8 Makanan Kaya Vitamin K Yang Harus Anda Konsumsi Selama Kehamilan

Dipublish tanggal: Sep 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Apakah Anda mengikuti diet seimbang selama kehamilan untuk menyingkirkan kekurangan gizi yang mungkin membahayakan si kecil di dalam rahim Anda? 

Pernahkah Anda mendengar tentang pentingnya Vitamin K? Apakah Anda ingin tahu bagaimana cara meningkatkan asupan vitamin K dan mempertahankan kekurangannya?

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

 Nah, jika Anda tidak mengerti dan penasaran, simak terus artikel berikut ini untuk mengetahui betapa pentingnya vitamin k selama kehamilan!

Mengapa Vitamin K penting?

Vitamin K termasuk kelompok senyawa seperti Vitamin K1 dan Vitamin K2. Sayuran hijau berdaun adalah gudang Vitamin K1. Sementara daging, telur, dan keju merupakan sumber yang kaya akan Vitamin K2. 

Vitamin K biasanya tidak diambil dalam bentuk suplemen makanan, tetapi sangat penting untuk fungsi tubuh. 

Selain meningkatkan pembekuan darah dan mencegah pendarahan yang berlebihan, vitamin K ini juga dapat membantu mengobati kondisi seperti osteoporosis, kehilangan tulang yang diinduksi steroid, dan lain-lain.

Kekurangan vitamin K cukup jarang terjadi pada orang dewasa. Namun, individu yang kekurangan gizi parah atau menderita gangguan pencernaan seperti penyakit Crohn dan penyakit celiac cenderung menderita defisiensi ini. 

Asupan obat-obatan tertentu juga dapat mengganggu penyerapan nutrisi penting ini dan dapat menyebabkan kekurangan vitamin K.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Vitamin K selama Kehamilan

Selama kehamilan, sangat penting untuk memenuhi persyaratan gizi untuk memastikan kesehatan ibu yang baik dan pertumbuhan bayi yang baik. 

Oleh karena itu, penting untuk memahami berapa banyak asupan vitamin K yang diperlukan selama kehamilan, dan beberapa cara sederhana untuk mendapatkan vitamin ini lebih banyak melalui diet.

Secara umum, kebutuhan vitamin K tidak meningkat selama kehamilan, dan persyaratannya sama untuk wanita dewasa yang hamil dan yang tidak. 

Tubuh Anda membutuhkan 90 mikrogram vitamin K sehari. Mengkonsumsi terlalu banyak vitamin ini terbukti berbahaya, dan dapat menyebabkan darah menjadi terlalu tipis.

Penting untuk memastikan Anda mendapatkan cukup vitamin K selama kehamilan, terutama saat memasuki trimester ketiga. 

Vitamin K juga membantu proses penyembuhan, yang bisa sangat membantu Anda pasca persalinan dan melahirkan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Selain itu, kekurangan vitamin K dalam kehamilan bisa menjadi berisiko bagi ibu dan bayi, dan dapat menyebabkan perkembangan kolestasis

Kondisi ini sebagian besar memengaruhi wanita pada trimester ketiga kehamilan dan merupakan gangguan hormonal yang diinduksi aliran empedu di kantong empedu. 

Gejala-gejala kolestasis termasuk depresi, kelelahan, kehilangan nafsu makan, urin gelap, gatal-gatal parah, dan lain-lain. Jika Anda menderita kolestasis, meningkatkan asupan vitamin K Anda menjadi prioritas dan kebutuhan mutlak.

Sumber makanan Vitamin K

Dalam kebanyakan kasus, mengikuti diet seimbang selama kehamilan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin K tubuh Anda, dan mungkin juga banyak vitamin dan mineral lainnya. 

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memasukkan lebih banyak makanan yang mengandung vitamin K dalam diet Anda, beberapa di antaranya termasuk:

  • Sayuran berdaun hijau
  • Bayam
  • Kubis
  • Jenis sawi
  • Yogurt
  • Keju
  • Susu
  • Daging

Jangan khawatir, kandungan vitamin K di sebagian besar makanan ini tidak akan berkurang ketika dimasak.

Jika Anda menderita kekurangan vitamin K, segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Juga, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum melakukan perubahan dalam diet kehamilan Anda.


13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Weber P. (2001). Nutrition: Vitamin K and bone health. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11684396)
Vitamin K: Fact sheet for health professionals. (2016). (https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminK-HealthProfessional/)
Southern Living Editors. (n.d.) Taste of the south: Turnip greens. (http://www.southernliving.com/food/kitchen-assistant/turnip-greens-recipes)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app