Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN

Wild Asparagus: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 17, 2019 Tinjau pada NOV 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 815.769 orang

Wild asparagus diyakini mulai tumbuh dari 2.000 tahun yang lalu di wilayah Mediterania, dimana tanaman ini biasa digunakan karena memiliki kualitas sebagai tanaman obat.

Jenis yang paling umum adalah hijau, tetapi Anda mungkin sering juga melihat dua jenis lainnya: putih, yang lebih halus dan sulit dipanen, dan ungu, yang berukuran lebih kecil dan banyak buahnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Wild asparagus kerap digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih dan kondisi lain dari saluran kemih yang menyebabkan rasa sakit dan bengkak.

Kegunaan lain termasuk pengobatan nyeri sendi (rematik), ketidakseimbangan hormon pada wanita, kekeringan pada paru-paru dan tenggorokan, sembelit, nyeri saraf (neuritis), dan penyakit yang disebabkan oleh parasit.

Wild asparagus juga digunakan untuk mencegah batu ginjal dan kandung kemih dan anemia karena kekurangan asam folat. Beberapa orang mengoleskan wild asparagus langsung ke kulit untuk membersihkan wajah, mengeringkan luka, dan mengobati jerawat.

Mengenai Wild Asparagus

  • Golongan: Asparagus officinalis, dari famili Asparagaceae, obat herbal
  • Kemasan: kapsul, ekstrak
  • Kandungan: potasium, serat, vitamin B6, vitamin A and vitamin C, and thiamin

Manfaat penggunaan Wild Asparagus

Sumber Vitamin K

Vitamin K merupakan vitamin pembekuan darah. Banyak penelitian menunjukkan bahwa vitamin K juga dapat meningkatkan kesehatan tulang.

Vitamin K tidak hanya dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pada penderita osteoporosis, tetapi sebenarnya juga mengurangi tingkat patah tulang.

Vitamin K juga merupakan kunci dalam mendukung kesehatan jantung. Vitamin ini membantu mencegah pengerasan pembuluh darah, termasuk menjaga kalsium keluar dari lapisan arteri dan jaringan tubuh lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Sumber serat

Kandungan serat dalam wild asparagus membantu mempermudah proses pencernaan di dalam usus.

Serat juga berfungsi melepaskan asam organik dalam tubuh yang memberi bahan bakar, membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan fungsi hati, dan membersihkan tubuh kita dari racun, patogen, kolesterol jahat, dan gula tambahan.

Sumber vitamin B1 (thiamin)

Thiamin berperan membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi, yang penting untuk meningkatkan metabolisme, fokus, dan kekuatan.

Thiamin juga berfungsi dalam mengatur homocysteine, yang merupakan asam amino yang dapat menyebabkan penyakit jantung jika mencapai kadar berlebihan dalam darah. Ini menjadikan wild asparagus bagus untuk memelihara kesehatan jantung.

Membantu melawan kanker

Aspek mengejutkan tentang nutrisi wild asparagus adalah kaya akan glutathione, senyawa detoksifikasi yang dapat membantu menghancurkan karsinogen.

Glutathione memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Wild asparagus dapat membantu melawan dan melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu, termasuk kanker tulang, payudara, paru-paru dan usus besar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Manfaat lainnya

  • Mengobati infeksi saluran kemih
  • Mengobati nyeri sendi (rematik)
  • Mengurangi ketidakseimbangan hormon pada wanita
  • Mengobati kekeringan pada paru-paru dan tenggorokan,
  • Mengobati sembelit

Efek Samping penggunaan Wild Asparagus

Wild asparagus termasuk aman digunakan sebagai bahan campuran makanan ataupun kandungan pada obat-obatan herbal. Namun, wild asparagus dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang ketika dimakan atau digunakan secara topikal pada kulit.

Dosis

Belum ada informasi yang cukup untuk menentukan dosis tepat penggunaan wild asparagus. Dosis wild asparagus tergantung pada beberapa faktor individu seperti usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya.

Pastikan Anda mengikuti petunjuk pada label produk herbal wild asparagus, dan berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan wild asparagus.

Interaksi

Interaksi dengan Lithium

Mengonsumsi wild asparagus dapat mengurangi seberapa baik tubuh menghilangkan lithium. Hal ini dapat meningkatkan jumlah lithium dalam tubuh dan menghasilkan efek samping yang cukup serius. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan wild asparagus. Dosis lithium Anda mungkin perlu diubah.

Perhatian

  1. Ekstrak wild asparagus digunakan untuk dalam obat pengontrol kelahiran, sehingga dapat membahayakan keseimbangan hormon selama kehamilan. Hindari jika Anda sedang hamil.
  2. Wild asparagus dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang sensitif terhadap tanaman famili Liliaceae lainnya termasuk bawang merah, bawang putih, bawang prei dan kucai.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp