Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Makanan dan Diet Sehat

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin E

Update terakhir: DEC 12, 2019 Tinjau pada DEC 12, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 2.112.482 orang

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin E

Vitamin E atau tocopherol merupakan vitamin larut lemak yang secara alami terdapat pada makanan tertentu, baik berupa sayur, buah, maupun yang bersifat hewani. Sumber makanan yang mengandung vitamin E harus selalu ada di setiap menu makanan harian guna memenuhi kebutuhan vitamin E harian.

Tahukah Anda berapa kebutuhan vitamin E per hari? Tentu sangat penting diketahui, jika vitamin E tercukupi maka kita akan merasakan manfaatnya yang luar biasa banyak. (Baca juga: Manfaat Vitamin E).

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Berikut kebutuhan Vitamin E berdasarkan kelompok usia: Bayi

  • 0 sampai 6 bulan: 0-2 mg / hari
  • 7 sampai 12 bulan: 2-3 mg / hari

Anak-anak (usia 1-13 tahun) 4-9mg/hari

Remaja dan Dewasa (0-2mg/kgBB) dan dosis maksimal harian 1000mg/hari

  • Usia 14 tahun atau lebih : 10 mg / hari
  • Remaja dan wanita hamil: 15 mg / hari
  • Ibu Menyusui : 19 mg / hari

Berikut ini adalah makanan yang sering kita jumpai dan mudah didapat tetapi kaya akan vitamin E.

Sayur-sayuran sumber Vitamin E

Bayam

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Sayuran yang satu ini sangat familiar di masyarakat kita selain mudah didapat harganya pun tergolong murah. Tapi tahukah anda ternyata bayam juga mengandung vitamin E, yaitu sebanyak 3,7mg dalam secangkir bayam yang dimasak (180 gram).

Brokoli

Brokoli juga demikian, sayuran ini menjadi sumber vitamin E, karena dalam secangkir brokoli yang dimasak (cincang - 156 gram) memiliki 2,3 mg vitamin E.

Sawi

Jangan anggap remeh sayuran yang satu ini, sawi biasanya kita temui sebagai campuran mi ayam ataupun mie instan. selain rasanya yang enak, ternyata sawi juga mengandung vitamin E yang diyakini memiliki antioksidan sebagai penangkal radikal bebas.

Wortel

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Selain kaya akan vitamin A, ternyata di dalam wortel ukuran sedang (46 gram) mengandung tokoferol sebanyak 0,5 mg.

Kecambah atau Tauge (toge)

Kecambah dipercaya kaya akan vitamin E, sehingga tidak salah ketika beredar pemahaman bahwa tauge atau kecambah ini baik untuk kesuburan serta banyak manfaat lainnya.

Buah-buahan yang mengandung Vitamin E

Buah Alpukat

Buah alpukat yang sangat enak dibikin jus ini ternyata banyak manfaatnya. Setengah buah alpukat mengandung 2,1 mg vitamin E dan 161 kalori.

Tomat

Buah tomat selain mengandung vitamin C, juga menjadi sumber vitamin E. Tomat berukuran sedang (123 gram) mengandung vitamin E sebanyak 0,75 mg. Seperempat cangkir pasta tomat memiliki 2,8 mg vitamin E, 664 mg kalium, dan 34 mg likopen, dan Setengah cangkir saus tomat  mengandung 2,5 mg vitamin E.

Buah Mangga

Kita memang tidak selalu bisa mendapatkan mangga, buah musiman yang satu ini juga bisa diandalkan sebagai sumber vitamin E, dalam buah mangga ukuran sedang (207 gram tanpa biji) mengandung vitamin E sebanyak 2.3 mg.

Lebih lanjut, silakan baca juga: 10 Daftar Buah yang Mengandung Vitamin E Terbanyak

Makanan lain yang mengandung Vitamin E

  • Biji bunga matahari (kuwaci) tanpa kulit 60 mL (¼ cangkir) mengandung 8-13 mg vitamin E.
  • Kacang tanah, tanpa kulit : 60 mL (¼ cangkir) mengandung vitamin E sebanyak 3 mg.
  • Telur : 2 butir telur ayam ukuran besar dan matang mengandung vitamin E sebanyak 2-3 mg.
  • Belut matang seberat 75 g (2 ½ oz) mengandung 4 mg vitamin E.
  • Daging (termasuk daging ayam) dalam 75 gram mengandung 1,5 - 3 mg tocopherol.
  • Minyak sayur (gandum) sebanyak 5ml (1 sdt) mengandung 7mg tocopherol.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit