Air Kelapa Yang Memiliki Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Air Kelapa Yang Memiliki Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan

Tentunya di negara tropis seperti negara tercinta kita Indonesia, pohon kelapa ialah pohon yang subur bertumbuh di sepanjang garis pantai Indonesia. Ya, pohon yang identik dengan pantai ini memang sudah tidak asing lagi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Batang yang menjulang tinggi dengan nyiur yang melambai-lambai tentunya menjadi ciri khas dari pohon ini. Memang pohon ini ialah pohon yang bisa disebut serba guna, dimana setiap bagian dari pohon ini memiliki fungsinya masing-masing, seperti akar kelapa yang kuat dapat digunakan sebagai bahan bangunan, batang kelapa dapat disulap menjadi furniture dengan nilai jual yang tinggi, serta buahnya yang menyegarkan dan kaya manfaat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Berikut kita akan telisik lebih dalam mengenai sejuta manfaat air kelapa untuk tubuh manusia.

Kandungan Air Kelapa

Tidak seperti buah lainnya yang memiliki biji, kelapa memproduksi buah yang cukup unik, dimana batoknya yang keras melindungi air dan daging buah ini dengan sempurna. 

Air kelapa diperoleh dari dalam buah kelapa muda. Sebenarnya air tersebut adalah cikal bakal isi kelapa yang berwarna putih (atau biasa disebut daging kelapa). 

Air kelapa mengandung karbohidrat yang sangat mudah untuk dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit yang dapat menyegarkan secara alami. 

Tiap 30 ml air kelapa hanya mengandung 5,45 kalori dan 1,3 gram gula. Air kelapa juga kaya akan nutrisi dan banyak mengandung vitamin dan mineral. 

Kandungan vitamin dalam air kelapa, yaitu vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niasin, tiamin, piridoksin, dan asam folat, serta vitamin C tetapi kandungan vitamin C dalam air kelapa hanya sedikit, sekitar 2,4 mg. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Kandungan mineral dalam air kelapa antara lain kalsium, zat besi, mangan, magnesium,fosfor dan seng. Kandungan mineral dalam air kelapa jauh lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk. 

Diketahui bahwa setiap 30 ml air kelapa juga mengandung 61 mg potasium dan 5,45 mg sodium. Air kelapa juga diketahui mempunyai kalori dan natrium yang sangat rendah namun mengandung kalium yang tinggi daripada minuman olahraga, bahkan lebih tinggi daripada memakan empat buah pisang. 

Selain itu, air kelapa juga bebas dari lemak dan kolesterol. Menurut penelitian, manfaat air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh dengan cepat. Selain itu terbukti memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan air biasa atau minuman olahraga.

Manfaat Air Kelapa

  • Menghilangkan Dehidrasi
    Ketika kamu mengalami dehidrasi, tubuh kamu tidak hanya kehilangan air, namun juga kehilangan garam dan nutrisi penting dalam tubuh.

    Komposisi elektrolit yang terdapat di dalam air kelapa dapat digunakan untuk menghidrasi ulang tubuh kamu pada kasus-kasus dehidrasi dan kehilangan cairan seperti diare, muntah-muntah, disentri, kolera dan flu perut.

    Keseimbangan elektrolit dan plasma di air kelapa dalam beberapa penelitian digambarkan hampir sama dengan darah.

    Dengan demikian air kelapa setelah berolahraga akan sangat membantu untuk mengisi cairan tubuh yang hilang. Air kelapa juga mengandung karbohidrat yang dapat membantu meningkatkan energi kamu.
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
    Dikarenakan kaya akan kandungan vitamin C, kalium dan magnesium yang terkandung di dalamnya, maka mengkonsumsi air kelapa ini akan baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

    Selain itu air kelapa jg dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.
  • Mencegah dan Memperlambat Penuaan Dini
    Air kelapa diketahui mengandung sitokinin dan asam laurat yang merupakan dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. 

    Selain itu air kelapa memiliki efek signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit.

    Air kelapa hijau selain menyegarkan ia juga memberikan nutrisi dan juga menghidrasi kulit Anda sehingga tetap lembut dan halus.
  • Baik untuk Ibu Hamil
    Air kelapa merupakan minuman sehat untuk ibu hamil karena dapat meredakan ‘morning sickness’ dan mencegah mual dan muntah pada ibu hamil muda.

    Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, sodium, air kelapa juga mengandung Asam Folat yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Selain manfaat utama air kelapa diatas, air kelapa juga dipercaya memiliki jutaan manfaat lain seperti:

  • Detoks Alami Tubuh
  • Menurunkan Berat Badan
  • Meredakan Sakit Kepala
  • Diuretik Alami
  • Menjaga Kesehatan Jantung dan Menurunkan Kolestrol
  • Menyeimbangkan Gula Tubuh
  • Mengatur Gula Darah
  • Meringankan Kram Otot
  • Menjaga Kesehatahn Tulang
  • Menangkal Radikal Bebas

Selain kaya manfaat, mengkonsumsi air kelapa akan terasa sangat menyegarkan bila diminum di siang hari dimana cuaca sedang panas dan matahari sedang terik-teriknya Yuk jangan ragu untuk segera mengkonsumsi Air Kelapa untuk tubuh yang lebih sehat dan segar. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zulaikhah, Siti. (2019). HEALTH BENEFITS OF TENDER COCONUT WATER (TCW). International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research. 10. 474-480. 10.13040/IJPSR.0975-8232.10(2).474-8.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/330825517_HEALTH_BENEFITS_OF_TENDER_COCONUT_WATER_TCW)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app