Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

5 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Saat Puasa

Update terakhir: SEP 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.125.780 orang

5 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Saat Puasa

Orang yang sedang berpuasa rentan mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini menandakan bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi, karena Anda tidak mendapatkan cairan yang cukup selama kurang lebih 13 jam. Anda pun jadi kurang percaya diri karena tampak pucat seperti orang sakit. Lantas, bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa? Baca terus ulasan berikut ini, ya!

Berbagai cara alami mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa

Bibir kering dan pecah-pecah dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari dehidrasi, cuaca panas atau dingin, atau sensitif dengan jenis makanan tertentu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Meski wajar terjadi saat puasa, mengalami bibir kering dan pecah-pecah tetap saja membuat Anda jadi tidak nyaman. Tenang, berikut berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa, di antaranya:

1. Jangan menjilat bibir!

Saat melihat bibir tampak kering dan pecah-pecah, Anda mungkin reflek akan menjilat alias membasahi bibir sesegera mungkin. Alih-alih membuat bibir jadi lembap, cara ini justru bisa memperparah bibir kering dan pecah-pecah.

Air liur memang bisa membantu membasahi bibir dan membuatnya lebih segar. Namun sayangnya, efek ini hanya bertahan sementara.

Begitu air liur mengering, sisa-sisa air yang tersimpan di bibir akan ikut menguap dan mengikis lapisan kulit bibir yang tipis. Bukannya mengembalikan kelembapan bibir, kebiasaan menjilat bibir justru akan memperparah bibir kering dan pecah-pecah.

2. Perbanyak minum air putih saat sahur

Dehidrasi adalah penyebab bibir kering dan pecah-pecah paling umum. Kondisi ini wajar terjadi karena tubuh Anda tidak mendapatkan asupan cairan selama berjam-jam, dari waktu imsak sampai maghrib.

Memang, salah satu cara terbaik untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah minum air sesegera mungkin. Namun, Anda tentu tidak bisa melakukannya di siang hari karena sedang berpuasa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Untuk menyiasatinya, perbanyaklah minum air putih saat sahur dan berbuka puasa minimal 8 gelas per hari. Hindari minum kopi, teh, atau minuman berkafein lainnya karena justru bisa memperparah dehidrasi

Jumlah kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung dari usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatannya. Yang terpenting, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan setiap hari untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah saat puasa.

Baca Selengkapnya: 5 Tips Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasa

3. Perbanyak asupan makanan yang mengandung vitamin dan mineral

Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa, perhatikan lagi menu sahur dan buka puasa Anda di bulan Ramadhan. Pilihlah berbagai makanan yang mengandung kaya vitamin dan mineral, terutama vitamin B, vitamin C, dan asam lemak omega-3.

Asupan vitamin B dan asam lemak omega-3 yang cukup dapat membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah akibat paparan sinar matahari. Berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B dan omega-3 sekaligus adalah ikan, telur, daging, dan kacang-kacangan. Anda bisa mengolahnya menjadi menu sahur dan buka puasa favorit Anda, misalnya ikan panggang, telur dadar, dan sebagainya.

Sementara itu, vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang juga dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Ada banyak jenis makanan sumber vitamin C yang bisa Anda sajikan saat sahur atau berbuka puasa, di antaranya buah jeruk, pepaya, mangga, lemon, stroberi, dan sayuran hijau lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Baca Juga: Buah Pilihan yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

4. Hindari makanan asin dan pedas saat sahur

Coba ingat-ingat lagi, apakah Anda baru saja makan makanan asin dan pedas saat sahur tadi? Kalau iya, maka inilah penyebab bibir kering dan pecah-pecah saat puasa.

Selain rentan membuat perut tidak nyaman, makanan asin dan pedas sama-sama memperparah bibir kering. Terlebih lagi, makanan pedas lebih cepat membuat tenggorokan kering dan panas saat puasa. Maka jangan heran jika nantinya Anda jadi gampang haus dan dehidrasi saat puasa Ramadhan.

5. Pakai lip balm

Lip balm adalah sejenis pelembap bibir yang efektif membuat bibir lebih kenyal, segar, dan sehat. Memakai lip balm bisa menjadi salah satu cara tercepat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa.

Namun, ternyata tidak semua jenis lip balm bisa Anda gunakan untuk mengatasi bibir kering. Hindari lip balm yang mengandung mentol atau eucalyptus karena dapat mengiritasi dan memperparah bibir kering.

Gunakan lip balm dengan kandungan pertroleum jelly untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan bibir. Pastikan juga lip balm tersebut mengandung SPF supaya bibir Anda terlindungi dari paparan sinar matahari.

Baca Selengkapnya: Cara Paling Ampuh Mencegah Bibir Kering dan Mengelupas

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit