Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Acai: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 5, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.877.030 orang

Tanaman dengan nama latin euterpe oleracea ini mungkin sering didengar bagi Anda yang kerap mengalami diare. Acai merupakan tanaman asli dari daerah tropis Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Beri dari tanaman ini lebih sering dikenal dengan nama Amazonian palm berry. Dan tahukah Anda bahwa nama Acai memiliki arti “fruits that cries” atau juga disebut buah yang menangis, menurut orang-orang di Amazon.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Acai berries juga merupakan salah satu produk yang terkenal dalam herbal yang dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan dan sebagai anti-aging agent.

Manfaat pengkonsumsian Acai

Acai beri dialam liar secara natural sudah memiliki kandungan antioxidan yang tinggi dan  dan asam lemak yang cukup didalamnya.

Beri dari tanaman ini kerap dipergunakan sebagai pengobatan natural untuk :

  1. Pereda inflamasi
  2. Kanker
  3. Penurun berat badan
  4. Diare
  5. Alergi
  6. Detox
  7. Sindrom metabolisme
  8. Sakit jantung
  9. Osteoarthritis
  10. Erectile dysfunction
  11. Agen anti-aging
  12. Hypercholesterolemia

Dengan kadar antioxidan yang dinilai cukup tinggi daripada beri yang lain. Makanan dengan nutrisi tinggi ini juga membantu menguatkan sistem imun Anda, yang dapat membantu melawan demam dan flu.

Beri dari Acai akan membantu untuk menurunkan level gula dan kolesterol dalam darah bagi Anda yang mengalami obesitas.

Dosis penggunaan Acai

Tergantung dalam bentuk apa Acai akan Anda konsumsi, tanaman ini memiliki beberapa varian dosis yang dapat anda ikuti.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Bagi Anda yang ingin membersihkan saluran pencernaan dan tubuh, Anda dapat meminum jus Acai sebanyak sehari sekali.

Dosis yang direkomendasikan untuk Acai dalam bentk bubuk ialah, satu ons bubuk yang dicampur dengan 10 sampai dengan 12 ons air yang akan anda minum sebanyak satu atau dua kali sehari.

Jika anda ingin menggunakan Acai dalam bentuk beku. Satu atau dua gram (dalam kapsul) setiap harinya.

Hindari penggunaan herbal Acai kepada anak, ibu hamil, dan juga ibu yang sedang dalam tahap menyusui buah hatinya. Karena belum ada bukti penelitian lebih lanjut tentang efeknya terhadap mereka.

Tata cara penggunaan Herbal Acai

Tanaman ini memiliki beberapa cara dalam pengkonsumsiannya. Anda dapat menggunakan beri dari tanaman ini untuk diolah dan dijadikan jus.

Alternatif lain dalam memanfaatkan tanaman ini ialah mengeringkan beri yang anda dapat, lalu menumbuk dan menjadikannya bubuk untuk dijadikan suplemen berbentuk kapsul.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Efek samping dari pengkonsumsian Acai

Untuk efek samping dalam pengkonsumsian herbal ini mungkin tidak terlalu banyak. Hanya saja, jika Anda ingin melakukan tes MRI. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi proudk apapun yang mengandung Acai, karena akan berefek pada hasil scan MRI.

Jika anda telah mengkonsumsi Acai dan anda akan melakukan tes MRI, tolong beri tahukan dokter anda.

Pernah ada kasus dimana mengkonsumsi jus Acai mentah menimbulkan penyakit chagas.

Perhatian dan peringatan

Meskipun Acai memiliki efek positif sebagai pengobatan alternatif bagi keluhan Anda, Anda tetap harus memperhatikan hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam mengkonsumsi herbal ini.

Tolong berhati-hati jika mengkonsumsi produk Acai jika anda sedang dalam proses meminum obat-obatan yang membuat level gula darah anda turun.

Bagi Anda yang sedang dalam proses perawatan diabetes. Carilah pengamat kesehatan profesional untuk memberi saran dalam pengkonsumsian herbal ini.

Acai juga dapat mempengaruhi obat-obatan yang digunakan dalam menyembuhkan kanker, mengubah fungsi imun tubuh, menurunkan kolesterol, dan agen radiocontrast.

Mengkonsumsi Acai setelah meminum obat anti inflamasi maupun kafein juga tidak disarankan.

Serta setelah penggunaan dari herbal Acai, jika terjadi perburukan kondisi dari penyakit yang Anda alami. Segera konsultasikan kembali dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp