Sering Tak Disadari, 9 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Bibir Kering

Dipublish tanggal: Jul 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Sering Tak Disadari, 9 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Bibir Kering

Bibir kering merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh wanita. Selain dapat mengganggu penampilan, bibir kering juga dapat menyebabkan lipstik tidak menempel sempurna di bibir. Coba ingat-ingat lagi, bisa jadi penyebab bibir kering yang Anda alami saat ini berasal dari kebiasaan sehari-hari yang tidak Anda sadari.

Berbagai kebiasaan penyebab bibir kering

Ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari menjadi dalang atau penyebab bibir kering. Apakah Anda mengalami salah satu kebiasaan berikut ini?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Kurang minum air putih

Tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup setiap hari agar tidak dehidrasi. Begitu juga pada bibir.

Bibir kering merupakan salah satu tanda bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Sebaiknya, biasakan minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk mencegah bibir kering dan dehidrasi pada tubuh.

2. Salah pakai lipstik

Menggunakan lipstik warna-warni memang akan semakin mempercantik bibir. Namun, lipstik jenis ini biasanya mengandung sedikit minyak sehingga dapat menyebabkan bibir cepat kering. 

Untuk menghindari risiko bibir kering, jangan lupa untuk selalu periksa tanggal kadaluarsa lipstik. Baca juga kandungan yang tertera pada kemasan lipstik karena mungkin saja ada zat-zat tertentu yang tidak cocok pada bibir Anda.

Yang tak kalah penting, Anda juga harus rajin membersihkan sisa lipstik yang menempel di bibir. Bersihkan sisa lipstik menggunakan make-up remover dengan hati-hati dan jangan menggosok terlalu keras.

Jika bibir Anda menjadi bengkak, kering, dan pecah-pecah setelah memakai lipstik, sebaiknya segera hentikan pemakaian. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca Selengkapnya: Daftar Kandungan Berbahaya Pada Lipstik yang Harus Dihindari

3. Tidak pakai lip balm

Banyak orang yang lebih suka menggunakan lipstik matte daripada lip balm. Pasalnya, warna lipstik matte cenderung lebih mencolok dan menempel kuat pada bibir, sementara lip balm cenderung tidak berwarna. 

Meski punya lebih banyak pilihan warna, lipstik matte ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab bibir kering. Justru sebaliknya, lip balm lebih aman dan tidak membuat bibir Anda jadi kering.

Hal ini dikarenakan lip balm mengandung minyak, sehingga dapat membantu melembapkan bibir. Sebaiknya, pilih lip balm yang mengandung SPF untuk menghindari bahaya radiasi sinar UV.

Baca Juga: Cara Membuat Lip Balm Alami Sendiri

4. Merokok

Kalau diperhatikan, seorang perokok aktif biasanya memiliki bibir yang menghitam. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan nikotin dalam rokok. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

5. Kebiasaan menjilat bibir

Ketika bibir kering, banyak orang yang refleks langsung membasahi bibir dengan menjilatnya. Katanya, cara ini bisa bikin bibir kembali lembap dan tak lagi kering.

Perlu diketahui bahwa hal tersebut ternyata cuma mitos, lho! Alih-alih melembapkan, menjilat bibir justru akan menghilangkan kelembapan alami bibir. Sisa-sisa kandungan air pada bibir malah akan menguap lebih cepat dan meninggalkan bibir kering.

6. Terlalu banyak mengonsumsi garam

Mengonsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga bisa menyebabkan bibir jadi mudah kering. Sebaiknya hindari mengonsumsi junk food dan makanan instan karena mengandung kadar garam yang tinggi.

7. Mengelupasi kulit kering di bibir

Bibir yang kering biasanya ditandai dengan mengelupasnya kulit. Terkadang, banyak orang yang iseng dan reflek mengelupas kulit kering tersebut karena mengganggu penampilan bibir.

Bila Anda salah satu yang sering melakukannya, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Mengelupas kulit kering pada bibir justru bisa memicu bibir berdarah dan memperparah kondisi bibir.

8. Tidak dalam kondisi sehat

Bibir yang kering juga merupakan tanda bahwa Anda sedang dalam kondisi yang tidak sehat. Saat mengalami demam, biasanya bibir akan kering dan pecah-pecah.

9. Berada di ruangan ber-AC

Berada di ruangan dingin ber-AC dapat menarik kelembapan pada kulit, termasuk juga bibir. Maka tak heran jika bibir Anda tampak kering saat berada di ruangan ber-AC.

Guna mencegah bibir kering, sebaiknya siapkan lip balm atau madu untuk membantu melembabkan bibir. Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan setiap hari supaya terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga: 14 Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Gibson LE. (2016). Chapped lips: What’s the best remedy? (http://www.mayoclinic.com/health/chapped-lips/AN01440)
Devani A. (2007, June). Answer: Can you identify this condition? (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1949217/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Saat Sedang Sakit, Sebaiknya Lakukan 7 Kegiatan Berikut Selama Cuti Kerja
Saat Sedang Sakit, Sebaiknya Lakukan 7 Kegiatan Berikut Selama Cuti Kerja

Saat tubuh sedang tidak fit, ada baiknya jika Anda mengambil cuti kerja agar bisa mengistirahatkan diri. Ada 7 kegiatan yang seharusnya Anda lakukan ketika sedang sakit selama mengambil cuti. Berikut ini cara yang dapat untuk Anda lakukan:

Buka di app