Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

5 HTP - Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Update terakhir: SEP 23, 2019 Waktu baca: 7 menit
Telah dibaca 796.061 orang

5-HTP (5-Hydroxytryptophan) adalah produk samping kimia dari blok pembangun protein L-tryptophan.

5-HTP juga diproduksi secara komersial dari biji tanaman Afrika yang dikenal sebagai Griffonia simplicifolia 5-HTP dan digunakan untuk gangguan tidur seperti insomnia, depresi, kecemasan, migrain dan sakit kepala, fibromyalgia, obesitas, sindrom pramenstruasi (PMS), gangguan disforik pramenstruasi, attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD), gangguan kejang, dan penyakit Parkinson.

Bagaimana cara kerjanya?

5-HTP bekerja di otak dan sistem saraf pusat dengan meningkatkan produksi serotonin. Serotonin dapat memengaruhi tidur, nafsu makan, suhu, perilaku seksual, dan sensasi sakit. 

Oleh karena itu, 5-HTP digunakan untuk mengobati beberapa penyakit yang dipengaruhi oleh serotonin, antara lain: depresi, insomnia, obesitas, dan banyak kondisi lainnya.

Kegunaan & efektivitas

Mungkin efektif untuk:

Depresi. Beberapa penelitian klinis menunjukkan bahwa meminum 5-HTP memperbaiki gejala depresi. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa dosis 150-3000 mg/hari selama 2-4 minggu dapat memperbaiki gejala depresi. 

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa 5-HTP mungkin bermanfaat sebagai terapi antidepresan konvensional bagi sebagian orang.

Mungkin tidak efektif untuk:

Sindrom Down. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemberian 5-HTP untuk bayi dengan sindrom Down mungkin memperbaiki aktivitas otot

Penelitian lain menunjukkan bahwa 5-HTP tidak memperbaiki otot atau perkembangan ketika digunakan sejak bayi sampai usia 3-4 tahun. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa menggunakan 5-HTP bersamaan dengan obat resep konvensional dapat meningkatkan pengembangan, keterampilan sosial, atau keterampilan bahasa.

Tidak adanya cukup bukti untuk:

  • Alkoholisme
    Penelitian awal menunjukkan bahwa menggunakan 5-HTP bersamaan dengan D-phenylalanine dan L-glutamine selama 40 hari dapat mengurangi gejala penarikan alkohol. Namun, mengonsumsi 5-HTP dan carbidopa setiap harinya selama satu tahun tampaknya tidak membantu orang untuk berhenti minum alkohol. Masih belum ada informasi yang jelas tetang efek 5-HTP terhadap alkoholisme.
  • Penyakit Alzheimer
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengonsumsi 5-HTP tidak memperbaiki gejala penyakit Alzheimer.
  • Kecemasan
    Tidak ada bukti yang jelas tentang efek 5-HTP terhadap kecemasan. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengambil 25-150 mg 5-HTP setiap hari bersamaan dengan carbidopa tampaknya mengurangi gejala kecemasan pada orang dengan gangguan kecemasan. Namun, penelitian awal lainnya menunjukkan bahwa mengambil dosis 5-HTP yang lebih tinggi sebanyak 225 mg/hari atau lebih, tampaknya membuat kecemasan semakin memburuk. Selain itu, menyuntikkan 60 mg 5-HTP melalui vena setiap harinya tidak mengurangi kecemasan pada orang dengan gangguan kecemasan.
  • Gangguan sistem saraf (ataksia serebelar)
    Tidak ada bukti yang jelas tentang efek 5-HTP terhadap ataksia serebelar. Bukti awal menunjukkan bahwa menggunakan 5 mg/kg 5-HTP setiap harinya selama 4 bulan dapat mengurangi disfungsi sistem saraf. Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa menggunakan 5-HTP setiap hari hingga satu tahun tidak memperbaiki gejala ataksia serebelar.
  • Fibromyalgia
    Penelitian awal menunjukkan bahwa meminum 100 mg 5-HTP tiga kali sehari selama 30-90 hari dapat memperbaiki rasa sakit, nyeri, tidur, gelisah, kelelahan, dan kekakuan pagi hari pada orang dengan fibromyalgia.
  • Gejala menopause
    Penelitian awal menunjukkan bahwa menggunakan 150 mg 5-HTP setiap hari selama 4 minggu tidak mengurangi rasa kepanasan pada wanita pascamenopause.
  • Sakit kepala sebelah/migrain
    Tidak ada bukti yang jelas mengenai efek 5-HTP untuk pencegahan atau pengobatan migrain pada orang dewasa. Beberapa studi menunjukkan bahwa menggunakan 5-HTP setiap harinya tidak mengurangi migrain, sementara studi lain menunjukkan bahwa 5-HTP mungkin memiliki manfaat yang sama dengan obat resep. 5-HTP tampaknya tidak mengurangi migrain pada anak-anak.
  • Kegemukan
    Penelitian awal menunjukkan bahwa menggunakan 5-HTP dapat membantu mengurangi nafsu makan, asupan kalori, dan berat badan pada orang gemuk. Penelitian lain menunjukkan bahwa menggunakan semprotan mulut spesifik yang mengandung 5-HTP dan ekstrak lainnya (5-HTP-Nat Exts, Medestea Biotech S.p.a., Torino, Italia) selama 4 minggu meningkatkan penurunan berat badan sekitar 41% pada wanita pascamenopause yang kelebihan berat badan.
  • Penyakit Parkinson
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengonsumsi 100-150 mg/hari 5-HTP bersamaan dengan obat konvensional tampaknya mengurangi goncangan, tetapi manfaat ini hanya berlangsung selama 5 bulan. Menggunakan dosis 5-HTP yang lebih besar, 275-1500 mg/hari, bersamaan dengan carbidopa tampaknya memperburuk gejala.
  • Skizofrenia
    Penelitian awal menunjukkan bahwa menggunakan 800-6 gram/hari 5-HTP bersamaan dengan carbidopa selama 90 hari dapat memperbaiki gejala skizofrenia pada beberapa pria muda.
  • Sakit kepala tegang
    Penelitian awal menunjukkan bahwa menggunakan 100 mg 5-HTP tiga kali sehari selama 8 minggu tidak mengurangi rasa sakit atau lamanya sakit kepala tegang.
  • Gejala penarikan heroin
    Penelitian awal menunjukkan bahwa menggunakan 200 mg/hari 5-HTP selama 6 hari bersamaan dengan tirosin, fosfatidilkolin, dan L-glutamin, dapat mengurangi insomnia dan gejala penarikan dalam memulihkan pecandu heroin.
  • Sindrom Ramsey-Hunt.
  • Insomnia.
  • Premenstrual syndrome (PMS).
  • Gangguan Disforik Premenstrual.
  • Attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD).
  • Kondisi lainnya.

Dibutuhkan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas penggunaan 5-HTP pada kondisi diatas.

Efek samping & keamanan

5-HTP MUNGKIN AMAN ketika dikonsumsi dengan tepat. 5-HTP telah digunakan dengan aman dalam dosis hingga 400 mg/hari selama satu tahun. 

Namun, beberapa orang yang meminumnya mengalami kondisi yang disebut sindrom eosinofilia-mialgia (EMS) yaitu kondisi serius yang melibatkan nyeri otot ekstrem (mialgia) dan kelainan darah (eosinofilia). 

Beberapa orang berpikir bahwa EMS mungkin disebabkan oleh bahan atau kontaminan yang tidak disengaja terkandung dalam beberapa produk 5-HTP. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mengetahui apakah EMS disebabkan oleh 5-HTP, kontaminannya, atau faktor lainnya. 

Oleh karena itu, 5-HTP harus digunakan dengan hati-hati sampai didapatkannya informasi yang cukup tetang efek terebut. Efek samping lain dari 5-HTP termasuk mulas, sakit perut, mual, muntah, diare, kantuk, masalah seksual, dan masalah otot. 

5-HTP MUNGKIN TIDAK AMAN bila diminum dalam dosis besar. Dosis 6-10 gram/hari telah dikaitkan dengan masalah perut yang parah dan kejang otot.

Pencegahan & peringatan khusus:

Anak-anak: 5-HTP MUNGKIN AMAN bila diminum dengan dosis yang tepat, sebanyak 5 mg/kg setiap hari telah digunakan dengan aman selama 3 tahun pada bayi dan anak-anak yang berusia sampai 12 tahun. Ada juga kekhawatiran tentang potensi sindrom eosinofilia-mialgia (EMS) pada anak-anak.

Ibu hamil dan menyusui: Tidak ada informasi yang cukup reliabel  tentang keamanan penggunaan 5-HTP pada Ibu hamil atau menyusui. Hindari penggunannya agar tetap aman.

Operasi: 5-HTP dapat memengaruhi bahan kimia dalam otak yang disebut serotonin. Beberapa obat yang diberikan selama operasi juga dapat mempengaruhi serotonin. 

Menggunakan 5-HTP sebelum operasi mungkin menyebabkan terlalu banyak serotonin di otak dan dapat mengakibatkan efek samping yang serius termasuk masalah jantung, menggigil, dan kecemasan. Hindari penggunaan 5-HTP setidaknya 2 minggu sebelum operasi.

