Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Kesehatan Mulut dan Gigi

14 Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Update terakhir: DEC 8, 2019 Tinjau pada DEC 8, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 1.480.820 orang

14 Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir kering dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari dehidrasi, salah pakai lipstik, hingga kekurangan nutrisi tertentu. Mengalami bibir kering tentu sangat mengganggu penampilan, terlebih bagi Anda yang kerjanya sering berhadapan langsung dengan klien penting. Namun tak perlu khawatir, masalah bibir kering dan pecah-pecah bisa diatasi dengan mudah, kok! Yuk, simak berbagai cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah berikut ini. 

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Beda dengan kulit tubuh lainnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Hal inilah yang menyebabkan bibir lebih mudah kering dan pecah-pecah.

Bibir kering umumnya ditandai dengan adanya celah-celah atau sel-sel kulit mengelupas di sekitar bibir. Walau seringnya membuat kulit terasa kasar, ini juga bisa terasa menyakitkan dan bahkan bisa sampai berdarah kalau kondisinya sudah parah. 

Baca Selengkapnya: Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Bukan Hanya Dehidrasi Saja

Jangan tunggu sampai bibir berdarah, baru Anda cari pengobatannya. Berikut ini berbagai cara sederhana untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang bisa dilakukan sendiri di rumah, yaitu:

1. Gunakan lip balm

Salah satu cara melindungi bibir dari udara kering dan panas adalah dengan menggunakan lip balm. Selain bisa mencegah, lip balm juga dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

2. Oleskan madu

Selain menggunakan lip balm, Anda bisa menggunakan bahan alami seperti madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Ini karena madu berfungsi sebagai pelembab alami yang juga memiliki sifat anti bakteri.

Oleskan madu murni pada bibir beberapa kali sehari dan rasakan sendiri perubahannya. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Hindari menjilat bibir

Ketika bibir kering, kebanyakan orang akan reflek menjilat bibir atau memasukkan ke dalam mulut. Kebiasaan ini disebut-sebut dapat melembapkan bibir kering dengan cepat.

Faktanya, hal itu cuma mitos, lho! Perlu diketahui bahwa air liur atau saliva akan menguap dengan cepat, justru akan meninggalkan bibir yang lebih kering daripada sebelumnya. Yang ada, bibir malah makin pecah-pecah. 

4. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Selain bikin haus, kekurangan cairan tubuh juga bisa membuat bibir jadi kering. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, terutama jika Anda sering berkeringat atau cuaca di luar sedang panas.

Jumlah kebutuhan air setiap orang berbeda-beda, tergantung dari usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisiknya sehari-hari. Namun, setidaknya minum air minimal 8 gelas sehari untuk mejaga kesehatan tubuh sekaligus mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Baca Selengkapnya: Benarkah Minum Air Putih 8 Gelas Sehari Sudah Cukup?

5. Penuhi kebutuhan nutrisi

Kekurangan vitamin B, zat besi, atau asam lemak esensial dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, terutama pada sudut bibir. Karena itulah, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan bergizi lengkap setiap hari supaya tubuh tetap sehat secara keseluruhan.

Bila perlu, Anda juga boleh minum suplemen multivitamin atau mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mulai minum vitamin.

6. Hindari kebiasaan menggigit bibir

Selain menjilat bibir, gigit-gigit bibir juga menjadi salah satu kebiasaan yang harus ditinggalkan. Paslanya, mengigit bibir akan menyebabkan trauma yang dapat merusak lapisan pelindung bibir. Akibatnya, bibir akan mudah kering bahkan pecah-pecah.

7. Jangan bernapas lewat mulut

Bernapas lewat mulut akan mempercepat pengeringan bibir, bahkan jika parah bisa sampai pecah-pecah. Jadi, sebisa mungkin bernapaslah lewat hidung untuk mencegah agar bibir tidak kering. Bernapas dengan hidung juga dapat menyaring debu dan partikel-partikel udara dengan maksimal daripada saat Anda bernapas lewat mulut.

8. Hindari alergen

Alergen atau zat yang menyebabkan timbulnya reaksi alergi harus dihindari khusus bagi mereka yang rentan, seperti pewarna atau pewangi pada produk kosmetik.

