12 Tanda Dan Gejala Anoreksia Pada Remaja

Dipublish tanggal: Jul 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
12 Tanda Dan Gejala Anoreksia Pada Remaja

Menjadi remaja itu sulit. Seorang remaja bukan lagi anak-anak tetapi juga belum dewasa. Periode di antara ini adalah perjuangan. Hormon yang terus berubah dan tubuh yang berubah dengan cepat dapat membuat remaja semakin sulit untuk ditangani.

Terlebih dengan media massa yang selalu memberi gambar-gambar model kecantikan, banyak remaja yang berjuang untuk menerima tubuh mereka. Anorexia Nervosa pada remaja adalah salah satu gangguan makan paling terkenal dari seluruh dunia. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Kondisi ini dapat menghancurkan kehidupan dan bahkan terbukti fatal.

Apa anoreksia pada remaja?

Seperti disebutkan sebelumnya, anoreksia nervosa adalah gangguan makan. Remaja yang menderita gangguan ini memiliki perasaan bahwa dirinya gemuk. Bahkan jika mereka kurus atau memiliki berat badan normal, mereka akan tetap berpikir bahwa mereka kelebihan berat badan. 

Remaja ini selalu mencari cara untuk menurunkan berat badan. 

Anak-anak yang menderita anoreksia cenderung membatasi diet mereka. Dalam beberapa kasus, orang anoreksia bahkan dapat membiarkan dirinya untuk kelaparan. Penurunan berat badan dan malnutrisi yang dihasilkan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Remaja anoreksia cenderung memiliki hubungan obsesif dengan makanan. Mereka cenderung membuat ritual makan yang rumit dan bisa merasa malu untuk makan di depan orang lain. Banyak anoreksia juga cenderung berolahraga berlebihan untuk menurunkan berat badan.

Penyebab anorexia pada remaja

Menemukan penyebab yang jelas untuk anoreksia tidak mudah. Sejumlah faktor berperan dan menyebabkan anoreksia. Berikut adalah beberapa alasan yang dapat menyebabkan anoreksia pada remaja:

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic
  • Penyebab biologis

Beberapa penelitian menunjukan bahwa kelainan makan seperti anoreksia memiliki hubungan genetik.

  • Penyebab psikologis

Orang yang sudah menderita masalah psikologis seperti kecemasan, depresi, dan gangguan obsesif-kompulsif lebih mungkin menderita anoreksia.

  • Penyebab lingkungan

Budaya modern dewasa ini menggambarkan kurus dengan keindahan. Tekanan dari teman sebaya, keluarga, dan media memainkan peran besar dalam menyebabkan anoreksia.

Anoreksia - faktor risiko

Beberapa remaja lebih mungkin untuk menderita anoreksia dibandingkan dengan yang lain. Jika anak remaja Anda termasuk dalam kategori berikut, kemungkinan anoreksia akan meningkat berlipat ganda:

  • Jenis kelamin

Wanita lebih mungkin menderita anoreksia dibandingkan pria.

  • usia

Anoreksia tampaknya mengenai orang-orang ketika mereka harus rentan. Sekitar 90% dari mereka yang memiliki kelainan makan seperti anoreksia adalah remaja dan dewasa muda berusia antara 12-25 tahun.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

  • Kepribadian

Remaja dengan tipe kepribadian tertentu lebih cenderung memiliki anoreksia. Jika anak remaja Anda perfeksionis, ingin menjadi yang terbaik di setiap bidang, ia mungkin memiliki dorongan ekstra untuk menurunkan berat badan.

Faktor diatas hanya merupakan faktor risiko. Hal ini tidak berarti bahwa orang di luar spektrum ini tidak dapat menderita anoreksia. Faktanya, sekitar 10-15% pasien anoreksia adalah pria. 

Tanda anorexia pada remaja

Berikut adalah tanda-tanda anoreksia yang paling umum pada remaja. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua kasus anoreksia bermanifestasi dengan cara yang sama.

Mengapa anoreksia berbahaya?

Ingin sehat dan bugar adalah masalah lain. Tetapi mencoba menurunkan berat badan sampai kelaparan tidak pernah menjadi hal yang baik. 

Berikut adalah beberapa komplikasi medis yang mungkin dialami seorang remaja dengan anoreksia:

Perawatan untuk anoreksia pada remaja

Jika anak remaja Anda mendapat diagnosis anoreksia, sekarang saatnya untuk mendapatkan bantuan. Rencana perawatan untuk anoreksia melibatkan kombinasi rehabilitasi medis dan psikologis.

Beberapa perawatan yang digunakan untuk mengobati anoreksia meliputi:

  • Terapi keluarga dan individu
  • Obat-obatan termasuk antidepresan dan suplemen estrogen 
  • Beberapa pasien bahkan mungkin perlu dirawat di rumah sakit untuk pulih

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Five things to know about safety of dietary supplements for children and teens. National Center for Complementary and Integrative Health. https://nccih.nih.gov/health/tips/child-supplements.
Lebow J, et al. The effect of atypical antipsychotic medications in individuals with anorexia nervosa: A systematic review and meta-analysis. International Journal of Eating Disorders. 2013;46:332.
Lebow J, et al. Is there clinical consensus in defining weight restoration for adolescents with anorexia nervosa? Eating Disorders. In press.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app