Menyusui

Waspadai Sulit Menyusui Akibat Stres Seperti Khloe Kardashian

Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Jan 22, 2020 Tinjau pada Sep 13, 2019 Waktu baca: 2 menit

Bagi seorang ibu baru, menyusui merupakan sebuah tantangan tersendiri. Hal tersebut juga dialami oleh Khloe Kardashian setelah melahirkan putri pertamanya yang bernama True Thompson yang lahir bulan April 2018 lalu. 

Kondisi tersebut diketahui dari cuitan pribadinya melalui twitter yang menyatakan bahwa berat badan putrinya semakin turun drastis karena Khloe jarang menyusui akibat produksi ASI yang sedikit. Lalu apakah wajar bila ASI tidak keluar selama berbulan-bulan sesudah melahirkan lalu bagaimana cara mengatasinya?

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

BLACKMORES PREGNANCY BREAST FEED GOLD SOFTCAP 60S merupakan suplemen kehamilan dan menyusui yang penting bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan.

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

ASI Sulit Keluar, Khloe Kardashian Salahkan Perselingkuhan Tristan Thompson

Sulitnya Khloe Kardashian untuk memberikan ASI pada putrinya karena produksi ASI yang bermasalah, menurutnya disebabkan oleh stres berkepanjangan yang ia alami sesudah mengetahui kekasihnya yang bernama Tristan Thompson tertangkap basah sedang berselingkuh ketika Khloe sedang mengandung. 

Shivani Petel, MD selaku dokter spesialis ibu dan janin membenarkan bahwa sulitnya ASI Khloe untuk keluar salah satunya disebabkan oleh stres.

Produksi ASI yang bermasalah dalam beberapa minggu sesudah melahirkan bisa dipengaruhi oleh stabilitas emosi sang ibu. Pada kondisi normal, otak akan melepaskan hormon oksitosin dan proktin secara rutin ke dalam darah sehingga bisa memicu produksi ASI. 

Tetapi dalam kondisi stres maka otak akan memusatkan energinya untuk melepaskan hormon kortisol dengan jumlah yang berlebihan. Jumlah hormon kortisol yang tinggi akan membuat pelepasan oksitosin dan prolaktin menjadi lambat ke aliran darah. Kondisi inilah yang menyebabkan produksi ASI menjadi berkurang bahkan terhenti.

Efek stres jangka pendek yang dialami oleh ibu menyusui biasanya bersifat sementara. Selama anda membebaskan pikiran dari penyebab stres tersebut. Tetapi tidak menutup kemungkinan saat kadar hormon kortisol semakin tinggi dan dibiarkan akibat stres yang berkepanjangan maka akhirnya juga akan mengganggu program ASI eksklusif.

Tips Agar ASI Lancar Bagi Ibu yang Sulit Menyusui

Supaya produksi ASI semakin lancar maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya memijat payudara, memompa ASI, mengkonsumsi teh herbal dan konsultasi ke dokter dan spesialis laktasi

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Dapatkan Obat Diabetes Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 36

Untuk ibu menyusui yang merasa stres sebaiknya segera mencari dan menerima bantuan dari orang terdekat. Cara ini perlu dilakukan agar stres tersebut hilang lalu dukung pula dengan beristirahat yang cukup agar memulihkan serta mempertahankan ASI dalam jumlah yang memadai.

Saat anda ingin menyusui maka buatlah kondisi anda serileks mungkin agar anda bisa merasa nyaman. Untuk itu silakan mencari ruangan yang sejuk dan nyaman lalu sediakan minum yang cukup sambil mendengarkan musik atau melihat televisi. 

Selain itu jauhkan diri anda dari berbagai gangguan misalnya dering telepon genggam supaya tidak mengganggu proses menyusui. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kontak kulit langsung antara ibu dan anak dapat membantu merangsang produksi oksitosin dan prolaktin yang merupakan dua hormon yang terlibat dalam produksi ASI.

Memberikan Susu Formula

Berdasarkan kasus yang dialami oleh Khloe, ia juga menyatakan bahwa sudah mencoba berbagai cara namun tetap masih belum berhasil. Meskipun tak diketahui yang menjadi penyebab stres tersebut namun stres berat yang dialami dalam jangka panjang akan memberikan efek permanen bagi tubuh. 

Bahkan kondisi tersebut akan membuat ASI tidak keluar selama berbulan-bulan sesudah melahirkan.

Khloe juga menceritakan bahwa payudaranya terasa nyeri saat menyusui. Payudara yang sakit saat menyusui tersebut biasanya terjadi akibat bayi yang menggigit atau menarik puting dan tidak dihisap karena ia frustasi tidak memperoleh ASI. 

Hal inilah yang membuatnya beralih menggunakan susu formula supaya bisa memastikan putrinya akan memperoleh cukup makan di masa tumbuh kembangnya.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Clogged milk duct: Symptoms, home remedies, and prevention. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322965.php)
Breast Engorgement: Causes and Tips for Relief. Healthline. (https://www.healthline.com/health/breast-engorgement)
Breast Engorgement After Stopping Breast-Feeding Suddenly - Tips for Pain Relief. WebMD. (https://www.webmd.com/women/what-is-engorgement)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app