Air Kelapa Memang Sehat, Tapi Bahaya Jika Diminum Terlalu Banyak

Dipublish tanggal: Jul 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Air Kelapa Memang Sehat, Tapi Bahaya Jika Diminum Terlalu Banyak

Air kelapa memiliki rasa manis. Air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Airkelapa adalah cairan bening murni dari kelapa muda berwarna hijau.

Kelapa tumbuh di pohon-pohon palem besar yang dikenal secara ilmiah sebagai Cocos nucifera. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Elektrolit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 41

Air kelapa adalah cairan yang ditemukan di tengah kelapa muda berwarna hijau, yang juga sebagai seumber nutrisi untuk membantu menyehatkan buah itu sendiril 

Saat kelapa matang, air dalam bentuk cair sementara sisanya matang menjadi daging putih solid yang dikenal sebagai daging kelapa. 

Air kelapa terbentuk secara alami dalam buah dan mengandung 94% air dan sedikit lemak.

Seharusnya tidak bingung dengan santan, yang dibuat dengan menambahkan air ke daging kelapa parut. Santan mengandung sekitar 50% air dan sangat tinggi lemak kelapa.

Kelapa membutuhkan waktu 10-12 bulan untuk matang sepenuhnya. Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda berumur sekitar 6-7 bulan, meskipun juga ditemukan dalam buah yang matang.

Rata-rata kelapa hijau menyediakan sekitar 0,5-1 gelas air kelapa. Satu gelas air kelapa mengandung 9 gram Karbohidrat,  3 gram Serat, 2 gram Protein, dan terdapat juga kandungan lain seperti Vitamin C, kalium, magnesium, sodium, dan kalsium

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Elektrolit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 41

Manfaat dari nutrisi air kelapa

Nutrisi utama dalam air kelapa adalah kalium. Kalium mengandung sekitar 600 miligram (nilai harian 12 persen), menjadikannya minuman elektrolit tinggi. 

Air kelapa juga mengandung sejumlah kecil natrium, sekitar 40 miligram dan hingga 10 persen dari kebutuhan kalsium dan magnesium harian Anda. 

Elektrolit sangat penting untuk menjaga volume darah, kesehatan jantung, serta mencegah dehidrasi. Mempertahankan tingkat elektrolit dapat membantu mengurangi kelelahan, stres dan membantu menjaga relaksasi otot.

Ada juga beberapa penelitian menarik mengenai kandungan sitokinin air kelapa, yang menunjukkan beberapa sifat anti-kanker. Sitokinin adalah hormon tanaman alami yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker, meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut. 

Apakah aman mengonsumsi air kelapa berlebih? 

Mengonsumsi air kelapa tentu sangat baik bagi kesehatan. Namun terdapat beberapa kondisi yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi air kelapa atau minum air kelapa terlalu banyak. Ini terkait bagi kondisi kesehatan atau adanya pengaruh pada riwayat penyakit seseorang. 

Mengganggu ginjal dan tekanan darah 

Air kelapa yang dikonsumsi terlalu banyak dapat membuat perut cepat kembung. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Elektrolit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 41

Konsumsi Air kelapa dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kadar kalium dalam darah menjadi terlalu tinggi. Ini dapat menyebabkan masalah ginjal dan detak jantung tidak teratur.

Air kelapa mengandung kadar kalium yang tinggi. Biasanya, kalium diekskresikan dalam urin jika kadar darah terlalu tinggi. Namun, ini tidak terjadi jika ginjal tidak berfungsi secara normal. Maka dari itu penggunaan air kelapa untuk dikonsumsi pada riwayat penyakit ginjal harus dibatasi. 

Mengganggu pembedahan

Terkait tekanan darah, Air kelapa dapat mengganggu kontrol tekanan darah selama dan setelah pembedahan. Hentikan penggunaan air kelapa setidaknya dua minggu sebelum operasi yang dijadwalkan.

Memiliki sifat diuretik

Air kelapa memiliki sifat diuretik Ini berarti terlalu banyak konsumsi mungkin mengharuskan Anda untuk buang air kecil lebih sering. 

Meningkatkan kalori 

Meskipun air kelapa tidak mengandung banyak gula seperti banyak minuman olahraga dan jus buah, air kelapa mengandung kalori terlalu banyak. Satu gelas air kelapa dapat mengandung 80 kalori. Inilah alasan mengapa tidak disarankan untuk mengonsumsi air kelapa secara berlebihan.

Berpengaruh pada sistem pencernaan

Terlalu banyak konsumsi air kelapa bisa berbahaya. Minum terlalu banyak dapat memiliki efek pencahar pada sistem pencernaan Anda. Karena air kelapa adalah cairan pencahar  alami, mungkin tidak cocok untuk beberapa orang yang memiliki masalah dengan BAB. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
7 health benefits of coconut water. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/318394)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app