lipoic Acid setiap harinya selama 20 minggu dipercaya dapat mengontrol berat badan Anda
  4. Menyembuhkan luka, 300 mg suplemen ini sebelum dan sesudah terapi oxygen selama 14 – 30 hari

Perlu diingat bahwa penggunaan suplemen kesehatan belum tentu aman. Oleh karena itu mintalah saran dari dokter maupun perawat disekitar Anda sebagai panduan profesional dalam mengkonsumsi suplemen ini.

Hindari penggunaan Alpha-Lipoic Acid kepada ibu hamil dan juga ibu yang sedang dalam tahap menyusui buah hatinya. Karena belum ada bukti penelitian lebih lanjut tentang efeknya terhadap mereka.

Efek samping penggunaan Alpha-Lipoic Acid

Alpha-Lipoic Acid jika digunakan secara tepat dan melalui pengawasan medis yang benar tentu saja akan memberi efek baik bagi tubuh Anda. Meskipun begitu, tetap ada efek samping yang dapat terjadi akibat satu alasan atau lain.

Beberapa efek samping yang dapat timbul setelah pengkonsumsian suplemen Alpha-Lipoic Acid berupa :

  1. Ruam
  2. Muntah
  3. Mual
  4. Vertigo
  5. Peningkatan gula darah

Efek samping diatas biasanya baru hanya terjadi ketika lebih dari 600 mg Alpha-Lipoic Acid dikonsumsi.

Perhatian dan peringatan

Perlu Anda ingat kembali bahwa penggunaan suplemen ini tanpa pengawasan profesional dapat membawa efek buruk terhadap kondisi tubuh Anda. Oleh karena itu, carilah ahli maupun profesionnal sebagai pembimbing dalam pengkonsumsian suplemen ini.

Cek gula darah Anda sebelum mengkonsumsi suplemen ini, karena Alpha-Lipoic Acid dapat meningkatkan gula darah.

Hindari penggunaan Alpha-Lipoic Acid bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan kelenjar thyroid, karena dapat menghabat laju penyembuhan.

Jika dikombinasikan dengan obat antidiabetes, Alpha-Lipoic Acid dapat menimbulkan eek hypoglycemia.

Alpha-Lipoic Acid juga dapat mengurangi efektifitas dari kemoterapi.

Gunakan suplemen-suplemen yang mengandung Alpha-Lipoic Acid secara bijak, dan pertimbangkanlah efek samping yang dapat terjadi. Konsultasikan ke dokter pribadi dulu jika sekiranya memang diperlukan.

Serta setelah penggunaan dari suplemen Alpha-Lipoic Acid, jika terjadi perburukan kondisi dari penyakit yang Anda alami. Segera konsultasikan kembali dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat


Referensi

American College of Cardiology (2011). Alpha-Lipoic Acid.

Drugs.com (2017). Alpha-Lipoic Acid.

Evans, J. Goldfine, I. (2000). Alpha-lipoic Acid: A Multifunctional Antioxidant that Improves Insulin Sensitivity in Patients with Type 2 Diabetes. Diabetes Technol Ther. 2(3), pp. 401-413.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp