Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Erythromycin: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.517.919 orang

Erythromycin- Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Obat Erythromycin adalah salah satu jenis obat antibiotik yang diberikan untuk beberapa penyakit akibat infeksi bakteri. Erythromycin termasuk dalam obat golongan antibiotik makrolid yang memiliki spektrum luas sehingga dapat membasmi bakteri gram positif dan negatif yang menimbulkan infeksi di dalam tubuh.

Obat Erythromycin diindikasikan berbagai infeksi akibat bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan menyerang organ seperti paru-paru, sistem pencernaan, mata, ginjal, dan kulit kelamin.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Obat golongan makrolid sendiri sudah mulai digunakan sejak tahun 1950 dan tergolong suskes dalam membasmi penyakit akibat dari infeksi bakteri. Selain Erythromycin, obat lain yang termasuk dalam golongan makrolid antara lin Clarithromycin, Azithromycin, dan Fidaxomicin.

Obat golongan makrolid seperti Erythromycin banyak diberikan pada orang yang memiliki alergi terhadap obat golongan penisilin. Alasin lain diberikannya obat Erythromycin adalah obat ini juga bekerja untuk menyerang bakteri jenis gram negatid seperti Haemophilus influenza dan B. pertussis.

Mengenai Obat Erythromycin

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet, kapsul, sirop kering, gel

Kandungan:

Antibiotik makrolid

Manfaat Obat Erythromycin

Obat antibiotik Erythromycin sangat cocok diberikan pada infeksi bakteri yang menyebabkan penyakit diantaranya:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bronkitis

Bronkitis atau radang pada saluran bronkial di paru menjadi masalah utama pada saluran pernapasan karena dapat memicu penyakit paru obstruktif kronis atau disingkat PPOK. Penyakit ini sering muncul terutama pada perokok aktif.  Bronkitis akan menimbulkan gejala seperi batuk berdahak kekuningan, sesak napas, dan demam ringan.

Infeksi Saluran Kemih

Terjadinya infeksi saluran kemih disebabkan oleh penyebaran bakteri Escheria coli dan berkembang di organ seperti kandung kemih, ginjal, dan saluran uretra. Penyakit ini banyak terjadi pada wanita dimana ginjal yang mengalirkan urin sudah terkontaminasi dengan bakteri. Gejala yang muncul antara lain nyeri berkemih, demam, warna urin keruh dan berbau tidak sedap.

Osteomyelitis

Osteomyelitis adalah suatu peradangan pada tulang akibat infeksi bakteri. Osteomyelitis dapat terjadi secara akut hingga kronis berdasarkan lama pajanan infeksi serta hasil pemeriksaan radiologis dengan bantuan rontgen.

Infeksi Kulit

Berbagai infeksi kulit yang dapat disembuhkan dengan obat Erythromycin antara lain bisul, abses, impetigo, erisipelas, dan jerawat ringan.

Kolesistitis

Kolessistitis adalah peradangan yang terletak di kantung empedu yang berfungsi sebagai pembuang zat-zat dari sisa metabolisme serta racun yang ada di dalam tubuh.

Otitis Media

Otitis media merupakan suatu peradangan pada telinga tengah yang menimbulkan kesan kemerahan pada membran timpani serta menimbulkan nyeri hingga hilangnya pendengaran.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Demam rematik

Demam rematik merupakan suatu kompliaksi akibat suatu peradangan organ seperti hati, kulit, jantung, dan persendian akibat infeksi bakteri Streptococcus.

Obat Erythromycin juga dapat diberikan sebagai terapi pencegahan pada demam rematik.

Dosis dan Aturan Pakai Obat Erythromycin

Sebelum mengonsumsi obat Erythromycin, hendaknya untuk memeriksa tanggal kadaluarsa obat serta petunjuk penggunaan dalam kemasan. Obat Erythromycin tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, sirop kering, dan gel oles. Obat ini sebaiknya dikonsumsi setelah makan dan dengan air putih

Pada pasien dewasa, obat Erythromycin diberikan sebanyak dua kali sehari dengan dosis 500 mg perkalinya. Lalu pada anak-anak diberikan dosis sebanyak 50 mg hingga 75 mg/kgBB per hari. Maksimal pemakaian  obat Erythromycin perharinya yaitu sebanyak 4 gram per hari. 

Untuk beberapa jenis infeksi kulit, gel Erythromycin juga tersedia dengan hanya mengoleskan gel ke daerah kulit yang terkena infeksi. 

Efek Samping Obat Erythromycin

Beberapa efek samping mulai ringan hingga berat dapat terjadi selama mengonsumsi obat Erythromycin. Efek samping yang ditimbulkan antara lain :

  • Ruam kemerahan
  • Gatal pada kulit
  • Sakit kepala
  • Perut kembung
  • Nyeri perut
  • Sering buang angin

 Efek samping yang lebih berat namun jarang terjadi diantaranya:

  • Halusinasi
  • Peradangan organ hati
  • Peradangan usus

Interaksi Obat Erythromycin

Obat erythromycin dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain, termasuk:

  • Cisapride
  • Ergotamine
  • Obat benzodiazepines
  • Digoxin
  • Obat colchicine
  • Teofilin
  • Obat darah tinggi golongan antagonis kalsium
  • Sildenafil
  • Ciclosporin
  • Tacrolimus
  • Carbamazepines

Perhatian

Sebelum mengonsumsi obat Erythromycin, ada perhatian khusus yang perlu diketahui yaitu :

  • Tidak boleh mengonsumsi obat Erythromycin pada penderita gangguan fungsi hati.
  • Konsultasi ke dokter apabila anda memerlukan obat Erythromycin di masa kehamilan
  • Obat Erythromycin tidak boleh diberikan bersamaan dengan obat-obatan seperti theophyline (obat asma), verapamil (obat anti hipertensi penghambat kalsium), simvastatin, atrovastatin (obat kolesterol) dan obat golongan ergot (untuk migraine)
  • Beritahukan dokter bila Anda memiliki riwayat penyakit myasthenia gravis, gangguan ginjal, gangguan hati , porfiria dan lainnya. 
  • Obat Erythromycin tidak boleh diberikan bersamaan dengan obat tradisional seperti herbal TCM.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp