9 Sayuran Hijau Paling Sehat Untuk Dikonsumsi

Pertanyaannya sekarang, apakah semua sayuran hijau sama kandungan nutrisinya? Untuk tahu jawabannya, mari kita simak apa saja jenis sayuran hijau yang paling sehat untuk dikonsumsi itu.
Dipublish tanggal: Agu 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 24, 2020 Waktu baca: 3 menit
9 Sayuran Hijau Paling Sehat Untuk Dikonsumsi

Hampir semua orang tahu kalau sayuran hijau itu sehat karena kaya serat yang baik untuk pencernaan, vitamin, mineral, serta rendah kalorinya. Faktanya, makan banyak sayuran hijau dijumpai mampu turunkan risiko obesitas, penyakit jantung, hipertensi, hingga kemunduran mental.

Pertanyaannya sekarang, apakah semua sayuran hijau sama kandungan nutrisinya? Untuk tahu jawabannya, mari kita simak apa saja jenis sayuran hijau yang paling sehat untuk dikonsumsi itu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

1. Kale

Mungkin banyak yang masih asing dengan jenis sayuran hijau satu ini. Walau begitu, hal itu tidak menutup fakta bahwa kale mengandung nutrisi yang cukup lengkap. 

Mengonsumsi 67 gr kale mentah misalnya, sudah bisa memenuhi AKG (Angka Kebutuhan Gizi) vitamin A sebanyak 206%, C (134%), serta K (684%). Sayuran yang tinggi kalsium dan kalium tersebut juga memuat antioksidan lutein dan betakaroten. 

Keduanya dinilai baik untuk mencegah penyakit yang dipicu oleh stres oksidatif. 

Oleh karenanya, sayuran yang juga tinggi folat ini sangat direkomendasikan bagi penderita kolesterol tinggi dan mereka yang berisiko mengidap penyakit jantung. Namun supaya nutrisi yang diperoleh maksimal, kale disarankan dikonsumsi dalam keadaan mentah.

2. Sawi

Sawi merupakan salah satu sayuran yang baik untuk mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular, mata, serta tulang. Hal ini dikarenakan sayuran berdaun hijau satu ini banyak mengandung air, karbohidrat, serat, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, zinc, serta vitamin K

3. Bayam

Anda mungkin tahunya bayam hanya tinggi folat yang efektif membantu produksi sel darah merah dan mencegah bayi cacat lahir pada bumil. Padahal masih ada segudang nutrisi penting lain yang ada dalam sayuran kesukaan tokoh kartun Popeye ini, seperti antioksidan, serat, mangan, serta vitamin A, C, maupun K. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Karena itu tak heran kalau rajin mengonsumsi bayam bisa membantu menjaga kesehatan mata, mencegah asma, osteoporosis, serta radang sendi.

4. Microgreen

Sesuai namanya, sayuran hijau satu ini memiliki ukuran mikro. Panjangnya paling sekitar 2,5-7,5 cm saja. Sayuran yang umumnya dipakai sebagai hiasan ini sarat vitamin C, E, serta K. Salah satu contoh microgreen yang terkenal di tanah air adalah selada air.

5. Kubis

Walau warnanya mungkin tak sehijau sayuran lain, namun kubis memiliki beragam manfaat bagi kesehatan seperti dapat menyembuhkan beragam penyakit perut seperti: naiknya asam lambung, tukak, hingga morning sickness pada bumil. 

Hasil penelitian terhadap hewan juga menunjukkan kubis dapat mencegah kanker khususnya paru-paru dan esofagus (kerongkongan). 

6. Daun bit

Bit merupakan contoh tanaman yang kaya nutrisi, baik pada bagian buah maupun daunnya. Daun bit merupakan sumber potasium, kalsium, riboflavin, serat, serta vitamin A dan K. 

Selain itu, sayuran hijau tersebut juga mengandung antioksidan lutein dan beta karoten yang ampuh menurunkan risiko penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak. Jadi untuk ke depannya, jangan ragu menambahkan daun bit ke dalam salad, sup, atau tumisan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

7. Pakcoy

Sayuran yang juga disebut kubis China ini sarat selenium yang perannya sangat penting bagi fungsi kognitif serta imun tubuh. Hasil penelitian menunjukkan mineral tersebut juga efektif mencegah timbulnya kanker dan menjaga agar kelenjar tiroid bisa berfungsi normal.

Seperti kita ketahui bersama, kelenjar tiroid yang terletak dekat leher ini memegang kunci utama dalam metabolisme tubuh. Hasil riset bahkan menunjukkan kekurangan selenium dapat memicu gangguan tiroid seperti hipotiroidisme, tiroiditis, serta pembesaran tiroid. 

8. Daun lobak

Tak banyak yang percaya bahwa daun lobak mengandung lebih banyak nutrisi dibanding lobak itu sendiri. Nutrisi yang dimaksud adalah kalsium, mangan, folat, serta vitamin A, C, dan K. Karenanya, daun lobak efektif menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, serta radang. 

Lebih dari itu, daun lobak juga sarat antioksidan seperti gluconasturtiin, glucotropaeolin, quercetin, myricetin, hingga beta karoten. Semua ini memegang peranan penting untuk menurunkan stres dalam tubuh.

Namun karena cita rasanya yang kuat dan sedikit pedas, lebih baik daun lobak dimasak saja ketimbang dikonsumsi mentah. 

9. Brokoli

Teksturnya yang renyah membuat banyak orang menyukainya. Sayuran yang bisa diolah dengan berbagai metode ini tak cuma kaya serat, tapi juga vitamin K. Ini membuat brokoli efektif baik untuk kesehatan tulang maupun jantung.

Yang pasti, saat mengolah aneka sayuran hijau di atas, jangan sampai terlalu lama agar tidak layu dan nutrisinya berkurang. Jadi, apakah Anda sudah makan sayur hari ini?!

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Top 10 Healthiest Vegetables According To Experts. Mindbodygreen. (https://www.mindbodygreen.com/articles/top-10-healthiest-vegetables-you-can-eat)
Healthiest Vegetables: Best Options for Green Vegetables and Beyond. The Healthy. (https://www.thehealthy.com/nutrition/healthiest-vegetables/)
15 healthiest vegetables: Nutrition and health benefits. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323319)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Apa Benar Makan Kol Kebanyakan Bisa Menyebabkan Bau Badan?
Apa Benar Makan Kol Kebanyakan Bisa Menyebabkan Bau Badan?

Saat tubuh Anda memecah kandungan gizi di dalam jenis sayuran ini, jenis sayuran ini dapat memancarkan belerang, yang dapat menyebabkan bau badan yang tidak begitu enak dihirup. Efek ini mirip dengan efek yang dihasilkan oleh bawang bombay dan bawang putih.

Buka di app