7 Minggu Kehamilan: Gejala, Tips, dan Apa Saja Yang Perlu Diketahui

Dipublish tanggal: Jul 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
7 Minggu Kehamilan: Gejala, Tips, dan Apa Saja Yang Perlu Diketahui

Minggu 7 kehamilan adalah periode perubahan penting bagi Anda dan bayi Anda. Meskipun tidak banyak yang terlihat dari luar, bagian dalam tubuh Anda sedang mempersiapkan perubahan besar untuk mengasuh anak Anda selama beberapa bulan ke depan.

Perubahan Dalam Tubuh Anda

Anda mungkin juga mengalami penurunan berat badan karena rasa mual yang selalu dialami. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Selain itu, bra Anda mungkin terasa sedikit kencang karena pembengkakan pada payudaran dan celana yang mungkin terasa sedikit tidak nyaman karena gejala kembung.

Kondisi Bayi Pada Tahapan Ini

Bayi Anda sekitar 1/4 inci panjang minggu ini dan masih dianggap sebagai embrio. Ekornya semakin kecil dan akan segera menghilang.

Selama minggu ini, kepala dan wajah bayi Anda berkembang. Lubang hidung muncul dan lensa mata mulai terbentuk. Tangan dan kaki juga bertunas, meskipun pada tahap ini mereka lebih terlihat seperti dayung kecil daripada bentuk tangan dan kaki.

Gejala hamil 7 minggu

Saat bayi terus tumbuh, Anda kemungkinan akan mulai mengalami gejala awal kehamilan, seperti berikut ini:

Keengganan dan mual pada makanan

Jika makanan favorit Anda tampak menjijikkan dan Anda mendambakan makanan-makanan aneh yang sebelumnya Anda benci, janganlah putus asa. Hal ini merupakan salah satu gejala yang berhubungan dengan kehamilan. Bau yang tidak pernah mengganggu Anda sebelumnya mungkin tiba-tiba membuat Anda mual.

Mual, keengganan makanan, dan mengidam bisa berlangsung sepanjang kehamilan, tetapi kebanyakan wanita mulai merasa lebih baik setelah trimester pertama. Cobalah untuk mengidentifikasi makanan dan bau mana yang memicu gejala, dan menghindarinya.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Vitamin prenatal juga dapat membantu melengkapi kesenjangan antara diet terbatas Anda saat ini. Jika gejala Anda ekstrem dan Anda tidak dapat mengkonsumis makanan atau cairan apa pun selama lebih dari 24 jam, hubungi dokter Anda.

Kelebihan air liur

Air liur berlebihan dan kebutuhan untuk meludah adalah gejala menjengkelkan yang mungkin Anda alami minggu ini. Meskipun tidak ada yang tahu persis apa yang menyebabkan ini, faktor hormon kemungkinan dicurigai.

Penting juga untuk minum banyak air. Meskipun Anda mungkin merasa mulut Anda kelebihan cairan dari semua air liur, air sebenarnya dapat membantu mengurangi produksi air liur.

Kelelahan 

Kelelahan umum terjadi pada trimester pertama dan ketiga. Cobalah tidur lebih awal. 

Cara lain untuk meningkatkan energi Anda adalah dengan berolahraga. Jika Anda sering berolahraga sebelum hamil, Anda biasanya dapat melanjutkan berolahraga sepanjang trimester pertama dengan sedikit perubahan.

Periksa dengan dokter Anda sebelum memulai rutinitas kebugaran baru, atau jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang olahraga yang aman selama kehamilan

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Hal yang dapat Anda lakukan minggu ini untuk kehamilan yang sehat

Kehamilan Anda masih sangat baru, tetapi belum terlalu dini untuk mulai merencanakan dan mempraktikkan kebiasaan sehat. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda mulai selama minggu ke 7.

Jadwalkan kunjungan pranatal Anda

Anda harus menjadwalkan perjanjian perawatan pranatal pertama Anda jika Anda belum melakukannya.Selama kunjungan, dokter atau bidan Anda akan meninjau riwayat kesehatan Anda, menentukan perkiraan tanggal kelahiran, mengidentifikasi risiko kehamilan, dan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan panggul dengan Pap smear.

Tidak hanya itu, pemeriksaan berat badan, tekanan darah, tes urine dan darah juga dapat dilakukan untuk memastikan kondisi Anda sehat saat kehamilan.

Mulai latihan pranatal

Jika Anda merasa sanggup melakukannya, mulailah program latihan pranatal. American College of Obstetricians dan Gynaecologists menyarankan berolahraga 30 menit sehari untuk mendukung kehamilan yang sehat. Yoga, berjalan, dan berenang adalah pilihan bagus.

Dapatkan persetujuan dokter Anda sebelum berlari, mengangkat beban berat, atau melakukan program latihan kardio yang intens.

Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan, seperti berat badan lahir rendah dan persalinan prematur. Ini juga dapat menyebabkan masalah dengan bayi setelah lahir. 

Perhatian

Keguguran dan kehamilan ektopik adalah komplikasi yang mungkin terjadi pada trimester pertama. Penting bagi Anda untuk mengenali gejalanya sejak dini.

Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terbentuk di luar rahim, sering di salah satu saluran tuba. Kondisi ini adalah keadaan darurat yang mengancam jiwa bagi sang ibu. Anda mungkin memiliki gejala awal kehamilan normal tanpa menyadari bahwa embrio berkembang di luar rahim.

Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang hamil dan mengalami salah satu gejala berikut:

Keguguran

Keguguran menyebabkan bayi meninggal selama kehamilan. Sebagian besar keguguran terjadi pada 12 minggu pertama, atau trimester pertama kehamilan. 

Keguguran disebabkan oleh masalah dengan gen bayi, masalah leher rahim atau uterus, masalah hormon, atau infeksi. Dalam banyak kasus, tidak ada alasan yang jelas untuk keguguran. Hubungi dokter Anda jika tanda-tanda peringatan ini terjadi:

  • perdarahan atau bercak
  • keluarnya jaringan melalui vagina
  • cairan vagina berwarna merah muda
  • sakit perut pada panggul atau kram
  • pusing
  • pingsan

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app