8 Fase Kehamilan yang Harus Dihadapi Calon Ibu

Berikut 8 fase kehamilan yang harus dihadapi banyak ibu hamil. Namun jangan kecewa dahulu, setidaknya Anda akan mendapatkan si mungil pada akhir fase.
Dipublish tanggal: Jul 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
8 Fase Kehamilan yang Harus Dihadapi Calon Ibu

Semua orang mengatakannya dan benar saja bahwa menjadi hamil adalah seperti dalam permainan roller coaster emosi, kalau memang ada permainan seperti ini. 

Satu menit Anda merasa di atas atas awan, menit berikutnya seakan ingin menangis dan kecewa terhadap hidup ini. Kehamilan bukanlah waktu bagi wanita untuk berpikir rasional. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Rasanya ibu hamil berada di kondisi emosi dan fisik yang berbeda setiap hari. Anda tidaklah sendiri! Berikut 8 fase kehamilan yang harus dihadapi banyak ibu hamil. Namun jangan kecewa dahulu, setidaknya Anda akan mendapatkan si mungil pada akhir fase. 

Fase pertama: semangat menggebu

YES! Saya hamil. Ini mungkin pikiran Anda ketika pertama kali melihat dua garis pada tespek atau ketikan dokter menyatakan bahwa bayi sudah bersarang pada rahim. Pada fase ini morning sickness belum menendang dan Anda masih merasa menjadi diri sendiri. 

Pada fase pertama, calon ibu akan sangat bersemangat dan memenuhi pikiran dengan berbagai visi untuk calon bayi dan ingin menjalani kehamilan seperti yang selama ini Anda bayangkan. 

Fase kedua: rasa gugup

Dengan cepat menyambung kondisi fase pertama adalah rasa gugup terhadap kehamilan. Jika ini adalah kehamilan pertama Anda, banyak hal yang belum diketahui, apa yang boleh dimakan atau diminum. Apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh. Apa yang mitos dan fakta. 

Bagaimana hal terbaik untuk menjalani kehamilan demi kebaikan ibu dan anak. 

Fase ketiga: mual, muntah, dan pusing

Apakan ini mimpi? Apakah morning sickness bisa membunuh. Anda mungkin mulai mencari tahu seberapa umumkah gejala hamil ini, apakah normal. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Rencana awal untuk selalu sehat, konsumsi banyak sayur dan buah, olah raga teratur mungkin akan terlupa ketika mual-mual, pusing, muntah dan kelelahan mulai menyerang. 

Anda yang sebelum hamil tidak suka dengan jahe atau peppermint mungkin akan kaget dengan betapa sangat membantunya tumbuhan peringan mual tersebut. 

Fase keempat: kurang tidur

Hal yang paling membuat bahagia Anda saat ini adalah dapat tidur dengan tenang tanpa harus bangun karena mual atau pusing. 

Hanya dengan dapat tidur nyenyak selama 10 menit sudah cukup membuat ibu hamil merasa bahagia. 

Fase kelima: gejolak emosi

Tissue dan air mata. Tidak paham mengapa Anda tiba-tiba sedih kemudian dengan segera kembali bahagia? Jangan khawatir, ini bukanlah gejala depresi mood swing atau gejolak emosi lah yang menjadi penyebabnya. 

Jangan heran jika ibu hamil menjadi lebih mudah terharu atau marah, hal yang disebabkan karena perubahan hormon. Jangan khawatir ini tidak akan menjadi karakter Anda, ketika bayi dilahirkan makan hormon akan kembali seperti semula. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Fase keenam: energi kembali normal

Apa yang terjadi? Mengapa Anda merasa energi kembali normal seperti semula? Banyak ibu hamil merasa rasa lelah banyak berkurang dan kembali menjadi diri sendiri lagi ketika memasuki trimester kedua. 

Anda dapat kembali menjalani aktivitas harian, bahkan ibu hamil yang bekerja

Fase ketujuh: waktunya bersinar

Jika Anda sering mendengar kalimat bahwa ibu hamil terlihat lebih bersinar, ini lah saatnya. Pada fase ketujuh, kebanyakan ibu hamil akan memiliki kulit dan rambut yang terlihat lebih menawan. 

Pada trimester kedua, ibu hamil akan merasa lebih jauh lebih baik. Energi yang kembali seperti semula dan kondisi tubuh yang lebih baik dalam menangani bayi dalam kandungan membuat Anda bisa melakukan lebih banyak hal daripada trimester pertama. 

Fase kedelapan: kembali tidak nyaman

Pada saat memasuki trimester ketiga, bayi mulai tumbuh dan perut akan mulai makin membesar. Pada beberapa ibu hamil, nyeri punggung bawah, sulit bernapas, muncul garis halus (stretch mark), payudara yang membesar, sering buang air kecil akan menimbulkan rasa tidak nyaman. 

Pada fase akhir kehamilan, banyak ibu hamil yang sudah sulit duduk lama bahkan sulit mendapatkan posisi tidur yang nyaman, bengkak pada kaki juga membuat Anda sulit berjalan dengan nyaman. 

Tidak semua ibu hamil mengalami seluruh fase diatas, jangan khawatir karena tidak ada yang salah dengan kehamilan maupun bayi. Pastikan Anda rutin konsultasi kondisi kehamilan pada dokter kandungan dan menerapkan pola hidup sehat

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pregnancy Development Stages - Stages of Pregnancy Development. Parents. (https://www.parents.com/pregnancy/stages/)
What to expect in pregnancy: Early signs, stages, healthcare, and tips. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/38302)
Long-Term Effects of Pregnancy Complications on Maternal Health: A Review. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5575578/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app