Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR AHMAD MUHLISIN

Abate : Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Jul 6, 2019 Tinjau pada Jul 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.005.734 orang

Abate adalah larvasida temephos yang diproduksi oleh BASF. Abate efektif mematikan nyamuk dan hama serangga pada tingkat larva yang hidup di dalam air sebelum mereka mencapai usia dewasa.

Selama lebih dari 40 tahun Abate telah memberikan kinerja yang baik dalam memerangi malaria, demam berdarah, filariasis, dan penyakit yang ditularkan serangga lainnya. WHO memberikan persetujuan terhadap penggunaan Temephos, semuanya didasarkan pada penelitian yang dilakukan dengan menggunakan Abate.

Iklan dari HonestDocs
Tanya Dokter Online via HonestDocs

Punya pertanyaan seputar gejala, penyakit, dan obat? Klik di sini untuk memulai konsultasi dengan tim medis HonestDocs!

Tanya dokter

Bahan aktif dalam Abate juga direkomendasikan oleh WHO untuk mencegah serangga pembawa penyakit yang berkembang biak di dalam wadah air minum. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai Abate secara lebih rinci.

Mengenal Obat Abate

Temephos adalah insektisida organophosphorus non-sistemik. atau kontak. Temephos bekerja dengan cara menghambat enzim yang penting bagi fungsi normal sistem saraf larva serangga, membunuh larva serangga sebelum mereka dewasa dan mencegah berkembangnya serangga pembawa penyakit yang baru. Temephos langsung bekerja ketika tertelan atau berkontak dengan serangga.

Pengolahan air menggunakan larvasida seperti Abate merupakan salah satu cara termudah dan paling efektif untuk mengendalikan nyamuk dan serangga lain serta dapat meningkatkan efektivitas metode pengendalian penyakit lainnya di dalam masyarakat. Kerja residualnya dapat mencegah kembalinya populasi serangga selama beberapa minggu.

Indikasi atau Kegunaan

Abate terutama digunakan sebagai larvasida untuk mengendalikan nyamuk pada lingkungan, termasuk juga pada wadah air rumah tangga dan wadah yang digunakan untuk menyimpan air minum.

Kontraindikasi

( ! ) Abate tidak boleh digunakan pada pada wadah air rumah tangga dan wadah yang digunakan untuk menyimpan air minum apabila diketahui memiliki riwayat alergi terhadap kandungan zat dalam abate.

Dosis dan Cara Penggunaan

Abate tersedia dalam dua formulasi, yaitu emulsi konsentrat (EC) dan granul (GR). Perbedaan formulasi ini memungkinkan abate dapat secara efektif mengendalikan serangga penyebab penyakit pada lingkungan yang berbeda.

Abate 500E adalah formulasi Abate berupa cairan emulsi konsentrat yang mengandung 500 gram  bahan aktif Temephos dalam satu liternya.

Iklan dari HonestDocs
Tanya Dokter Online via HonestDocs

Punya pertanyaan seputar gejala, penyakit, dan obat? Klik di sini untuk memulai konsultasi dengan tim medis HonestDocs!

Tanya dokter
  • Abate 500E dirancang untuk membunuh larva  serangga pada kolam, danau, rawa-rawa, sawah, air tercemar atau daerah dengan populasi nyamuk berulang.
  • Dosis untuk air yang bersih seperti kolam, atau danau adalah 100 - 150 ml per hektar. Dosis untuk air yang cukup tercemar seperti rawa, atau sawah adalah 200 - 250 ml per hektar. Dosis untuk air yang sangat tercemar seperti limbah, sampah adalah 400 - 500 ml per hektar.
  • Untuk penyemprotan skala besar dengan sprayer ransel, larutkan dosis yang direkomendasikan dalam 50 - 100 liter air. Untuk penyemprotan udara, larutkan dosis yang direkomendasikan dalam 20 - 30 liter air. Untuk penyemprotan pada satu lokasi, cukup larutkan dosis yang direkomendasikan dalam 1 liter air.

Abate 1SG adalah formulasi abate yang mengandung 1% bahan aktif pada butiran pasir. Abate 1SG dapat digunakan untuk mengontrol Aedes aegypti dalam air minum pada tangki dan wadah kecil.

  • Untuk penggunaan pada tangki dan wadah kecil dosis yang dianjurkan adalah 1 gram untuk setiap 10 liter air yang terkandung pada wadah (Setara dengan 1 mg bahan aktif per liter atau 1ppm).
  • Sebarkan butiran Abate 1SG secara merata di seluruh permukaan air sesuai dengan jumlah dosis yang dianjurkan.

Baca juga: Ciri-Ciri Nyamuk Demam Berdarah (Aedes aegypti)

Efek Samping Abate

Temephos dapat menyebabkan penghambatan aktivitas kolinesterase pada manusia sehingga dapat menstimulasi sistem saraf. Efek samping yang ditimbulkan dapat mempengaruhi individu dalam cara yang berbeda. Efek samping tersebut antara lain:

Informasi Keamanan

Beberapa hal penting terkait Abate yang harus mendapatkan perhatian khusus antara lain:

  • Jauhkan zat kimia ini dari jangkauan anak - anak, dan juga orang yang kurang memahami.
  • Simpan di tempat yang sejuk dan kering, serta jauh dari makanan dan pakaian.
  • Hindari kontak dengan kulit, mata, pakaian dan jangan menghirup debu Abate.
  • Zat ini dapat menyebabkan iritasi pada mata dan kulit.
  • Temephos dapat berbahaya apabila tertelan atau terserap melalui kulit.
  • Lepaskan pakaian yang terkontaminasi dan mencuci tangan setelah menggunakannya.
  • Apabila terjadi keracunan Abate, segera hubungi dokter.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp