Albizia: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 14, 2019 Update terakhir: Jan 18, 2020 Waktu baca: 2 menit

Mengenai Albizia

  • Golongan: resep dokter
  • Kemasan: kapsul / botol (cair)/ tube (pasta)
  • Kandungan: antioksidan, polifenol, saponins, triterpenoids, senyawa fenolik  glikosida, albribrissinisides A dan B, hyperoside, quercitrin, quercetin, isoquercetin

Manfaat Albizia

Albizia mengandung tinggi senyawa polifenol, triterpenoids, dan saponins yang memiliki manfaat penting bagi kesehatan manusia. Bagian dari Albizia yang bisa dikonsumsi dan mengandung senyawa bermanfaat antara lain kulit kayu, buah, daun, dan bunganya.

Albizia juga mengandung komponen aktif seperti quercetin, isoquercetin, saponins, dan polifenol yang memiliki dampak kuat terhadap sistem saraf dan hormon di tubuh manusia. Salah satu manfaatnya adalah sebagai obat penenang stress dan kepanikan.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Gangguan Tidur via HDmall

Dapatkan Gangguan Tidur Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 45

Selain itu, Albizia juga dapat digunakan untuk mengatasi depresi, trauma, cemas berlebihan, emosi yang tidak terkontrol, dan memperbaiki mood.

Albizia yang sifatnya menenangkan pikiran dan saraf juga bisa membantu pasien yang mengalami gangguan tidur atau insomnia. Dengan mengonsumsi albazia, tubuh akan terasa lebih rileks dan membantu tidur lebih lama dan berkualitas.

Pasien yang mengalami penyakit asma, alergi, dan gangguan pernapasan kronis juga akan terbantu dengan mengonsumsi Albazia. Albazia membantu mengurangi radang, batuk, serta napas yang berbunyi.

Albazia juga memiliki senyawa antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas dalam tubuh sehingga bisa mencegah penyakit kanker.

Anda juga bisa memanfaatkan bagian kulit pohon dan daunnya di luar tubuh. Bila Anda memiliki ruam kemerahan akibat gigitan serangga, infeksi kulit, bisul, radang, jerawat, ataupun luka, Albazia juga bisa membantu menenangkan masalah di kulit Anda.

Albizia juga dibuat bentuk bubuk dan dimasukkan dalam kapsul. Bentuk ini sering dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan pencernaan dalam tubuh. Bubuk Albizia ini akan mengikat air dan makanan sehingga bisa langsung keluar dan proses pencernaan menjadi cepat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Dapatkan Onkologi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 19

Manfaat Albizia selanjutnya adalah mengatasi masalah radang sendi, encok, patah tulang, dan keseleo. Bentuk Albizia yang biasanya dimanfaatkan untuk mengatasi jenis penyakit ini adalah bentuk pasta dalam tube. Pasta Albizia ini mengandung aktivitas anti radang sehingga bisa mengurangi rasa sakit dan mengatasi bengkak.

Efek samping Albizia

Kebanyakan mengonsumsi Albizia bisa menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan. Hal ini disebabkan karena sifatnya yang menenangkan stress dan mengobati insomnia, maka tentu saja efek sampingnya adalah membuat rasa kantuk.

Dosis Albizia

Industri obat menyarankan untuk mengonsumsi 3-6 ml dari 1:2 sirup ekstrak Albizia setiap hari atau 1 kapsul 3 kali sehari setelah makan.

Dosis pemakaian Albizia ini sebenarnya tergantung dari beberapa faktor, antara lain umur, kesehatan, kondisi lainnya.

Interaksi Albizia

Informasi mengenai interaksi tanaman herbal ini sangat terbatas. Maka, pasien yang mengonsumsi Albizia ini sebagai kombinasi obat anti kanker, anti bakteri, anti depresan, dan anti inflammatory ini membutuhkan perhatian khusus.

Sebaiknya pasien mengikuti saran dari dokter atau apoteker yang menyarankan mengonsumsi Albizia dan tidak mengombinasikannya dengan obat lain. Pasien juga bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu ke tenaga medis terdekat.

Perhatian

Wanita hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi Albizia karena belum ada informasi yang lengkap tentang keamanan konsumsi Albizia pada wanita hamil dan menyusui.

Pasien yang akan menjalani operasi juga sebaiknya menghentikan konsumsi Albizia 2 minggu sebelumnya. Hal ini disebabkan karena tanaman herbal ini dapat memengaruhi kerja sistem saraf pusat sehingga dapat meningkatkan efek dari obat bius dan obat lain selama operasi.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Albizia: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/albizia/supplements.htm)
Secondary metabolites and bioactivities of Albizia anthelmintica. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3685768/)
Albizia: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1451/albizia)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app