8 Jenis Yoga yang Paling Populer. Mana yang Cocok untuk Anda?

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Jenis Yoga yang Paling Populer. Mana yang Cocok untuk Anda?

Yoga adalah salah satu olahraga yang banyak diminati orang-orang karena mudah dilakukan. Anda hanya membutuhkan matras yoga dan beberapa benda pendukung lainnya. Selain itu, yoga juga bisa dilakukan di studio maupun di rumah.

Meskipun termasuk olahraga yang simpel dan mudah dilakukan, namun ternyata ada banyak jenis yoga yang ada. Biasanya setiap studio yoga mempunyai jenis yoga tertentu yang diajarkan. 

8 Jenis Yoga yang Populer dan Bisa Dilakukan di Rumah

Selain itu, bila Anda melakukan yoga sendiri di rumah, Anda juga perlu memilih satu jenis yang cocok. Berikut ini 8 jenis yoga populer yang mungkin cocok untuk Anda.

1. Hot yoga

Hot yoga adalah latihan yoga yang dilakukan di ruangan yang dipanaskan atau heated room. Jenis yoga yang biasa dilakukan adalah Bikram Yoga dan dilakukan dalam ruangan dengan panas 42 derajat celcius. 

Yoga ini cocok untuk Anda yang menyukai sensasi keringat saat berolahraga karena memberikan efek detoks bagi tubuh.

2. Hatha yoga

Sebagian besar yoga yang ada saat ini dikategorikan sebagai Hatha yoga. Yoga ini lebih memfokuskan pada penyelarasan latihan pernapasan dan fisik. Beberapa jenis yoga yang termasuk dalam Hatha yoga adalah Vinyasa, Asthanga, Iyengar, dan Power yoga. Yoga jenis ini cocok untuk pemula yang masih baru berlatih latihan yoga.

3. Vinyasa yoga

Vinyasa yoga termasuk dalam kategori latihan yoga yang dinamis dan memerlukan koordinasi postur, fisik, dan napas. Selain itu yoga jenis ini mempunyai tempo yang lebih cepat dan gerakannya lebih freestyle atau tidak ada urutan baku. Yoga ini cocok untuk Anda yang menyukai dinamis, spontanitas, dan tidak terlalu suka rutinitas.

4. Asthanga yoga

Asthanga yoga adalah salah satu jenis yoga yang sangat dinamis, intens, dan bahkan terasa sangat atletik. Ada beberapa rangkaian pose yang harus dilakukan atau dikenal dengan Asthanga series. Yoga jenis ini cocok untuk Anda yang berdedikasi dan penuh komitmen dan juga menyukai kegiatan atletis.

5. Iyengar yoga

Iyengar yoga berfokus pada presisi postur. Yoga ini sangat memperhatikan anatomi tubuh dan bisa saja Anda berada dalam satu posisi untuk beberapa waktu yang lama. Untuk melakukan iyengar yoga, Anda biasanya memerlukan alat bantu seperti yoga blok atau strap. Yoga ini cocok untuk Anda yang suka sesuatu dengan detail dan ingin meningkatkan kesehatan melalui terapi.

6. Yin yoga

Bila sebagian besar yoga mempunyai gerakan yang dinamis, Yin Yoga termasuk dalam yoga dengan gerakan pasif. Artinya Anda hanya akan melakukan satu pose selama 3-5 menit. 

Yoga jenis ini baik dilakukan bila Anda ingin melakukan stretching atau peregangan tulang sendi dan jaringan tubuh. Yin Yoga bisa dilakukan siapa saja, baik Anda yang berkepribadian tenang maupun aktif.

7. Kundalini yoga

Kundalini yoga memadukan unsur spiritual dan fisik dalam latihannya. Yoga ini menggabungkan postur tubuh dengan meditasi, pola pernapasan, dan mempelajari mantra untuk meningkatkan vitalitas dan kesadaran diri. 

Kundalini yoga ini cocok untuk Anda yang menyukai meditasi dan ingin mengetahui lebih jaun tentang pikiran dan diri sendiri secara spiritual.

8. Prenatal yoga

Sesuai dengan namanya, prenatal yoga didesain khusus untuk masa kehamilan. Yoga ini membantu ibu hamil untuk lebih siap secara fisik dan mental menghadapi kehamilan. prenatal yoga ini fokus pada latihan pernapasan, latihan area pinggul, serta restorasi atau mengembalikan energi setelah hamil. 


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yoga: Methods, types, philosophy, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/286745.php)
13 Benefits of Yoga That Are Supported by Science. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga)
Yoga Health Benefits: Flexibility, Strength, Posture, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/balance/guide/the-health-benefits-of-yoga)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel selanjutnya
Gatal-gatal Saat Latihan Fisik? Mungkin 4 Hal Penyebabnya
Gatal-gatal Saat Latihan Fisik? Mungkin 4 Hal Penyebabnya

Apa penyebabnya sehingga Anda sering merasakan gatal-gatal saat latihan fisik? Penting bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya supaya mendapat penanganan yang tepat. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui penyebabnya.

Buka di app