Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Alpha Hydroxy Acids : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 418.875 orang

Alpha Hydroxy Acids atau bisa juga disebut Malic Acid, merupakan grup dari sekumpulan komponen natural yang dapat ditemukan pada makanan sehari-hari seperti :

  1. Citrus ( Citric acid )
  2. Tebu ( Glycolic acid )
  3. Sour milk ( Lactic acid )
  4. Apel ( Malic acid )
  5. Anggur ( Tartaric acid )
  6. Keju Feta ( Gluconolactone )

Alpha Hydroxy Acids bekerja dengan mengangkat lapisan teratas dari sel kulit mati, selain itu Alpha Hydroxy Acids juga dapat mempertebal lapisan kulit dalam dan mengencangkannya pula.

Zat ini digunakan oleh bermacam macam produk skin care Anda dengan tujuan untuk melembabkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Juga dalam perawatan wajah berjerawat seraya menghilangkan luka bekas jerawat.

Manfaat menggunakan produk Alpha Hydroxy Acids

Mengkonsumi produk yang mengandung Alpha Hydroxy Acids sebagai sarana pengobatan alternatif tentunya memiliki manfaat bagi tubuh Anda. Zat ini dikenal karena efeknya dalam membantu merawat kulit Anda dari kerusakan maupun memperbaikinya.

Alpha Hydroxy Acids selain dapat mengangkat sel kulit mati dan melembabkan kulit Anda, zat ini juga dapat menangani permasalahan kulit kering yang Anda miliki ( xerosis ), ichthyosis, dan melasma.

Alpha Hydroxy Acids sudah terbukti efektif dalam melembabkan kulit kering, mengurangi tanda-tanda kerutan dan meningkatkan bentuk kulit yang sebelumnya memiliki luka.

Ada beberapa orang juga yang menggunakan Alpha Hydroxy Acids sebagai pengelupas kulit rusak yang terkena sinar matahari, meskipun dinilai kurang efektif.

Alpha Hydroxy Acids juga dipercaya sebagai solusi natural dalam melindungi dan merawat kulit Anda yang indah.

Dosis penggunaan Alpha Hydroxy Acids

Berikut merupakan beberapa dosis yang dapat kami sarankan dalam mengaplikasikan produk-produk dari Alpha Hydroxy Acids :

  1. Untuk menangani penuaan dan kerutan kulit akibat terpapar sinar matahari : Cari produk Alpha Hydroxy Acids dengan kandungan lactic acid, tartaric acid, gluconolactone, atau glycolic acid dengan konsentrasi 8%. Produk ini biasanya diaplikasikan ke kulit sebanyak 2x sehari
  2. Untuk menangani kulit yang rusak akibat luka jerawat : Glycolic acid facial peels dapat digunakan. Peels dengan kekuatan 20%, 30%, 50%, sampai dengan 70% digunakan secara terus meningkat setiap 2 minggu. Peels ini dapat diaplikasikan selama 2 – 5 menit sebelum berlanjut ke dosis yang lebih kuat
  3. Untuk menangani melasma : Lotion dengan kandungan 10% glycolic acid diaplikasikan bersamaaan dengan sunscreen setiap malam selama 2 minggu. Dilanjutkan dengan peeling program setiap bulannya selama 3 bulan berturut2 dengan glycolic acid peel yang memiliki dosis kekuatan 50%

Penggunaan Alpha Hydroxy Acids disinyalir aman pada ibu mengandung dan ibu yang sedang menyusui jika digunakan dengan tepat. Namun jika digunakan terhadap anak-anak, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai dampak Alpha Hydroxy Acids terhadap mereka.

Jika Anda menemukan suplemen dengan zat ini, pastikan untuk membaca panduan dalam menggunakannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Efek samping penggunaan Alpha Hydroxy Acids

Alpha Hydroxy Acids jika digunakan secara tepat dan melalui pengawasan medis yang benar tentu saja akan memberi efek baik bagi tubuh Anda. Meskipun begitu, tetap ada efek samping yang dapat terjadi akibat satu alasan atau lain.

Berikut merupakan beberapa efek samping yang dapat timbul akibat penggunaan Alpha Hydroxy Acids :

  1. Diare
  2. Mual
  3. Gastrointestinal upset

Menggunakan Alpha Hydroxy Acids dengan konsentrasi lebih dari yang disarankan secara terus menerus dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif dan membuka kesempatan untuk terjadinya kanker kulit.

Perhatian dan peringatan

Perlu Anda ingat kembali bahwa penggunaan produk ini tanpa pengawasan profesional dapat membawa efek buruk terhadap kondisi tubuh Anda. Oleh karena itu, carilah ahli maupun profesionnal sebagai pembimbing dalam pengkonsumsian herbal ini.

Gunakan produk-produk yang mengandung Alpha Hydroxy Acids secara bijak, dan pertimbangkanlah efek samping yang dapat terjadi.

Serta setelah penggunaan dari herbal Alpha Hydroxy Acids, jika terjadi perburukan kondisi dari penyakit yang Anda alami. Segera konsultasikan kembali dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp