7 Manfaat Air Mentimun: Tetap Terhidrasi dan Sehat

Dipublish tanggal: Jul 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
7 Manfaat Air Mentimun: Tetap Terhidrasi dan Sehat

Semakin banyak orang menikmati air mentimun yang merupakan minuman sehat dan menyegarkan ini di rumah. Berikut adalah tujuh keuntungan air mentimun bermanfaat bagi tubuh kita.

1. Membuat Anda tetap terhidrasi

Tubuh Anda tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa air. Kebanyakan orang harus berusaha minum enam hingga delapan gelas air per hari, menurut beberapa studi penelitian. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Terkadang air putih biasa terasa membosankan dan banyak orang yang mengalami kesulitan untuk minum air putih sepanjang hari. Menambahkan mentimun dapat memberikan rasa ekstra serta mendorong Anda untuk minum lebih banyak.

2. Membantu dengan penurunan berat badan

Jika Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, mengganti soda manis, minuman olahraga, dan jus dengan air mentimun dapat membantu Anda mengurangi kalori dari diet Anda sehari-harinya. 

Dengan selalu terhidrasi juga dapat membantu Anda merasa lebih kenyang. Terkadang tubuh bingung antara rasa lapar dan rasa haus. Bagaimana Anda tahu bedanya? Jangkau segelas tinggi air mentimun terlebih dahulu. Jika rasa lapar Anda hilang setelah menghabiskan minuman, berarti menandai tanda haus. Jika Anda masih lapar, maka menandai tanda lapar.

3. Memberi antioksidan

Antioksidan adalah zat yang membantu mencegah dan menunda kerusakan sel akibat stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Stres oksidatif dapat menyebabkan kondisi kronis seperti:

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat membalikkan atau menghentikan kerusakan ini. Inilah sebabnya mengapa Anda harus masing-masing buah dan sayuran tinggi antioksidan. Mentimun termasuk dalam kategori ini. Mereka kaya akan:

4. Dapat membantu mencegah kanker

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa mentimun dapat membantu dalam memerangi kanker. Bersamaan dengan antioksidan, mentimun juga memiliki senyawa yang disebut cucurbitacins dan sekelompok nutrisi yang disebut lignan, yang mungkin memiliki peran dalam melindungi kita dari kanker. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Satu studi dalam Journal of Cancer Research menyarankan bahwa diet flavonoid diet, yang ditemukan pada mentimun, dapat membantu memperlambat perkembangan kanker prostat.

5. Menurunkan tekanan darah 

Salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah terlalu banyak garam (natrium) dan terlalu sedikit kalium dalam makanan Anda. Garam yang berlebihan menyebabkan tubuh menahan cairan, yang meningkatkan tekanan darah. Kalium adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium yang ditahan oleh ginjal.

Mentimun adalah sumber potasium yang baik. Minum air mentimun dapat membantu tubuh mendapatkan lebih banyak potasium, berpotensi membantu menurunkan tekanan darah Anda.

6. Mendukung kulit yang sehat

Air mentimun dapat membantu menenangkan kulit Anda dari dalam ke luar. Tetap terhidrasi membantu tubuh membuang racun dan mempertahankan kulit yang sehat. 

Selain itu, ketimun juga tinggi asam pantotenat atau vitamin B-5, yang telah digunakan untuk mengobati jerawat. Satu cangkir mentimun iris memiliki sekitar 5 persen dari nilai vitamin B-5 harian yang direkomendasikan.

7. Membantu meningkatkan kesehatan tulang

Ketimun kaya akan vitamin K. Faktanya, satu cangkir mentimun yang diiris memiliki sekitar 19 persen dari nilai harian yang disarankan. 

Tubuh Anda membutuhkan vitamin K untuk membantu membentuk protein yang dibutuhkan untuk membuat tulang dan jaringan yang sehat serta untuk membantu pembekuan darah Anda dengan baik.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app