Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Olahraga dan Kebugaran

Jenis Olahraga Untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Update terakhir: NOV 17, 2019 Tinjau pada NOV 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 997.331 orang

Jenis Olahraga Untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Olahraga, tentunya merupakan hal yang tidak asing lagi untuk didengar. Ya di jaman sekarang ini, pakar-pakar kesehatan dan kecantikan makin menggencarkan olahraga sebagai cara yang alami dan original dalam mendapatkan tubuh yang sehat, kulit yang cantik serta jiwa yang sehat.  

Selain itu olahraga juga dapat berfungsi untuk memperbaiki postur tubuh si peserta olahraga. Ya, karena perkembangan jaman digital yang banyak membuat orang lebih malas untuk bergerak, maka banyak dari manusia jaman sekarang yang memiliki postur tubuh yang kurang ideal. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Untuk mengembalikan postur tubuh mereka, ada beberapa gerakan dan jenis olahraga yang dapat dilakukan. Yuk simak artikel dibawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Jenis-jenis gerakan Olahraga yang mampu memperbaiki postur tubuh seseorang

Tanpa kamu sadari, kegiatan yang sehari-hari dilakukan, seperti berjalan sambil melihat ponsel atau duduk berjam-jam di depan laptop, dapat menyebabkan postur tubuh memburuk. Berikut ialah beberapa jenis olahraga yang efektif dan dapat kamu lakukan untuk memperbaiki postur tubuhmu.

Gerakan Plank

Gerakan satu ini merupakan olahraga yang tidak memerlukan perpindahan tubuh. Jadi kamu tidak perlu ke mana-mana, cukup dengan menahan seluruh badanmu menggunakan bagian kedua tangan hingga siku, serta kaki dengan posisi yang lurus. 

Posisi tubuh yang benar dan lurus seperti ini akan membuat otot-otot kuat dan tulang-tulang dalam tubuh bagian belakang berada pada posisi normal. Lakukanlah gerakan ini 30 detik setiap harinya untuk hasil yang lebih maksimal. Kamupun dapat menambah intestitas gerakan ini bila tubuhmu sudah terbiasa.

Gerakan Bersepeda

Gerakan olahraga ini ialah gerakan yang mirip dengan bagaimana kamu sedang mengayuh sepeda di udara. Kamu bisa memulainya dengan berbaring telentang, kemudian tekuk lutut dan pastikan seluruh punggung hingga bokong kamu menempel dengan lantai. 

Taruh kedua tangan di belakang kepala. Kemudian, tarik salah satu kaki ke dada dan ulurkan kaki lainnya lurus ke depan sehingga kaki membentuk sudut 45 derajat dengan lantai. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Tahan perut mu ke dalam dan jaga badan mu agar tetap menempel pada lantai. Lalu, ganti gerakan dengan satu kaki lainnya. Terus kayuh beberapa kali bergantian kaki. Usahakan badan bagian atas jangan beranjak dari lantai.  Lakukanlah setiap hari untuk mendapatkan postur tubuh yang lebih baik.

Gerakan Pillates Roll Up

Berbaring telentang dengan bagian punggung menghadap ke lantai  kemudian lutut ditekuk, telapak kaki menapak dengan baik di lantai. Angkat lengan dekat dengan lutut, kemudian angkat kepala sedikit demi sedikit mendekati lutut, sampai bagian punggung terangkat dari lantai sampai kamu duduk dengan perut yang masih ditahan. Ulangi kembali gerakan tersebut sesuai kemampuan. Gerakan ini dipercaya dapat memperkuat bagian perut.

Gerakan Cobra Pose

Ini merupakan salah satu gerakan yang banyak dilakukan dalam olahraga yoga. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan membaringkan badan dengan posisi telungkup. 

Telapak tangan di samping badan dekat dengan tulang rusuk kamu. Kemudian, angkat kepala dan dada kamu ke atas, sampai terasa otot perut dan tulang belakang tertarik. Jaga tulang pinggul tetap menempel di lantai. Gerakan ini dapat membantu memperbaiki postur tulang belakangmu.

Gerakan Cross Over Crunch

Gerakan ini dapat dipraktekan dengan cara berbaring telentang dengan lutut ditekuk mendekati dada. Pastikan seluruh badan bagian belakang menempel lantai, tarik perut ke dalam, dan taruh kedua tangan di belakang kepala. 

Gerakan kaki seperti mengayuh sepeda (seperti gerakan bicycle maneuver di atas), sementara gerakan kepala dan bahu ke depan menyilang mendekati lutut yang ditekuk. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Gerakan kaki dan angkat kepala secara bergantian. Lakukan gerakan ini berulang untuk memperbaiki tulang punggung dan pinggang bagian belakang.

Gerakan Straight Leg Raise

Saat melakukan latihan straight leg raise, berbaringlah dalam posisi telentang dengan kaki kiri ditekuk dan telapaknya menempel dengan sempurna pada lantai. Angkat kaki kanan setinggi 15 cm sambil menjaganya agar tetap lurus, lalu tahan posisi ini selama beberapa detik, kemudian turunkan kaki. 

Lakukan latihan ini 10-15 kali, kemudian ganti posisi kaki dan ulangi gerakan dengan jumlah yang sama. Gerakan ini dipercaya mampu memperbaiki postur tulang kakimu.

Setelah membaca artikel diatas, silahkan kamu segera mencoba gerakan-gerakan tersebut yang dipercaya mampu memperbaiki postur tubuhmu. Good Luck Guys. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini