HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Makanan dan Diet Sehat

6 Manfaat Sayur Pare yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Dipublish tanggal: Jul 20, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Manfaat Sayur Pare yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Sayur pare atau yang juga dikenal sebagai labu pahit atau Momordica charantia - adalah tanaman tropis yang termasuk ke dalam keluarga labu dan terkait erat dengan zucchini, squash, labu, dan mentimun.

Tanaman pare dibudidayakan di seluruh dunia untuk buahnya yang dapat dimakan, yang dianggap sebagai salah satu sayuran pokok dalam banyak jenis masakan Asia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Dapatkan Onkologi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 19

Selain rasa yang tajam dan penampilan yang berbeda, sayur pare dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Berikut adalah 6 manfaat sayur pare.

Mengandung Beberapa Nutrisi Penting

pare merupakan sumber nutrisi penting.

Satu cup pare (94 gram) mengandung:

  • Kalori: 20 kcal
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 93% dari Reference Daily Intake (RDI)
  • Vitamin A: 44% dari RDI
  • Folat: 17% dari RDI
  • Kalium: 8% dari RDI
  • Seng: 5% dari RDI
  • Besi: 4% dari RDI

Sayur pare sangat kaya akan vitamin C, dan mengandung berbagai mikronutrien penting yang dapat mencegah penyakit, pembentukan tulang, dan penyembuhan luka.

Sayur pare juga kaya akan vitamin A, vitamin yang larut dalam lemak yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan. Selain itu, sayur ini juga mengandung asam folat, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta jumlah kalium, seng, dan zat besi.

Pare adalah sumber katekin, asam galat, epicatechin, dan asam klorogenat yang baik, senyawa antioksidan yang sangat kuat yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Dapatkan Onkologi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 19

Dapat Membantu Mengurangi Gula Darah

Tanaman pare telah lama digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia untuk membantu mengobati kondisi terkait diabetes. Terlebih lagi, suplemen ini secara signifikan dapat menurunkan kadar fruktosamin, penanda lain dari kontrol gula darah jangka panjang.

Pare diduga dapat meningkatkan penggunaan glukosa di dalam jaringan dan mempromosikan sekresi insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah.

Namun, penelitian pada manusia masih terbatas. Penelitian yang berkualitas masih diperlukan untuk memahami bagaimana pare dapat mempengaruhi kadar gula darah pada tubuh manusia.

Memiliki Sifat Melawan Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa pare mengandung senyawa tertentu dengan sifat melawan kanker. Sebagai contoh, satu penelitian menunjukkan bahwa ekstrak pare efektif untuk membunuh sel-sel kanker lambung, usus, paru-paru, dan nasofaring - daerah yang terletak di belakang hidung di belakang tenggorokan Anda

Perlu diingat bahwa penelitian ini dilakukan dengan menggunakan ekstrak pare dalam jumlah tertentu pada setiap sel di laboratorium. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana pare dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker pada manusia ketika dikonsumsi dalam jumlah normal yang ditemukan dalam makanan.

Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak menumpuk di pembuluh darah arteri Anda, yang dapat memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Dapatkan Obat Diabetes Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 36

Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Pare merupakan salah satu makanan yang bagus dikonsumsi untuk diet penurunan berat badan, karena rendah kalori namun tinggi serat. Sayuran ini mengandung sekitar 2 gram serat dalam tiap satu cupnya (94 gram).

Serat dapat melewati saluran pencernaan Anda dengan sangat lambat, sehingga dapat membantu membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar dan nafsu makan. 

Oleh karena itu, mengganti makanan berkalori lebih tinggi dengan pare dapat membantu meningkatkan asupan serat dan mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan.

Serbaguna dan Lezat

pare memiliki rasa tajam yang cocok disajikan dalam banyak hidangan. Untuk menyiapkannya, mulailah dengan mencuci buah dan memotongnya memanjang. Kemudian gunakan alat untuk mengambil biji dari bagian tengah, dan potong buah menjadi irisan tipis. 

Pare dapat dinikmati dengan dimasak menggunakan berbagai resep. Sayur pare dapat dimasak dengan cara digoreng, dikukus, dipanggang, atau bahkan dilubangi dan diisi dengan isian pilihan Anda.

Potensi Efek Samping

Ketika dinikmati dalam jumlah sedang, pare bisa menjadi makanan yang sehat dan bergizi untuk Anda. Namun, mengkonsumsi pare dalam jumlah besar atau mengonsumsi suplemen pare dapat dikaitkan dengan beberapa efek samping. 

Secara khusus, konsumsi pare berlebihan dapat menyebabkan diare, muntah, dan sakit perut. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih jenis dan jumlah makanan.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bitter melon and diabetes: Effects, as therapy, in the diet. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317724.php)
6 Benefits of Bitter Melon (Bitter Gourd) and Its Extract. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/bitter-melon)
Bitter Melon: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-795/bitter-melon)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app