Makanan dan Diet Sehat

Kurma, Buah Mungil Dengan Sejuta Manfaat Bagi Tubuh

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 13, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kurma, Buah Mungil Dengan Sejuta Manfaat Bagi Tubuh

Buah kurma, buah yang sangat identik dan selalu ada di Hari Raya Idul Fitri ini tentu saja merupakan buah yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. 

Buah manis yang biasa dikonsumsi saat berbuka puasa ini walaupun memiliki ukuran yang terbilang mungil namun mempunyai sejuta manfaat yang perlu kita ketahui. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Mari kita bahas manfaat buah yang banyak tumbuh di daerah padang pasir khususnya Arab Saudi ini dan bagaimana cara mudah dan simpel untuk mengkonsumsi buah ini.

5 macam manfaat buah kurma yang sangat baik bagi tubuh kita

1. Menambah energi dan stamina

Bagi kaum muslim, mengkonsumsi buah kurma setelah berpuasa memang disarankan. Bukan tanpa alasan, buah mungil ini memang kaya akan karbohidrat dan gula buah (fruktosa) yang mudah diserap tubuh dan dapat mengembalikan energi dan stamina dengan cepat setelah seharian berpuasa.

Apabila kamu sedang lemas dalam menjalani kerjaan sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma setiap hari. Dijamin energi dan stamina kamu akan naik dengan drastis.

Buah kurma juga dikenal bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dimana ibu hamil sering merasa letih lemas, kandungan zat besi dalam kurma ini dapat membantu mengembalikan energi dan stamina pada ibu hamil.

2. Serat paling baik untuk usus

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Kandungan zat nikotin yang ada dalam buah kurma ini dikenal mampu membersihkan usus dan mengatasi berbagai macam gangguan yang terjadi pada usus. 

Selain itu, serat yang ada pada buah yang belum masak juga berperan sebagai prebiotik yang mensupport perkembangan bakteri baik yang begitu diperlukan oleh sistem pencernaan.  

Untuk kamu yang mengalami kesulitan dalam buang air besar, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah satu ini yang niscaya akan memperlancar BAB kamu.

3. Kaya akan antikoksidan dan dapat mencegah penyakit kanker

Kurma juga ternyata mengandung antioksidan kuat yang dapat melindungi sel-sel tubuh kamu dari kerusakan yang bisa menyebabkan munculnya penyakit kanker.

Kamu cukup mengkonsumsi beberapa biji buah kurma setiap hari agar bisa terhindar dari penyakit kanker yang mematikan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

4. Menaikkan tingkat trombosit darah

Bagi orang yang sedang terkena demam berdarah pastinya membutuhkan obat untuk menaikkan kadar trombosit dalam tubuh. Selain jambu biji, kurma juga bisa menaikkan trombosit dengan cepat. Karena itu buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi kamu yang yang sedang menderita demam berdarah.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kurma mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung kamu. Kurma mengandung magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah

Kalium dalam kurma juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Ditambah lagi, kandungan serat dalam kurma juga bermanfaat dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi kurma dua kali seminggu dapat meningkatkan kesehatan jantung kamu, membantu mengurangi resiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke.

Cara mudah dan simpel mengkonsumsi buah kurma

Buah kurma yang banyak dijual di Indonesia sekarang ini umumnya ialah buah kurma yang sudah matang dan bisa langsung dikonsumsi.

Kamu hanya perlu mencuci buah ini sebelum kamu memakannya, namun bila bosan dengan cara ini, kamu bisa membuat beberapa cara mudah dan simpel seperti dibawah ini sebagai alternatif dalam memakan buah manis ini.

1. Jus kurma

Sama seperti membuat jus buah lainnya, kamu hanya perlu mem-blender beberapa biji buah kurma dan air untuk membuat jus ini.

Umumnya tidak diperlukan penambahan gula dalam membuat jus ini dikarenakan rasa kurma yang memang sudah manis pada dasarnya. Sangat mudah bukan untuk membuat jus ini.

2. Dibuat sebagai campuran topping pudding, dessert atau es krim

Sebagai penambahan di berbagai hidangan penutup kamu, kurma hanya perlu dipotong kecil atau sesuai selera lalu kamu cukup menambahkan beberapa potongan kurma baik ke dalam adonan ataupun topping pada puding, kue, dessert atau es krim kamu.

Sedikit tips buat kamu dalam memilih buah kurma, pilihlah kurma dengan kulit mengkilat, warna yang merata dan lembut ketika disentuh.

Pilih juga kurma yang berukuran besar dengan daging tebal, karena kurma yang berukuran kecil dan keriput sudah berumur lama dan tidak terlalu segar lagi ketika dikonsumsi.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
8 Proven Health Benefits of Dates. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-dates)
Are dates good for you? Benefits and nutrition. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322548.php)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Pro dan Kontra Mengenai Manfaat Kurma
Pro dan Kontra Mengenai Manfaat Kurma

Namun mengingat kandungan gula pada kurma, saat ini, banyak perdebatan apakah kurma merupakan makanan yang paling ideal dikonsumsi sebagai makanan berbuka puasa. Untuk lebih jelasnya, mari disimak lebih lanjut mengenai manfaat dan efek samping yang didapatkan dari mengkonsumsi kurma berlebihan.

Buka di app