Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Makanan dan Diet Sehat

Mengenal Air Nabeez, Infused Water Kurma Saat Ramadhan

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.194.982 orang

Mengenal Air Nabeez, Infused Water Kurma Saat Ramadhan

Kurma menjadi buah favorit bagi banyak orang di bulan Ramadhan, khususnya saat berbuka puasa. Makan beberapa buah kurma saja biasanya sudah membuat perut terasa kenyang. Selain langsung dimakan, kurma ternyata juga bisa dijadikan bahan infused water yang tak kalah lezat dan bermanfaat. Air rendaman kurma ini disebut dengan air nabeez.

Apa itu air nabeez?

Air nabeez adalah air rendaman kurma yang menjadi minuman favorit Nabi Muhammad SAW. Bukan hanya buah kurmanya saja, air nabeez juga selalu menjadi tren setiap memasuki bulan puasa.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Air nabeez sebetulnya sama seperti infused water pada umumnya. Hanya saja, secara khusus terbuat dari kurma atau kismis yang direndam dalam air. Nantinya, air nabeez dapat langsung diminum dengan buah kurma yang sudah lunak.

Hindari mencampurkan kurma dan kismis secara bersamaan saat membuat air nabeez. Sebaiknya gunakan salah satunya supaya khasiatnya tetap terjaga.

Manfaat infused water kurma

Sudah tidak diragukan lagi bahwa buah kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari mengatasi sembelit, menjaga kesehatan tulang, mencegah rematik, hingga menjaga kesehatan jantung.

Baca Selengkapnya: 22 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan, Terbukti Ilmiah!

Anda mungkin jadi bertanya-tanya. Apakah manfaat infused water kurma alias air nabeez akan sama seperti saat makan kurma? Padahal, disini Anda hanya minum air rendaman kurmanya saja, bukan makan daging kurmanya. Walaupun memang, sisa-sisa daging kurma yang sudah lunak juga bisa Anda makan setelahnya.

Pada dasarnya, manfaat infused water kurma tak jauh berbeda dengan manfaat kurma yang dimakan langsung. Namun, ada sejumlah manfaat air nabeez lainnya, yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

1. Mengendalikan asam lambung

Menurut studi dalam Journal of Medicine and Health Science Kolej University Insaniah tahun 2013, manfaat infused water kurma dapat membantu mengendalikan asam lambung. Air nabeez bertindak sebagai tonik alkali yang dapat menghilangkan keasaman di perut dan sistem pencernaan.

Selain itu, infused water kurma juga dapat membantu proses detoksifikasi alias pengeluaran racun dalam tubuh. Kandungan seratnya pun cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh secara keseluruhan.

2. Mengobati gejala asam urat dan arthritis

Bila Anda memiliki masalah asam urat atau arthritis, cobalah rutin konsumsi air nabeez. Masih dari penelitian yang sama, manfaat air nabeez diketahui dapat menurunkan kadar asam urat.

3. Mengendalikan tekanan darah

Infused water kurma alias air nabeez mengandung kaya kalium. Kalium merupakan mikronutrien yang berperan penting terhadap tekanan darah dan kesehatan jantung.

Dengan minum air nabeez, tekanan darah akan lebih normal dan kerja jantung pun lebih maksimal. Minum air rendaman kurma saat sahur juga bisa membantu tubuh tidak mudah lelah selama berpuasa.

4. Melawan kolesterol jahat

Kandungan seratnya yang tinggi membuat air nabeez ampuh mengatasi masalah sembelitInfused water berbahan dasar kurma juga dipercaya dapat membilas kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan daya ingat.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Air nabeez juga mengandung zat besi. Mineral yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan metabolisme protein, produksi hemoglobin dan sel darah merah, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan kata lain, air rendaman kurma sudah tidak diragukan lagi soal khasiatnya. Tubuh Anda pun dijamin tidak akan mudah sakit selama puasa setelah mengonsumsi air nabeez.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

6. Baik untuk ibu hamil dan menyusui

Kabar baik bagi Anda yang sedang hamil atau menyusui, Anda juga boleh minum air nabeez, lho! Bahkan, zat gizi dalam kurma bisa membantu menguatkan otot-otot rahim Anda untuk persiapan melahirkan.

Nutrisi kurma juga sangat baik untuk meningkatkan kualitas ASI. Ada baiknya, konsultasikan dulu ke dokter bila Anda ingin minum air nabeez saat hamil atau menyusui.

Baca Selengkapnya: 5 Menu Buka Puasa untuk Ibu Hamil yang Lezat dan Bergizi

Lebih sehat mana, makan kurma atau minum air nabeez?

Kurma dan air nabeez sebetulnya sama-sama sehat. Bedanya hanya terletak dari cara Anda mengambil manfaatnya saja. Dengan minum air nabeez, Anda bisa mendapatkan manfaat kurma dengan lebih mudah, yakni hanya dengan minum airnya saja.

Namun, para ahli sepakat bahwa cara terbaik untuk mendapatkan manfaat buah adalah dengan memakannya langsung. Ini akan membuat zat-zat gizi dalam kurma langsung masuk dan dicerna oleh tubuh secara maksimal.

Sedangkan pada air rendaman kurma, Anda hanya akan merasakan minum air dengan rasa kurma. Walaupun memang, di dalam air tersebut juga tersedia berbagai nutrisi penting, tapi Anda juga tetap perlu memakan sisa-sisa daging kurma supaya khasiatnya lebih maksimal.

Cara membuat air nabeez

Cara membuat air nabeez pada prinsipnya sama seperti saat Anda membuat infused water buah lainnya. Cukup siapkan 100 gram kurma (disarankan dalam jumlah ganjil), lalu masukkan ke dalam gelas atau wadah tertutup. Tambahkan air hangat (suam-suam kuku) dan biarkan air rendaman kurma selama 8-12 jam.

Air rendaman kurma bisa langsung diminum, sementara sisa daging kurma yang sudah lunak juga bisa Anda makan. Anda juga bisa membuat smoothies dengan memblender air nabeez dan sisa daging kurma. Ini akan menghasilkan tekstur air nabeez yang lebih lembut dan lezat.

Supaya lebih mudah, buatlah air nabeez pada malam hari dan biarkan semalaman. Air nabeez sangat cocok diminum saat sahur untuk menambah energi saat berpuasa Ramadhan.

Bila Anda ingin minum air nabeez saat buka puasa, maka Anda bisa membuatnya di pagi hari. Biarkan air rendaman kurma selama seharian sampai bisa Anda konsumsi saat berbuka puasa. Hal ini dapat membantu mengembalikan energi yang terkuras selama seharian berpuasa.

Tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Pro dan Kontra Mengenai Manfaat Kurma
Pro dan Kontra Mengenai Manfaat Kurma

Namun mengingat kandungan gula pada kurma, saat ini, banyak perdebatan apakah kurma merupakan makanan yang paling ideal dikonsumsi sebagai makanan berbuka puasa. Untuk lebih jelasnya, mari disimak lebih lanjut mengenai manfaat dan efek samping yang didapatkan dari mengkonsumsi kurma berlebihan.