Olahraga dan Kebugaran

Selain Sit Up, Ini Dia 6 Latihan Untuk Membentuk Otot Perut

Sebagian besar dari Anda pasti sering berlatih untuk membentuk otot perut dengan latihan tradisional seperti sit up dan crunches. Tetapi, percayalah bahwa ini merupakan metode yang buruk. Sit up yang berlebihan akan mengakibatkan gangguan pada tulang belakang Anda. Nah, daripada terus berkutat pada dua jenis latihan lama tersebut, mari kita lihat beberapa latihan yang efektif untuk pembentukan otot perut:
Dipublish tanggal: Jun 23, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Sep 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Selain Sit Up, Ini Dia 6 Latihan Untuk Membentuk Otot Perut

Bagi sebagian besar pria, mempunyai otot perut merupakan salah satu hal yang membanggakan. Pria tanpa perut buncit terlihat lebih menarik dimata wanita. Oleh sebab itu, banyak yang menginginkan perut dengan otot yang sempurna dan rela melakukan banyak jenis latihan untuk membentuknya.

Namun, tidak hanya pria yang mendambakan hal tersebut, wanita pun menginginkan perut yang berotot atau setidaknya perut rata. Wanita seringkali berpikir bahwa perut buncit dapat mengganggu penampilan mereka.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Membentuk otot perut memang bukanlah hal yang mudah, Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya. Banyak orang yang berhenti ditengah jalan ketika melatih pembentukan otot perut karena tidak kuat untukmelewati diet ketat dan olahraga berat. 

Sayangnya, pria lebih unggul daripada wanita terkait membentuk otot. Sebagai wanita, Anda mungkin harus ekstra keras dalam membentuk otot perut, namun hal itu tetap bisa dicapai dengan latihan yang benar dan rutin, serta komitmen yang tinggi.

Sebagian besar dari Anda pasti sering berlatih untuk membentuk otot perut dengan latihan tradisional seperti sit up dan crunches. Tetapi, percayalah bahwa ini merupakan metode yang buruk. Sit up yang berlebihan akan mengakibatkan gangguan pada tulang belakang Anda. 

Nah, daripada terus berkutat pada dua jenis latihan lama tersebut, mari kita lihat beberapa latihan yang efektif untuk pembentukan otot perut:

Spiderman plank crunch

Plank adalah satu-satunya latihan yang melibatkan seluruh bagian tubuh Anda. Dengan plank, Anda akan melatih daerah perut bagian depan dan belakang dalam waktu yang sama tanpa harus menggunakan peralatan apapun. 

Latihan ini juga menyentuh rectus abdominis, obliques, dan punggung bawah Anda. Plank adalah latihan sederhana yang dapat Anda lakukan kapan pun dan di mana pun. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk melakukannya. Mudah, bukan?

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Star plank

Latihan ini hampir sama seperti Spiderman Plank dimana Anda melibatkan seluruh tubuh ketika melakukannya. Namun, pada star plank Anda harus bertahan dalam pose seperti bintang atau huruf X. 

Pastikan bahwa lengan dan kaki Anda selebar bahu dan tetap bertahan dalam pose tersebut sampai merasa inti Anda bereaksi. Tahanlah posisi tersebut selama 10 detik, dan teruslah berlatih hingga Anda bisa bertahan selama 30 detik.

Cable rotation

Cable rotation benar-benar merupakan olahraga spesifik yang menargetkan obliques (otot yang berguna untuk menunjang pergerakan tulang belakang), sehingga latihan ini sangat efektif bagi mereka yang berprofesi sebagai pemain golf, tenis, bisbol, dan atlet olahraga raket lainnya. 

Melakukan latihan yang dekat dengan jenis olahraga yang Anda lakukan dapat sangat menguntungkan Anda. Lakukanlah 1 set latihan cable rotation dengan 10 kali repetisi, dan jangan lupa untuk menjaga lengan Anda agar tetap diam ketika mengunci perut.

Kelenturan: V-up di palang pull-up

Latihan untuk membentuk otot perut tidak selamanya dilakukan dengan berbaring atau plank, ada jenis latihan yang mengharuskan Anda untuk bergantung ketika mencoba untuk membentuk otot perut, yaitu bergantung di palang pull-up. 

Bergantunglah di palang pull-up, gunakan perutmu untuk menarik kakimu sampai bisa menyentuh palang, atau setidaknya setinggi yang kamu bisa. Perlahan-lahan turunkan kembali ke bawah dan ulangi 10-12 repetisi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Headstand

Mungkin jenis latihan yang satu ini terdengar susah untuk dilakukan, tapi tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya. 

Cukup dengan meletakkan lengan atas rata di lantai membentuk segitiga untuk kepala Anda, perlahan angkat tubuh ke dalam posisi headstand yang tersangga sesuatu (lakukan ini di dinding jika Anda baru awal-awal mencobanya). 

Ketika sudah terbiasa dengan latihan ini, lakukanlah dengan 5 kali repetisi setiap kali latihan.

Swiss -ball roll-out

Langkah ini seperti ab wheel, namun lebih aman dan lebih mudah dilakukan, terutama pada punggung bawah. Ini menargetkan rectus abdominis Anda, otot yang berfungsi untuk menjaga tulang belakang dan panggul tetap stabil. 

Cukup dengan berlutut diatas tikar sambil memegang bola stabilitas, lalu gulunglah bola sejauh mungkin sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda ingin menambahkan unsur lain, seperti menggelindingkan bola pada sudut 45 derajat ke kiri dan kanan akan menargetkan obliques juga.

 

 

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Abdominal Muscles Function, Anatomy & Diagram. Healthline. (https://www.healthline.com/human-body-maps/abdomen-muscles)
Strengthen Your Core, Prevent Injury. WebMD. (https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/abdominal-strains)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Begini Cara Melakukan Olahraga CrossFit untuk Pemula
Begini Cara Melakukan Olahraga CrossFit untuk Pemula

Apabila sebelumnya kamu belum pernah melakukan olahraga ini, namun ingin mencobanya di rumah, ada lima latihan ketahanan tubuh untuk mendongkrak kinerja tubuhmu. Lima latihan ini bisa kamu lakukan satu persatu selama lima hari.

Buka di app