6 Jenis Makanan Terbaik Mengatasi Jerawat

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
6 Jenis Makanan Terbaik Mengatasi Jerawat

Tak bisa dipungkiri memiliki kulit bersih dan sehat menjadi sesuatu yang selalu diinginkan banyak orang. Sayangnya, banyak faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan kulit wajah, seperti stres, kelelahan, dan perubahan cuaca.  

Beberapa hal tersebut dapat menyebabkan wajah berjerawat. Namun, ada beberapa makanan yang memiliki kemampuan untuk mencegah jerawat muncul. Simak ulasannya di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Makanan untuk mencegah jerawat

Dengan menambahkan salah satu dari beberapa makanan di berikut ini untuk menu makanan sehari-hari, bisa membersihkan dan mencerahkan kulit wajah dari luar maupun dalam, sama halnya dengan produk-produk kesehatan kulit.

Alpukat

Alpukat termasuk salah satu jenis buah yang cukup digemari, selain rasanya yang enak, kandungan nutrisi buah alpukat sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit wajah anda.  

Kandungan buah ini kaya akan vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan kelembaban dan kekenyalan kulit. Dengan demikian, kulit wajah akan semakin cerah dan sehat, sehingga menjaga kulit anda tetap awet muda.

Tidak hanya itu, alpukat juga kaya akan vitamin C yang berguna untuk mengurangi peradangan kulit dan merupakan pelembap alami untuk kulit wajah anda.

Kacang-kacangan

Kebanyakan orang yang memiliki jerawat biasanya mengalami kekurangan mineral seperti seng dan selenium. Untuk mengatasi hal ini. Anda bisa mendapatkan asupan mineral yang cukup dari kacang-kacangan. 

Pasalnya, kacang-kacangan mempunyai kandungan mineral yang cukup tinggi seperti selenium, vitamin E, tembaga, magnesium, mangan, kalium, kalsium, dan zat besi yang bermanfaat untuk  kesehatan kulit Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Buah anggur merah

Tidak hanya buahnya saja, biji anggur merah juga kaya akan kandungan antioksidan yang telah terbukti dapat membantu mengatasi kondisi peradangan kulit seperti psoriasis dan eksim. Buah anggur merah juga dikenal dapat membantu mengatasi efek samping dari reaksi alergi yang menyerang  kulit.

Brokoli

Brokoli adalah makanan pembersih kulit alami yang cukup berkhasiat.  Pasalnya, brokoli memiliki kandungan vitamin A, B, C, E, dan K yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.  

Selain itu, berbagai antioksidan yang terkandung dalam brokoli dapat membantu mencegah dan melawan kerusakan kulit serta membuat kulit Anda jadi lebih cerah dan sehat.

Ikan

Kebanyakan orang Indonesia lebih memilih mengkonsumsi daging ayam dibandingkan daging ikan dalam kesehariannya. Padahal, kandungan nutrisi dalam ikan termasuk cukup tinggi dibandingkan daging lainnya.  Kandungan nutrisi dalam ikan dapat memberikan manfaat tidak hanya untuk tubuh saja, tetapi juga untuk kesehatan kulit.

Salah satu penelitian menyatakan bahwa orang yang sering mengonsumsi ikan berminyak seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel diketahui memiliki kulit yang lebih sehat dan bebas dari jerawat.  

Kandungan ikan seperti omega-3 dan omega-6 secara alami dapat membantu meredakan peradangan yang nantinya akan memicu terjadinya penyumbatan sel pori dan menyebabkan jerawat.

Bawang putih

Selain digunakan sebagai bumbu masak, bawang putih ternyata juga efektif untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Sampai saat ini bawang putih terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan jantung. 

Selain itu, manfaat bawang putih ternyata memiliki manfaat baik lainnya. Pasalnya bawang putih juga diketahui memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kulit wajah.  Ini karena bawang putih termasuk golongan ‘super food‘ yang membantu mengatasi dan melawan peradangan kulit yang terjadi..

Bawang putih diketahui mengandung zat kimia alami yang disebut allicin.  Senyawa aktif yang terdapat pada bawang putih berguna sebagai antivirus, antimikroba, dan antijamur yang cukup ampuh mencegah jerawat.

23 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zaenglein AL, et al. (2016). Guidelines of care for the management of acne vulgaris. DOI: (https://doi.org/10.1016/j.jaad.2015.12.037)
Wang L, et al. (2014). Anticancer activities of citrus peel polymethoxyflavones related to angiogenesis and others. DOI: (http://dx.doi.org/10.1155/2014/453972)
Tessari P, et al. (2016). Essential amino acids: Master regulators of nutrition and environmental footprint? DOI: (https://doi.org/10.1038/srep26074)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app