Kenali ​Laringitis ( Radang Pita Suara ) Dari Penyebab, Gejala dan, Pengobatannya

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 519.332 orang

Untuk kamu yang bukan sekolah atau lulusan kedokteran, tentunya akan merasa sangat asing bila mendengar istilah laringitis. Ya memang istilah laringitis bukanlah istilah umum yang banyak dipakai oleh para dokter atau ahli kesehatan di sekitar kita. 

Team dokter dan medis lebih banyak memakai istilah radang pita suara dari pada menyebut istilah laringitis. 

Istilah Laringitis sendiri selain lebih banyak dikenal oleh team kedokteran dan medis, juga pastinya dikenal baik oleh mereka yang memiliki pekerjaan yang banyak menggunakan pita suara setiap harinya seperti para penyanyi, penyiar radio, pengisi suara dan semacamnya karena penyakit satu ini juga banyak disebabkan oleh penggunaan pita suara yang berlebihan. 

Nah untuk menambah ilmu pengetahuanmu mengenai penyakit laringitis, disini kita akan berbagi berbagai informasi mengenai laringitis dan serba serbinya.

Laringitis dan serba serbinya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, laringitis ialah suatu keadaan dimana terjadi peradangan pada bagian laring atau area kotak pita suara di dalam tenggoran seseorang dimana pita suara orang tersebut mengalami pembengkakkan dan membuat suara yang dikeluarkan menjadi serak bahkan hingga hilang suara sama sekali. 

Pita suara sendiri merupakan area lipatan membran mukosa pada laring seseorang dan begitu meradang dan membengkak maka suara yang dibentuk dari udara yang melewati pita suara akan menjadi serak dan parau. 

Kondisi laringitis sendiri umumnya akan membaik dengan sendirinya dalam jangka waktu 2 hingga 3 minggu, namun bisa juga melebihi waktu tersebut akibat laringitis yang sudah parah atau sudah kronis.

Laringitis juga memiliki beberapa ciri ciri yang perlu kamu ketahui agar bisa tahu bahwa kamu sedang mengalami kondisi laringitis yaitu suka berdehem untuk membersihkan sakit tenggorokanmu dari dahak, suara menjadi serak dan parau serta pelan, timbulnya rasa gatal pada area tenggorokan bagian dalam,rasa sakit pada tenggorokan dan tenggorkan menjadi kering.

gt;dapat beberapa faktor penyebab yang bisa membuat seseorang mengalami kondisi laringitis seperti berikut :

  • Kerusakan pada pita suara. 
    Hal ini paling banyak ditemukan pada mereka yang terlalu memforsir kerja pita suaranya seperti bernyanyi tanpa henti dan dengan nada tinggi, berteriak terlalu keras dan semacamnya sehingga getaran pada pita suara melebihi batas ketahanan yang dimiliki oleh pita suara seseorang. Selain itu, batuk yang berkepanjangan, cedera fisik dan kecelakaan lainnya juga mampu membuat seseorang mengalami kerusakan pada area pita suaranya dan meningkatkan resiko mengalami laringitis.
  • Adanya infeksi jamur, virus dan bakteri.  
    Infeksi virus yang biasa sering menyebabkan laringitis ialah virus influeza dimana sering kita temukan atau mungkin rasakan bahwa saat kita sedang terjangkt penyakit flu, maka saat hidung sedang tersumbat, suara kita pun bisa turut serak dan parau dan kadang cenderung menghilang selama beberapa hari. Virus influenza inilah yang turut menyebabkan kondisi laringitis pada tenggorokan seseorang. Untuk infeksi bakteri sendiri, yang paling banyak menyebabkan laringitis ialah bakteri difteri dan untuk infeksi jamur yang paling umum dan banyak menyebabkan laringitis ialah jamur Candida yang juga dapat menimbulkan sariawan pada bibir atau mulut seseorang. Dari antara ke tiga jenis penyebab infeksi ini, virus merupakan penyebab utama seseorang terkena laringitis akibat infeksi. Infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur lebih jarang ditemui dan lebih banyak ditemui pada mereka yang mempunya kekebalan tubuh yang rendah.
  • Akibat adanya reaksi laergi seperti alergi pada debu
  • Akibat penyakit GERD atau Gastroesophageal reflux disese (GERD) yang bisa menyebabkan naiknya asam lambung ke tenggorokan melewati daerah kerongkongan dan menyebabkan terjadinya irtasi dan pengeringan pada laring. Hal ini banyak diakibatkan oleh kegiatan merokok dan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan
  • Mengkonsumsi obat obatan kortikosteroid yang biasa banyak dihirup oleh para penderita asma

Untuk pengobatannya sendiri, pasien yang mengalami kondisi laringitis umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari seminggu. Pengobatan yang diberikan biasanya bertujuan untuk meredakan rasa nyeri yang timbul akibat efek laringitis itu sendiri. 

Untuk mencegah kamu mengalami kondisi laringitis, konsumsilah air putih dengan jumlah yang banyak, jaga pola hidup sehatmu dengan tidak banyak merokok dan mengkonsumsi alkohol, jangan terlalu sering terpapar debu dan polusi, dan gunakan penyaring udara seperti humidifier agar udara di rumah maupun kamarmu terjaga kebersihannya. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit