8 Jenis Vitamin Pencerah Kulit

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Jenis Vitamin Pencerah Kulit

Mengkonsumsi jenis vitamin yang tepat dapat dijadikan sebagai solusi untuk mencerahkan kulit secara alami tanpa menggunakan bahan kimia sama sekali. Ada banyak vitamin yang dapat Anda jumpai melalui berbagai makanan, sayuran, buah-buahan, daging maupun yang lainnya. 

Apabila Anda ingin memiliki kulit yang putih, bersih dan cerah, Anda tidak perlu pergi ke salon kecantikan.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Ada 8 jenis vitamin yang dapat untuk Anda konsumsi agar bisa menciptakan kulit yang bersih, cerah dan segar. Untuk lebih mempermudahkan Anda untuk mendapatkan kulit sesuai dengan yang Anda harapkan, Anda bisa mengkonsumsi 8 jenis vitamin seperti berikut:

Kandungan vitamin D untuk memperbaiki sel kulit yang mengalami kerusakan

Vitamin D memiliki kandungan yang dapat memperbaiki dan meregenerasi bagian sel kulit yang mengalami kerusakan. Vitamin D yang terpenuhi dengan baik bisa terhindarkan dari jerawat, eksim atopik dan psoriasis. Anda bisa mendapatkan vitamin D melalui sinar matahari di pagi hari, maupun melalui makanan dari sereal, susu, ikan tuna dan ikan salmon.

Vitamin E untuk mengatasi segala jenis keluhan pada kulit

Anda bisa mendapatkan vitamin E melalui kacang-kacangan, bayam, maupun minyak zaitun. Melalui vitamin E, kulit akan terhindarkan dari kering, kasar, membuat kulit menjadi lembut, kenyal, menghilangkan bekas luka, mengatasi kulit iritasi dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. 

Selain dari makanan, Anda pun juga bisa mendapatkan vitamin melalui suplemen.

Vitamin B5 untuk mempertahankan kelembaban kulit

B15 memiliki kegunaan untuk mempertahankan kelembaban pada rambut dan kulit. Selain itu, kandungan vitamin B5 pun juga memiliki efek anti-inflasi yang dapat membantu kulit untuk bisa meredakan peradangan kulit yang diakibatkan karena jerawat.

Vitamin A untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak

Vitamin A tidak hanya berguna bagi kesehatan mata saja, akan tetapi, vitamin A juga dapat memelihara sekaligus memperbaiki pada bagian jaringan kulit. Melalui vitamin A, kerutan dan garis halus pada wajah dapat teratasi, vitamin A juga dapat menghaluskan kulit, mengendalikan jerawat dan mengatasi bercak kusam di wajah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Vitamin B6 untuk mengontrol produksi minyak di kulit

Kandungan minyak yang ada di dalam wajah dapat membentuk tumbuhnya jerawat. Untuk itu, Anda membutuhkan vitamin B6 yang dapat mengontrol produksi minyak di kulit dan menghambat adanya pembentukan jerawat. Vitamin B6 bisa Ana temukan pada bawang putih, kubis, bayam, pisang dan kembang kol.

Vitamin B3, untuk memperkuat lapisan kulit bagian luar

Lapisan kulit luar yang kuat dapat memberikan kesan yang bersinar dan lembab pada bagian kulit. Kandungan B3 pun juga bisa meratakan warna pada kulit dan mengecilkan pori-pori. B3 bisa Anda temukan pada biji kopi, chia seeds dan kacang-kacangan.

Vitamin K, untuk mengatasi bintik hitam pada kulit

Selain mengatasi bintik hitam pada kulit, vitamin K juga ampuh untuk menghilangkan bekas luka, mengatasi lingkaran hitam yang ada di bawah mata dan mengatasi stretch mark. Vitamin K bisa Anda dapatkan dari lotion maupun dari makanan dan sayuran sprit sawi, brokoli, bayam dan sayuran lain yang berdaun hijau.

Vitamin C untuk mengatasi infeksi kulit

Vitamin C bisa mengurangi mengatasi infeksi kulit dan yang lainnya. Anda bisa menemukan vitamin C melalui paprika, jeruk, sayuran hijau dan kembang kol.

Tubuh memang membutuhkan asupan vitamin yang berguna untuk tubuh. Oleh karena itu, Anda harus mengkonsumsi ke 8 jenis vitamin di atas untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Albakry, Nur & Amiyati, Yusrabbil & Aldrin, Zafarizal. (2018). The Mechanism and Potential of Palm Vitamin E as a Skin-lightening Agent.. 68. 9-13.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/331920990_The_Mechanism_and_Potential_of_Palm_Vitamin_E_as_a_Skin-lightening_Agent)
The 15 Best Vitamins & Nutrients for Healthy Skin. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/nutrients-for-healthy-skin#1)
The 4 Best Vitamins for Your Skin. Healthline. (https://www.healthline.com/health/4-best-vitamins-for-skin)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app