8 Hal yang Perlu Dihindari Saat Jogging

Dipublish tanggal: Jul 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
8 Hal yang Perlu Dihindari Saat Jogging

Jogging atau berlari merupakan olahraga yang paling banyak disukai orang. Hal ini karena selain mudah dilakukan, olahraga ini juga tidak membuat Anda mengeluarkan biaya yang mahal dan memiliki beragam manfaat. 

Sayangnya terdapat beberapa hal yang dapat mengurangi manfaat jogging. Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya Anda hindari ketika berolahraga lari:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Memakai sepatu yang kurang nyaman

Memakai sepatu yang kurang nyaman saat jogging menyebabkan kaki pada bagian pergelangan kaki mudah mengalami cedera. Cedera tersebut bisa berupa keseleo atau kaki cepat merasa lelah. 

Sebaiknya gunakan sepatu khusus lari atau jika Anda tidak memilikinya Anda dapat menggunakan sepatu yang membuat Anda nyaman untuk berlari. Sepatu yang nyaman untuk berlari biasanya memiliki bantalan kaki yang empuk dan sol yang fleksibel.

Track terlalu jauh atau berlari terlalu cepat

Beberapa orang yang masih awam tentang olahraga lari biasanya berpikiran bahwa berlari dengan track yang jauh atau berlari dengan cepat akan lebih baik hasilnya. Akibat hal tersebut seringnya mereka terlalu semangat untuk berlari. 

Hal tersebut memberikan dampak yang cukup fatal seperti shin splints (jaringan tulang lunak yang biasanya berada di tulang kering atau belakang lutut terasa nyeri) dan sindrom ITB (peradangan ligamen yang terdapat di bagian paha).

Langkah kaki terlalu lebar

Selain hal-hal di atas, terkadang orang berpikir dengan melangkahkan kaki lebih lebar maka mereka dapat lebih cepat, lebih jauh dan lebih efisien dalam olahraga lari. Namun hal tersebut justru beresiko. 

Langkah kaki yang terlalu lebar menyebabkan posisi kaki salah saat menapak tanah. Kurang tepat dan nyaman posisi kaki saat menapak tanah menyebabkan terjadinya shin splints. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sebaiknya sesuaikan lebar langkah kaki yang nyaman saat Anda berlari. Dengan begitu Anda akan merasa nyaman saat berolahraga lari dan melalui track lari sesuai dengan yang Anda harapkan.

Posisi tangan kurang tepat

Terkadang orang berlari tanpa memperhatikan posisi tangan yang tepat. Posisi tangan mengayun di sisi kiri atau kanan menyebabkan posisi badan membungkuk dan kurang efektif dalam mengambil nafas. 

Sementara menekuk tangan dan mengarah ke dada saat merasa lelah juga kurang efektif. Hal ini karena membuat leher dan bahu menjadi tegang. 

Posisi tangan yang tepat saat berlari adalah dengan sedikit menekuk lengan dan tidak mengepalkan jari-jari tangan. Dengan begitu aliran darah berjalan pada tangan akan berjalan dengan lancar.

Tidak membawa minum cukup

Dengan berolahraga lari bukan berarti Anda melupakan untuk minum cukup. Banyak orang yang tidak cukup minum saat berolahraga lari dan mengalami dehidrasi akibat banyak cairan yang keluar melalui keringat. 

Akibat dari dehidrasi adalah berkurangnya performa saat berolahraga lari dan juga berpengaruh pada kesehatan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sebaiknya sediakan botol minum ketika Anda berolahraga lari. Anda dapat membawanya dengan tangan saat berlari atau meletakkannya di dalam tas kecil yang biasa Anda bawa kemana-mana.

Menggunakan pakaian yang kurang tepat

Beberapa orang biasanya menggunakan pakaian yang kurang tepat saat berlari. Terkadang terlalu tebal atau terlalu tipis. Sebaiknya pakaian yang digunakan disesuaikan dengan suhu saat akan berolahraga lari. 

Jika suhu saat itu dingin sebaiknya gunakan pakaian yang tebal. Sedangkan jika suhu cukup panas, Anda dapat menggunakan pakaian yang sedikit terbuka atau menyerap keringat. 

Menggunakan pakaian yang kurang tepat selain membuat jogging kurang nyaman juga dapat menyebabkan penyakit.

Nutrisi yang tidak tepat

Makanan yang Anda makan sebelum dan sesudah lari memiliki manfaat yang cukup penting bagi tubuh Anda. Namun banyak orang yang meremehkan hal ini. 

Nutrisi yang tepat dan Anda konsumsi sebelum lari dapat mempengaruhi performa Anda saat berlari. Begitu pula dengan nutrisi setelah berolahraga lari. 

Nutrisi yang tepat setelah jogging dapat membantu pemulihan tenaga dan juga memaksimalkan manfaat dari olahraga lari itu sendiri. Oleh karena itu persiapkan makanan yang tepat untuk sebelum dan setelah jogging. 

Track jogging yang itu-itu saja

Olahraga lari merupakan kegiatan yang mudah membuat Anda bosan. Oleh sebab itu agar Anda tetap termotivasi untuk berolahraga secara rutin sebaiknya Anda berganti-ganti jogging track jika sudah bosan. 

Selain merasa bosan, track yang sama dapat menyebabkan Anda mengalami under-worked out. Hal ini karena Anda sudah terbiasa dengan lintasan lari tersebut.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Is Jogging Healthy for the Heart, or Harmful to It?. WebMD. (https://www.webmd.com/heart/news/20000913/is-jogging-healthy-for-heart-harmful-to)
Jogging May Be the Best Workout for Weight Loss. Healthline. (https://www.healthline.com/health-news/the-5-best-ways-to-workout-for-weightloss)
Expert Tips for Reducing Running Injuries MedNews. Drugs.com. (https://www.drugs.com/news/expert-tips-reducing-running-injuries-81652.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app