Kesehatan Anak

Porsi Tidur Anak Sesuai Dengan Usianya

Update terakhir: Mar 18, 2019 Waktu baca: 1 menit
Telah dibaca 1.519.253 orang

Porsi Tidur Anak Sesuai Dengan Usianya

Tidur yang cukup adalah salah satu syarat yang penting untuk menjaga kesehatan. Terutama bagi anak-anak, jam tidur tambahan (tidur siang) sangat dibutuhkan.

Selain untuk pertumbuhan, tidur sejenak (atau nap) juga dapat menghindari anak dari kelelahan dan dari kesulitan tidur dimalam hari.  Selama anak tidur, orang tua juga memiliki waktu untuk mengerjakan tugas sehari-harinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Kebutuhan jam tidur memang berbeda untuk setiap orang. Acuan kebutuhan jam tidur juga dapat dibagi sesuai umur, yaitu :

  • Dibawah usia 6 bulan
    Dibutuhkan jam tidur kurang lebih 16 sampai dengan 20 jam sehari. Bayi seumur ini umumnya hanya bangun 2 sampai 3 jam untuk makan. Saat bayi memasuki usia 4 bulan, ritme tidurnya akan lebih stabil.

     
  • 6 sampai 12 bulan
    Bayi usia ini, biasanya tidur siang selama 3 sampai 4 jam, tidur 11 jam dimalam hari dan tidak perlu bangun (dimalam hari) untuk makan.

     
  • Usia 1 sampai 3 tahun
    Balita umumnya butuh tidur 10 sampai 13 jam, termasuk tidur siang 1 sampai 3 jam. Hindari anak tidur sejenak sebelum jam tidur malamnya, karena akan membuatnya sulit tidur.

     
  • Usia 3 sampai 5 tahun
    Balita seumur ini, butuh tidur 10 sampai 12 jam sehari. Biasanya masih membutuhkan tidur siang, namun jika tidak memungkinkan, anak Anda butuh tidur malam lebih awal.

Jika anak kurang tidur, dampaknya, anak akan cepat lelah, kurang konsentrasi bahkan kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya disekolah.

Menciptakan rutinitas tidur anak tidaklah terlalu sulit, jika anak Anda mulai rewel dan menggosok-gosok matanya, segera letakan ditempat tidurnya.  Bagi sebagian anak, musik, cahaya yang redup dan cerita pendek dapat menjadi penghantar tidur yang baik.

Untuk anak usia 3 tahun keatas, tidur siang mungkin menjadi pilihan kedua setelah bermain. Untuk mengatasinya, misalnya, berikan anak Anda buku cerita, agar ia dapat bermain tenang dan tidur dengan sendirinya.

Jangan khawatir jika anak Anda tidur siang, selama jumlah jamnya tidak berlebihan, hal ini tidak akan mengganggu jam tidurnya dimalam hari. Anak yang rajin tidur siang, akan lebih tenang dan nyenyak saat tidur dimalam hari. Anak yang jarang tidur siang dan sangat kelelahan, justru akan sering terbangun dimalam hari.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit