6 Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Sarapan

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
6 Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Sarapan

Sarapan cukup penting bagi tubuh kita, selain memberikan energi tambahan untuk beraktivitas seharian, sarapan juga sumber makanan yang baik untuk memberikan tubuh sejumlah nutrisi penting, misalnya kalsium, zat besi, vitamin B, serta protein dan serat. Jadi, dengan sarapan tiap pagi, proses metabolisme tubuh dalam seharian penuh.

Apa saja makanan yang cocok untuk sarapan?

Telur

Telur mengandung 13 nutrisi yang penting untuk tubuh, kandungan proteinnya termasuk tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan dengan protein tinggi dapat mencegah timbulnya keinginan untuk ngemil tidak sehat dalam sehari. Selain itu, konsumsi protein setidaknya 8-10 gram hingga 20-25 gram dapat menjaga massa otot yang baik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Ditambah lagi, kuning telur yang memiliki kandungan kaya akan vitamin B kolin, yang berguna untuk daya ingat yang tinggi.  Alpukat juga kaya akan lutein dan zeaxanthin yang dapat meningkatkan kesehatan mata.

Kopi

Berbahagialah jika anda adalah salah satu pecinta kopi. Walaupun cukup banyak kopi yang memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan, namun tidak ada salahnya dengan menikmati segelas kopi hangat untuk mengawali pagimu. 

Kandungannya yang kaya akan antioksidan, bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat meningkatkan keterampilan kognitif. Ngopi di pagi hari ternyata dapat menangkal peluang kanker, dan mencegah terjadinya  diabetes tipe 2.

Teh

Bagi beberapa orang yang tidak menyukai rasa pahit kopi, namun tetap membutuhkan asupan  kafein, teh bisa menjadi pilihan alternatif yang baik untuk sarapan Anda. Sama halnya dengan kopi, teh juga tinggi akan kandungan antioksidan, yang biasa disebut flavonoid.  

Flavonoid ini mampu meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh dan efektif sebagai obat anti-radang. Kandungan L-theanine yang cukup tinggi mampu meningkatkan kewaspadaan dan membantu meningkatkan fokus anda di pagi hari.

Pisang

Buah serbaguna dan juga praktis ini, dikenal memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi (sekitar 105 kalori per 1 buah pisang dengan ukuran sedang), kandungan serat alami yang tinggi, vitamin C, dan potasium. Sebuah pisang dengan ukuran sedang memiliki kandungan potassium sekitar 422 miligram. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Kombinasi kandungan ini dapat membantu Anda untuk mengatur tekanan darah.  Selain itu, kandungan pati dan serat dalam pisang dapat memberikan efek kenyang yang lebih tahan lama, sehingga dapat menekan rasa untuk ngemil di siang hari.

Greek yogurt

Sama halnya dengan telur, greek yogurt merupakan sumber protein yang memberikan efek kenyang yang baik (dua kali lebih tinggi daripada yogurt biasa). Selain itu, greek yogurt juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. 

Namun, pastikan untuk menggunakan plain greek yogurt (tanpa tambahan perasa apapun) saat sarapan untuk menghindari asupan gula buatan yang tidak sehat dan malah menimbulkan efek samping yang merugikan.

Oatmeal

Mengkonsumsi semangkuk bubur oatmeal dapat memberikan efek kenyang lebih lama, karena kandungan serat yang tinggi. Oats adalah gandum utuh yang diproses melalui penggilingan, dan mengonsumsi oats terbukti dapat menurunkan risiko terhadap beberapa penyakit yang berbahaya, seperti hipertensi, kolesterol, dan diabetes melitus tipe 2

Oatmeal juga memiliki kandungan lignan, senyawa kimia nabati yang berfungsi untuk pencegahan penyakit jantung. Selain itu, beberapa zat kimia yang penting seperti zat besi, magnesium, dan vitamin B kompleks juga terkandung dalam oatmeal.  

Pastikan dalam memilih oatmeal siap saji yang mengandung satu bahan saja yaiut biji gandum utuh. Hindari oatmeal instan yang mengandung gula dan sodium tinggi, serta lebih rendah serat..

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Healthiest Foods to Eat for Breakfast. Health.com. (https://www.health.com/food/the-20-healthiest-foods-to-eat-for-breakfast)
The 12 Healthiest Foods to Eat for Breakfast. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/12-best-foods-to-eat-in-morning)
Healthy breakfasts (for people who hate breakfast). NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/healthy-breakfasts-recipes/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app