Interaksi

Interaksi mayor

Jangan gunakan kombinasi ini!

Obat untuk depresi (antidepresan) berinteraksi dengan 5-HTP

5-HTP meningkatkan zat kimia otak yang disebut serotonin. Beberapa obat untuk depresi juga meningkatkan serotonin. Menggunakan 5-HTP bersamaan dengan obat untuk depresi dapat meningkatkan serotonin dalam otak terlalu banyak dan menyebabkan efek samping yang serius termasuk masalah jantung, menggigil, dan kecemasan. 

Jangan gunakan 5-HTP jika Anda minum obat untuk depresi. Beberapa obat untuk depresi ini termasuk fluoxetine (Prozac), paroxetine (Paxil), sertraline (Zoloft), amitriptyline (Elavil), clomipramine (Anafranil), imipramine (Tofranil), dan lain-lain.

Obat untuk depresi (MAOI) berinteraksi dengan 5-HTP

5-HTP meningkatkan zat kimia di otak yang disebut serotonin. Beberapa obat yang digunakan untuk depresi juga meningkatkan serotonin. 

Menggunakan 5-HTP bersamaan dengan obat untuk depresi dapat meningkatkan serotonin dalam otak terlalu banyak dan menyebabkan efek samping yang serius termasuk masalah jantung, menggigil, dan kecemasan. 

Beberapa obat yang digunakan untuk depresi ialah fenelzin (Nardil), tranylcypromine (Parnate), dan lainnya.

Interaksi sedang

Berhati-hatilah dengan kombinasi ini!

Carbidopa (Lodosyn) berinteraksi dengan 5-HTP

5-HTP dan carbidopa (Lodosyn) dapat mempengaruhi otak. Menggunakan 5-HTP bersamaan dengan carbidopa dapat meningkatkan risiko efek samping yang serius termasuk bicara cepat, kecemasan, agresivitas, dan lain-lain.

Dekstrometorfan (Robitussin DM, dll) berinteraksi dengan 5-HTP

5-HTP dapat memengaruhi zat kimia otak yang disebut serotonin. Dekstrometorfan (Robitussin DM, dll) juga dapat memengaruhi serotonin. 

Menggunakan 5-HTP bersamaan dengan dekstrometorfan (Robitussin DM, dll) dapat menyebabkan terlalu banyak serotonin di otak dan menyebabkan efek samping yang serius termasuk masalah jantung, menggigil, dan kecemasan. 

Jangan mengonsumsi 5-HTP jika Anda menggunakan dekstrometorfan (Robitussin DM, dll).

Meperidine (Demerol) berinteraksi dengan 5-HTP

5-HTP meningkatkan zat kimia di otak yang disebut serotonin. Meperidine (Demerol) juga dapat meningkatkan serotonin di otak. Menggunakan 5-HTP bersamaan dengan meperidine (Demerol) dapat menyebabkan terlalu banyak serotonin di otak dan menyebabkan efek samping yang serius termasuk masalah jantung, menggigil, dan kecemasan.

Pentazocine (Talwin) berinteraksi dengan 5-HTP

5-HTP meningkatkan zat kimia di otak yang disebut serotonin. Pentazocine (Talwin) juga meningkatkan serotonin. Menggunakan 5-HTP bersamaan dengan pentazocine (Talwin) dapat membuat terlalu banyak serotonin di otak, sehingga dapat menyebabkan efek samping yang serius termasuk masalah jantung, menggigil, dan kecemasan. Hindari penggunaan 5-HTP jika Anda menggunakan pentazocine (Talwin).

Tramadol (Ultram) berinteraksi dengan 5-HTP

Tramadol (Ultram) dapat mempengaruhi zat kimia di otak yang disebut serotonin. 5-HTP juga dapat mempengaruhi serotonin. menggunakan5-HTP bersamaan dengan tramadol (Ultram) dapat menyebabkan terlalu banyak serotonin di otak, sehingga menyebabkan efek samping termasuk kebingungan, menggigil, otot kaku, dan lain-lain.

Dosis

Dosis berikut telah dipelajari dalam penelitian ilmiah:

ORANG DEWASA

Secara oral:

Depresi: Beberapa penelitian telah menggunakan dosis 150-3000 mg/hari yang dibagi menjadi tiga dosis selama 2-6 minggu. Dosis juga ditingkatkan secara bertahap dari 150 mg/hari selama 2 minggu hingga 400 mg/hari selama 4 minggu.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp