Biar Tetep Ngetren di Bulan Ramadhan, Simak 6 Manfaat Air AJAIB Ini

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Biar Tetep Ngetren di Bulan Ramadhan, Simak 6 Manfaat Air AJAIB Ini

Kurma menjadi buah favorit bagi banyak orang di bulan Ramadhan, khususnya saat berbuka puasa. Makan beberapa buah kurma saja biasanya sudah membuat perut terasa kenyang.

Selain langsung dimakan, kurma ternyata juga bisa dijadikan bahan infused water yang tak kalah lezat dan bermanfaat. Air rendaman kurma ini disebut dengan air nabeez.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asam Urat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 43

Berbagai manfaat air nabeez bagi kesehatan

Manfaat air nabeez tidak jauh berbeda dengan manfaat kurma yang dimakan langsung. Namun, ada sejumlah manfaat air nabeez lainnya, yaitu:

1. Mengendalikan asam lambung

Air nabeez tergolong aman bagi Anda yang punya maag. Pasalnya, air nabeez bertindak sebagai tonik alkali yang dapat mengurangi keasaman di perut dan sistem pencernaan.

Kandungan serat kurma pun cukup tinggi, yang mana sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh secara keseluruhan.

2. Mengobati gejala asam urat dan arthritis

Bila Anda memiliki masalah asam urat atau arthritis, cobalah rutin konsumsi air rendaman kurma. Manfaat air nabeez diketahui dapat menurunkan kadar asam urat.

3. Mengendalikan tekanan darah

Air nabeez kaya akan kalium, nutrisi penting yang dapat mengatur tekanan darah. Dengan rajin mengosumsi air nabeez, tekanan darah Anda berangsur-angsur menjadi lebih normal dan kerja jantung pun lebih maksimal.

4. Melawan kolesterol jahat

Kandungan seratnya yang tinggi membuat air nabeez ampuh mengatasi sembelit. Infused water kurma juga dipercaya dapat membilas kolesterol jahat dalam tubuh sekaligus meningkatkan daya ingat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Air nabeez juga mengandung zat besi, mineral yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Setelah minum air nabeez, tubuh Anda dijamin akan semakin sehat dan tidak mudah sakit.

6. Baik untuk ibu hamil dan menyusui

Kabar baik bagi Anda yang sedang hamil atau menyusui, Anda juga boleh minum air nabeez, lho! Bahkan, zat gizi dalam kurma bisa membantu menguatkan otot-otot rahim untuk persiapan melahirkan. Nutrisi kurma juga sangat baik untuk meningkatkan kualitas ASI.

Lebih sehat mana, makan kurma langsung atau minum air nabeez?

Kurma dan air nabeez sebetulnya sama-sama sehat. Bedanya hanya terletak dari cara Anda mengonsumsinya saja.

Para ahli sepakat bahwa cara terbaik untuk mendapatkan manfaat buah adalah dengan memakannya langsung. Dengan demikian, zat-zat gizi dalam kurma akan langsung masuk dan dicerna oleh tubuh secara maksimal.

Namun, rendaman air kurma juga memiliki berbagai nutrisi penting, sehingga jangan lupa memakan sisa-sisa daging kurma supaya khasiatnya lebih maksimal.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
BENEFITS OF DATES INFUSED WATER. Rumah Zakat. (https://www.rumahzakat.org/en/manfaat-rendaman-air-kurma/)
Dates Nutrition Facts: Calories, Carbs, and Health Benefits. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/dates-nutrition-facts-calories-and-their-health-benefits-4110158)
Are dates good for you? Benefits and nutrition. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322548.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Pro dan Kontra Mengenai Manfaat Kurma
Pro dan Kontra Mengenai Manfaat Kurma

Namun mengingat kandungan gula pada kurma, saat ini, banyak perdebatan apakah kurma merupakan makanan yang paling ideal dikonsumsi sebagai makanan berbuka puasa. Untuk lebih jelasnya, mari disimak lebih lanjut mengenai manfaat dan efek samping yang didapatkan dari mengkonsumsi kurma berlebihan.

Buka di app