Manakah Yang Lebih Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan: Latihan Kekuatan Otot Atau Kardio?

Dua olahraga tersebut sama pentingnya bagi kesehatan tubuh. Tetapi apabila tujuannya untuk menurunkan berat badan, maka akan lebih baik jika Anda melakukan latihan kardio. Bukan karena latihan kekuatan otot tidak lebih baik, tetapi karena latihan kardio memiliki kecepatan yang berbeda dalam membakar kalori.
Dipublish tanggal: Jun 23, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Tinjau pada Sep 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Manakah Yang Lebih Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan: Latihan Kekuatan Otot Atau Kardio?

Berat badan merupakan hal yang sensitif bagi setiap orang. Banyak orang yang bertanya tentang jenis olahraga apakah yang tepat untuk menurunkan berat badan. Apakah dengan latihan kekuatan otot, latihan kardio, atau gabungan antara keduanya?

Latihan kekuatan otot

Mungkin banyak dari Anda yang masih bertanya-tanya apa itu latihan kekuatan otot. Latihan kekuatan otot adalah jenis olahraga yang bertujuan untuk membangun, membesarkan, serta menguatkan otot tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dengan memiliki otot yang kuat, maka kita akan memperkecil risiko mengalami cedera dan jatuh, baik saat olahraga maupun saat beraktivitas biasa.

Latihan kardio

Latihan kardio adalah olahraga yang gerakannya dilakukan secara berulang-ulang secara teratur dalam waktu tertentu. Contohnya seperti, berenang, jogging, melompat maupun bersepeda. 

Olahraga kardio sangat baik untuk meningkatkan serta menjaga kebugaran jantung dan paru-paru karena dua organ tubuh ini tersusun dari otot-otot yang harus terus bergerak supaya lebih kuat lagi.

Dua olahraga tersebut sama pentingnya bagi kesehatan tubuh. Tetapi apabila tujuannya untuk menurunkan berat badan, maka akan lebih baik jika Anda melakukan latihan kardio. 

Bukan karena latihan kekuatan otot tidak lebih baik, tetapi karena latihan kardio memiliki kecepatan yang berbeda dalam membakar kalori. Menurut para peneliti dari Duke University, latihan kardio menjadi latihan yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. 

Hal tersebut terbukti dengan penelitian yang dilakukan selama delapan bulan terhadap 119 relawan dengan berat badan berlebih. Latihan kardio juga diketahui tidak hanya efektif membakar kalori, tapi juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Mengapa latihan kardio lebih efektif daripada latihan kekuatan otot? Karena latihan kardio akan memaksimalkan pembakaran kalori dalam tubuh serta meningkatkan efek pembakaran kalori setelah olahraga. 

National Institutes of Health mengemukakan bahwa latihan kardio dengan durasi waktu selama 30-45 menit dengan intensitas sebanyak 3-5 kali dalam seminggu dapat mempercepat penurunan berat badan

Namun, pada dasarnya kebutuhan olahraga setiap orang berbeda antara satu dengan yang lain. Semuanya tergantung pada kekuatan masing-masing, oleh karena itu, intensitas waktu latihan tidak bisa disamakan pada semua orang. 

Anda bisa melakukan latihan kardio sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksakan untuk melakukan sesi latihan dari batas kemampuan, karena mungkin saja akan membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda.

Adapun beberapa jenis latihan yang bisa Anda lakukan dalam latihan kardio untuk menurunkan berat badan, seperti:

Steps Aerobic

Jenis latihan aerobic sudah bukan hal yang baru di kalangan masyarakat, latihan ini sering dilakukan dengan musik sebagai pengiringnya. ada berbagai macam aerobic yang biasa dilakukan, salah satunya step aerobic. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Step aerobics adalah salah satu bentuk aerobik yang memanfaatkan platform dengan tinggi bervariasi mulai dari 10 sampai 30 sentimeter sebagai pijakan. Gerakan yang paling sederhana dari latihan ini adalah dengan naik dan turun platform. 

Namun, bila kamu sudah semakin terbiasa dengan olahraga ini, kamu bisa meningkatkan intensitasnya dengan melakukan step-step yang bervariasi seperti langkah ke belakang, langkah ke samping, langkah ke depan sambil tetap menginjak platform. 

Dengan melakukan jenis latihan steps aerobic, orang yang memiliki berat badan 81 kg dapat membakar lebih dari 730 kalori selama kurang lebih 60 menit. 

Berenang

Dengan berenang, Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih bugar dari sebelumnya. Berenang merupakan salah satu pilihan olahraga kardio yang baik karena melibatkan seluruh tubuh termasuk jantung, paru-paru dan juga otot dengan risiko cedera yang kecil. 

Selain itu, berenang juga dapat membentuk tubuh yang ideal karena seluruh anggota tubuh bergerak dengan sempurna sehingga otot akan terbentuk secara alami.

Bersepeda

Tentu saja bersepeda merupakan hal yang paling menyenangkan bagi Anda. Tidak hanya untuk bersantai atau untuk melepas stress, dengan bersepeda Anda dapat membakar kalori yang ada dalam tubuh. Jumlah kalori yang bisa dibakar dengan bersepeda adalah sebanyak 500-1000 kal/jam. 

Apabila tidak memiliki banyak waktu luang, Anda bisa menggunakan sepeda statis untuk berolahraga.

Jogging

Jogging merupakan jenis latihan yang sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang. Tanpa mengeluarkan biaya, Anda bisa menurunkan berat badan hanya dengan berlari. Sebuah penelitian menyatakan bahwa jogging ternyata lebih efektif daripada olahraga angkat beban.

Meskipun latihan kardio lebih efektif untuk menurunkan berat badan, sebaiknya latihan ini tetap dibarengi dengan latihan otot seperti burpee, jumping jack, plank dan mountain climber.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
5 Jenis Latihan Bagi Pria Untuk Badan Ideal
5 Jenis Latihan Bagi Pria Untuk Badan Ideal

Badan ideal tidak datang dengan sendirinya, maka itu butuh perjuangan untuk membentuk tubuh agar lebih banyak kadar protein dari pada lemak. Berikut beberapa latihan yang dapat dicontoh untuk membentuk badan yang ideal.

Buka di app