Cara mengatasi bibir kering secara alami

Ada beberapa ramuan sederhana berbahan dasar alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Walaupun dari bahan alami, ini tak kalah ampuh untuk menghilangkan bibir kering dan tentu saja minim efek samping.

Berbagai bahan alami yang dapat membantu mengatasi bibir kering adalah:

1. Madu dan Vaseline

Madu memiliki sifat antibakteri dan merupakan salah satu agen penyembuh terbaik. Sementara vaseline atau petroleum jelly banyak digunakan untuk melembutkan, menyehatkan, dan melindungi kulit dari kekeringan. Dengan menggabungkan kedua bahan ini, maka Anda akan mendapatkan ramuan yang bisa mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Cara membuatnya:

  • Oleskan madu murni pada seluruh permukaan bibir yang kering atau pecah-pecah.
  • Lapisi bibir dengan vaseline dan biarkan selama 10-15 menit. Bibir akan menyerap madu yang memiliki efek melunakkan, sedangkan vaseline akan memberikan hidrasi tambahan dan mencegah pengeringan.
  • Setelah 15 menit, usap madu dan vaseline menggunakan kain katun basah.
  • Ulangi prosedur ini selama seminggu untuk hasil yang memuaskan.

2. Mentimun

Sayuran dingin ini menjadi makanan yang menyegarkan selama musim panas. Tidak hanya ampuh menyegarkan tenggorokan, mentimun juga berkhasiat dalam menobati bibir kering dan pecah-pecah. Mentimun juga dapat mengurangi bercak-bercak hitam pada bibir, sehingga bibir Anda tampak lebih cerah, lembap, dan cantik alami. 

Cara membuatnya:

  • Iris mentimun, lalu gosok dengan lembut pada bibir.
  • Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci dengan air biasa.

3. Scrub bibir

Menggosok bibir dengan scrub bertujuan untuk mengelupasi sel-sel kulit mati. Setelah terkelupas, maka warna alami bibir akan semakin terlihat dan digantikan oleh sel-sel kulit baru yang sehat.

Ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membuat ramuan scrub bibir, salah satunya dengan gula.

Cara membuatnya:

  • Campurkan 2 sendok teh (sdt) gula pasir dan beberapa tetes minyak zaitun, lalu aduk rata.
  • Tambahkan ½ sdt madu, lalu aduk rata kembali.
  • Biarkan campuran ini selama 5 menit sampai gula menjadi lebih lembut.
  • Setelah itu, oleskan scrub ke bibir dan gosok-gosok secara lembut.
  • Cuci dengan air hangat.

4. Krim lemon

Kombinasi lemon dan gula bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi bibir gelap dan pecah-pecah. Lemon bertindak sebagai pemutih alami, sedangkan madu berfungsi untuk melindungi bibir dari efek radikal bebas.

Cara membuatnya:

  • Campurkan 1 sdt jus lemon dan madu, lalu tambahkan ½ sdt minyak jarak. Aduk hingga rata.
  • Oleskan pada bibir sebelum tidur setiap hari.
  • Ulangi cara ini selama 10 hari untuk hasil terbaik.

5. Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya mengandung bahan-bahan alami yangbermanfaat untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cara pemakaiannya juga mudah, lho!

Oleskan gel lidah buaya pada bibir sebelum tidur secara teratur. Bibir Anda seketika akan terasa dingin dan segar.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah pelembab dan pelumas alami terbaik. Asam lemak dalam minyak zaitun diketahui dapat membantu menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah, serta membuat bibir menjadi lembut dan kenyal.

Cara menerapkannya mudah, cukup oleskan minyak zaitun secukupnya pada bibir 2 kali sehari. Lakukan secara teratur dan rasakan sendiri manfaatnya pada bibir.

Selain kering dan pecah-pecah, apakah bibir Anda juga menghitam? Jika iya, berikut solusinya: 15 Cara Alami Menghilangkan Bibir Hitam Paling Ampuh

Jika masalah bibir kering dan pecah-pecah tidak kunjung teratasi, segera hubungi dokter. Karena pada kasus yang jarang, bibir pecah-pecah juga dapat disebabkan oleh penyakit tertentu.


Referensi

Everyday Health. (2019). What You Need to Know About Chapped Lips.

Reader's Digest. 7 Homemade Remedies for Dry and Chapped Lips.

WebMD. (2017). Why Are My Lips Chapped?

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit