8 Jenis Olahraga Lari Serta Manfaatnya untuk Tubuh

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Jenis Olahraga Lari Serta Manfaatnya untuk Tubuh

Selama ini orang menganggap bila olahraga lari adalah olahraga yang paling mudah dan simpel. Anda hanya perlu sepatu berlari dan langsung saja berlari. Padahal olahraga lari punya banyak cabang dan memberikan manfaat yang berbeda-beda untuk tubuh dan kesehatan. 

Berikut ini 8 jenis cabang olahraga lari yang paling populer yang perlu Anda tahu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Recovery run

Recovery run atau lari pemulihan adalah salah satu jenis lari dengan kecepatan rendah dan jarak pendek. Olahraga lari ini biasa digunakan sebagai salah satu latihan yang dilakukan setelah latihan fisik yang intesnsif. lari pemulihan memungkinkan tubuh untuk pulih dari rasa lelah setelah berlari jangka panjang. 

Sehingga Anda bisa berlari dengan intensitas sepelan yang diperlukan.

Lari dasar

Jenis lari dasar tidak memerlukan jarak yang jauh, sehingga Anda bisa memilih rute yang sedang dengan kecepatan yang dirasa nyaman. Lari jenis ini bisa dikateggorikan sebagai latihan daya tahan dan bukan jenis lari tantangan. 

Anda bisa menambahkan lari dalam rutinitas Anda sebagai bagian untuk meningkatkan performa lari.

Lari jangka panjang

Seperti namanya, long run atau lari jangka panjang membutuhkan waktu yang lama, bahkan cukup lama dan membuat Anda merasa lelah Lari jenis ini biasa digunakan untuk meningkatkan performa dan daya tahan Anda. 

Jarak lari yang digunakan untuk lari jangka panjang bisa bervariasi tergantung dengan kondisi Anda dan bisa meningkat sesuai dengan ketahanan Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Lari progresif

Lari progresif atau progression run adalah salah satu jenis lari dimana Anda memulainya dengan kecepatan yang dirasa nyaman kemudian kecepatannya meningkat lebih tinggi. 

Lari jenis ini lebih susah dari pada lari dasar dan memang dirancang untuk melihat sejauh mana batas kemampuan Anda.

Hill repeats

Seperti namanya, hill repeats run adalah berlari diatas bukit secepat yang Anda bisa, kemudian lari turun bukit, dan ulangi prosesnya beberapa kali. Pengulangan pada lari ini bisa bervariasi tergantung dengan kekuatan dan pengalaman Anda. 

Hill repeats ini juga tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Hanya mereka yang sudah terbiasa melakukan olahraga lari boleh melakukan hill repeats.

Fartlek

Lari fartlek adalah gabungan dari lari dasar yang jarak dan kecepatannya bervariasi. Lari jenis ini sangat cocok untuk melatih tubuh ketika Anda sudah mulai lelah saat berari dengan kecepatan tinggi.

Lari interval

Jenis lari ini mengkombinasikan lari cepat dan lari lambat serta menggabungkan kedua jenis lari tersebut dengan lari pemulihan. Lari interval bisa menjadi lari lama atau singkat tergantung dengan keinginan Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jenis lari ini bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan dan juga performa lari.

Lari bertempo

Dalam tempo run atau lari bertempo, Anda harus berlari secepat mungkin dalam tempo waktu tertentu. Untuk pelari profesional, tempo waktu yang digunakan adalah 1 jam dan bagi pemula adalah 20 menit. 

Jenis lari ini memungkinkan Anda untuk meningkakan kecepatan lari serta menjaga kecepatan dalam jarak waktu tertentu.  

Bila Anda ingin menjadi pelari yang baik dan tidak hanya sekedar berlari, Anda perlu melatih diri dengan berbagai jenis lari di atas, alih-alih hanya fokus pada satu jenis lari saja. 

Beberapa jenis lari bisa saja melelahkan dan menguras tenaga Anda, namun semua jenis lari mempunyai peran yang penting untuk performa lari Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Proper Running Form: Tips and Techniques to Run Better. Healthline. (https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/proper-running-form)
Running Everyday: Benefits, Risks, Creating a Routine, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/running-everyday)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app