Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

5 Jenis Latihan Bagi Pria Untuk Badan Ideal

Badan ideal tidak datang dengan sendirinya, maka itu butuh perjuangan untuk membentuk tubuh agar lebih banyak kadar protein dari pada lemak. Berikut beberapa latihan yang dapat dicontoh untuk membentuk badan yang ideal.
Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 824.356 orang

Setiap pria yang memiliki tujuan untuk membugarkan badannya dan tetap membentuk badan yang ideal. Jenis latihan sangat beragam, dimulai dari latihan jantung, membentuk otot, dan membakar lemak kalori.

Pendekatan pada minat latihan untuk membangun badan yang ideal harus dimulai secara rutin dan konsisten. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Bentuk tubuh Anda terkenal memiliki banyak petunjuk bagi kesehatan dan kepercayaan diri Anda.  Bentuk tubuh ideal harus disertai dengan pemantau berat badan, porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi, internsitas latihan, serta tekad untuk merubah diri. 

Tubuh manusia terdiri dari 3 jenis yaitu:

  1. Endomorph memiliki tubuh berbentuk buah pir dengan sedikit lemak di tubuh, lengan atas, dan paha. Bentuk ini dapat meningkatkan massa otot lebih mudah daripada ectomorph. 
  2. Mesomorph memiliki bentuk V, dengan pinggul sempit dan tubuh berbentuk  bersama dengan sedikit lemak tubuh, memungkinkan mereka untuk membentuk badan tanpa latihan pengurasan lemak berlebih, karena mereka merespons dengan baik terhadap latihan kardio. Selain itu, badan mesomorph dapat meningkatkan dan menurunkan badan dengan mudah. 
  3. Ectomorph memiliki bentuk yang ramping. Ini menguntungkan karena tubuh ectomorph dapat dengan lentur dan mudah melakukan olaharaga kecepatan seperti lari jarak jauh, dan mungkin untuk olahraga seperti sepak bola atau tenis di mana tinggi badan juga membantu. 

Badan ideal tidak datang dengan sendirinya, maka itu butuh perjuangan untuk membentuk tubuh agar lebih banyak kadar protein dari pada lemak.  Berikut beberapa latihan yang dapat dicontoh untuk membentuk badan yang ideal.

1. Berlari 

Berlari adalah latihan kardio yang sangat baik yang membantu Anda membakar lemak yang tidak diinginkan dari tubuh Anda terutama dari kaki dan area bokong. 

Jika Anda berlatih berlari, jalan cepat, atau joging setiap hari, ini akan membantu Anda dalam membentuk kembali otot paha, bokong, dan kaki Anda. paha yang berbentuk baik. 

2. Push-up 

Tenaga otot saat Push- up bekerja pada lengan, dada, inti, pinggul dan kaki Anda. Anda dapat memodifikasi jenis push-up sesuai dengan otot mana yang dituju. misalnya, menggerakkan tangan ke posisi yang lebih luas memberi penekanan lebih besar pada dada Anda. 

Ketika Anda memindahkan mereka lebih dekat ke tubuh, triceps Anda lebih berkontraksi memompa beban dari tubuh Anda sendiri. 

3. Sit-up 

Sit-up itu cocok karena mereka melatih sejumlah besar otot di tubuh Anda - bukan hanya perut. Sit up tidak memerlukan peralatan olahraga yang sepsifik. Cukup membutuhkan alas di lantai agar tulang ekor dan punggung tidak terasa nyeri saat latihan

4. Berenang

berenang memperkuat otot dari atas ke bawah dengan cukup cepat. Berenang akan melatih kaki serta bahu. Perenang awal tentu akan merasakan kelelahan pada bagian kaki dan bahu. Berenang harus dilatih dan tetap konsisten dalam menempuh jarak yang lebih jauh. 

Anda harus mulai secara bertahap dan bekerja sedikit dengan teknik Anda, sehingga Anda bisa berenang lebih lama. 

5. Body pump 

Kelas BodyPump adalah latihan barbel seluruh tubuh, yang akan membakar kalori, membentuk dan mengencangkan seluruh tubuh Anda, meningkatkan kekuatan inti dan meningkatkan kesehatan tulang. 

BodyPump didasarkan pada 'efek rep', formula terbukti yang melelahkan otot menggunakan beban ringan, sambil melakukan repetisi gerakan.  ini menjadi salah satu rahasia untuk mengembangkan otot menjadi lebih atletis dan ideal. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Membentuk tubuh ideal tidak hanya dengan olahraga. Pola makan juga harus dijaga karena sumber nutrisi tubuh terdapat dari konsumsi makanan setiap hari. 

Pilihlah makanan yang dapat mendukung pembentukan otot dengan asupan protein serta karbohidrat yang seimbang dan mengurangi kadar lemak di dalam tubuh agar mencegah terjadinya kegemukan. 

Lakukan olahraga atau latihan lainnya setidaknya 3 minggu sekali. Latihan berlebihan justru akan meningkatkan resiko cedera pada daerah otot dan persendian. 

Selalu konsisten untuk melakukan setiap latihan. Pembentukan badan tidak terlihat dengan instan. Semua butuh proses yang diawali dengan niat serta makanan bergizi. Dukungan teman, atau keluarga juga membantu. Pilihlah olahraga sesuai hobi dan arah pembentukan badan Anda sendiri. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Kenali Manfaat dan Resiko Latihan Fisik EMS Untuk Menurunkan Berat Badan Sebelum Mencoba
Kenali Manfaat dan Resiko Latihan Fisik EMS Untuk Menurunkan Berat Badan Sebelum Mencoba

Yang harus Anda ketahui adalah bahwa latihan fisik EMS hanya berdurasi sekitar 20 menit. Berbeda dengan olahraga lainnya yang mebutuhkan waktu sekitar 40-60 menit, seperti olahraga kardio atau olahraga lain yang bertujuan untuk melatih otot Anda. Meskipun memakan waktu yang cukup singkat, latihan fisik EMS mengakibatkan rasa lelah yang sama dengan jenis latihan fisik lainnya.

Cara Tepat Menjaga Hidrasi Ketika Bermain Sepak Bola
Cara Tepat Menjaga Hidrasi Ketika Bermain Sepak Bola

Jumlah keringat yang anda keluarkan akan menjadi patokan bagi anda untuk menentukan jumlah cairan yang akan anda butuhkan selama bertanding. Silahkan minum cairan sebanyak jumlah itu selama bertanding. Sebaiknya anda tidak minum cairan dengan jumlah lebih banyak, hal ini akan menambah berat badan anda semakin meningkat ketika bertanding.