8 Minggu Kehamilan: Gejala, Tips, dan Apa Saja Yang Perlu Diketahui

Dipublish tanggal: Jul 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Minggu Kehamilan: Gejala, Tips, dan Apa Saja Yang Perlu Diketahui

Selamat! Anda telah hamil delapan minggu. Pada tahapan ini, bayi Anda telah berkembang dari embrio kecil menjadi janin. Teruslah membaca artikel berikut untuk mempelajari lebih lanjut dan mencari tahu kapan Anda perlu menghubungi dokter Anda.

Perubahan Dalam Tubuh Anda

Anda mungkin mulai memperhatikan bahwa pakaian Anda menjadi lebih ketat saat memasuki akhir trimester pertama. Kenaikan berat badan biasanya hanya beberapa kilogram saja, tetapi rahim akan perlahan-lahan mengembang untuk mengakomodasi perkembangan cepat bayi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Selain itu, payudara mungkin terasa lebih penuh dan sensitif. Tidak hanya itu, volume darah pada wanita hamil meningkat pesat selama kehamilan.

Kondisi Bayi Pada Tahapan Ini

Si kecil Anda mungkin sudah berukuran setengah inci panjangnya, atau 11 hingga 14 milimeter. 

Pada tahapan ini, bayi Anda semakin terlihat seperti bayi baru lahir. Tubuhnya telah menumbuhkan lengan dan kaki kecil, jari tangan dan kaki, tulang, dan otot. Ciri-ciri wajahnya yang unik terus berkembang seiring dengan semua perkembangan dan organ dalamnya.

Meskipun Anda belum bisa merasakannya, si kecil juga terus bergerak di dalam rahim.

Gejala hamil 8 minggu

Pada kehamilan 8 minggu, Anda mungkin mengalami gejala-gejala berikut:

Kelelahan kemungkinan akan berlanjut pada minggu ini. Jika belum dimulai, kadar hormon yang meningkat akan segera memuncak pada sekitar minggu 10, dapat membuat Anda mengalami rasa mual. Gejala ini biasanya akan membaik seiring dengan waktu dalam 3 hingga 4 minggu. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Perbanyak frekuensi makan dengan porsi kecil dapat membantu mengatur gula darah dan mengurangi rasa mual. Mengemil jahe dan peppermint atau mengonsumsi lebih banyak protein juga dapat membantu Anda merasa lebih baik.

Ada berbagai gejala dari wanita ke wanita dan kehamilan hingga kehamilan. Jika sesuatu terasa terlalu ekstrem atau membuat Anda tidak nyaman, segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

Hal-hal yang harus dilakukan minggu ini untuk kehamilan yang sehat

Jika Anda belum melakukannya, sekarang saatnya untuk melakukan pemeriksaan pranatal pertama Anda. Jadwalkan janji dengan dokter kandungan Anda.

Pada konsultasi awal ini, Anda dapat diminta untuk memberikan sampel urin untuk mengkonfirmasi kehamilan, memberikan riwayat kesehatan, menjalani tes darah untuk memeriksa kadar hormon. Pemeriksaan ultrasonografi dini juga dapat dilakukan untuk mengukur pertumbuhan dan detak jantung bayi dan menentukan tanggal kelahiran.

Untuk mencegah risiko komplikasi pada kehamilan, ada baiknya apabila Anda dapat menanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut kepada dokter saat konsultasi:

  • Apakah obat-obatan atau suplemen yang saya konsumsi masih OK?
  • Jenis latihan apa yang aman selama kehamilan?
  • Apakah ada kegiatan atau makanan yang harus saya hindari?
  • Apakah kehamilan saya dianggap berisiko tinggi?
  • Tes apa yang harus saya pertimbangkan selama kehamilan saya?

Olahraga adalah salah satu cara merawat tubuh Anda dan bayi Anda selama tahap ini. Jika Anda aktif sebelum hamil, sangatlah aman untuk melanjutkan sebagian besar aktivitas saat kehamilan. Berjalan merupakan salah satu olahraga efektif yang mudah dilakukan dan aman bagi para ibu hamil.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tong S, et al. (2008). Miscarriage risk for asymptomatic women after a normal first-trimester prenatal visit [Abstract]. DOI: (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18310375)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app