Menyusui

Ketahui 8 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Agar ASI Lancar

Dipublish tanggal: Feb 28, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ketahui 8 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Agar ASI Lancar

Setiap Ibu pasti selalu ingin memberi yang terbaik untuk anaknya. ASI atau air susu ibu merupakan makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan. Namun tak jarang, ketika Ibu ingin menyusui ASI pun tak kunjung keluar atau keluar tapi hanya sedikit dan tidak lancar.

Hampir semua Ibu pernah mengalami masalah saat hendak memberikan ASI untuk buah hatinya. Salah satunya adalah kebingungan tentang suplai air susu yang kamu miliki. "Sudah cukup belum sih ASI saya?"  Itu merupakan salah satu dari banyak pertanyaan para Ibu ketika akan menyusui setelah melahirkan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Kondisi ASI yang sulit keluar setelah melahirkan atau ASI sedikit, bukanlah hal yang aneh. Kondisi tersebut wajar dan kerap dialamai oleh beberapa ibu lainnya. Kamu tidak perlu dikhawatirkan sebab setiap orang memiliki tingkat hormon yang berbeda-beda di dalam tubuhnya.

ASI mungkin bisa saja tidak keluar karena beberapa faktor, mulai dari kelahiran prematur, ibu yang stres atau mengalami perdarahan hebat selama melahirkan, memiliki diabetes gestasional, hingga obesitas dan lainnya. 

Namun kejadian ASI tidak keluar sama sekali setelah melahirkan termasuk kejadian langka, karena kolostrum atau ASI pertama biasanya sudah lebih dulu muncul sesaat sebelum bayi kamu lahir.

Dalam hal ini yang diperlukan adalah tindakan untuk menstimulus supaya ASI bisa keluar dengan lancar sehingga kebutuhan buah hati kamu akan terpenuhi. 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melancarkan produksi ASI jika payudara kamu tidak kunjung mengeluarkan ASI, diantaranya sebagai berikut:

1. Hypnobreastfeeding

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ketika ASI tidak keluar sesaat setelah melahirkan yaitu dengan melakukan hypnobreastfeeding. 

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Teknik hypnobreastfeeding merupakan teknik untuk menciptakan suasana tenang dengan ilusi atau membayangkan banyaknya ASI yang bisa kamu keluarkan. 

Sebaliknya, hati yang stress misalnya baru beradaptasi dengan si bayi ketika baru lahir, tuntutan yang tinggi untuk segeragt;dapat menyusui akan menghambat produksi ASI kamu.

2. Kontak kulit ibu dan bayi

kontak kulit antara ibu dengan bayi bisa membantu merangsang hormon oksitosin dan prolaktin yang mempengaruhi produksi ASI. Caranya cukup mudah dengan mendekap bayi kamu langsung bersentuhan dengan kulit dan menawarkan payudara kamu.

3. Memijat payudara

Memijat payudara bisa membantu memperlancar peredaran darah dan produksi ASI pada ibu menyusui.  Dengan memijat payudara, kelenjar susu yang mungkin tersumbat atau menggumpal akan pelan-pelan terurai. ASI pun bisa keluar dengan lancar. 

Jika produksi ASI pertama kamu lancar, payudara akan  menghasilkan ASI lebih banyak lagi. Memijat payudara juga membantu kamu merasa lebih rileks dan nyaman.

4. Stimulasi putting

Cara lain untuk memperlancar ASI yaitu dengan stimulasi puting untuk meningkatkan hormon oksitosin. Caranya sangat mudah kamu bisa menyentuh lembut bagian putting secara perlahan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

5. Menghangatkan payudara

ketika ASI sulit keluar, payudara kamu biasanya akan membengkak. Untuk meredakannya kamu bisa menghangatkan payudara dengan mengompresnya atau mandi air hangat. Cara ini juga bisa membantu menstimulasi keluarnya ASI.

6. Pijat oksitosin

Jika ASI kamu tidak kunjung keluar setelah melahirkan bisa diatasi dengan pijat oksitosin. Adapun teknik pijat ini yaitu dengan memijat bagian leher kemudian turun ke bagian punggung secara perlahan menggunakan jari tengah atau jempol. Teknik ini dinilai sangat efektif untuk merangsang produksi ASI.

7. Konsumsi daun katuk

Untuk memperlancar ASI kamu bisa mengkonsumsi daun katuk, karena daun katuk mengandung laktagagum, polifenol dan steroid yang bisa meningkatkan kadar hormone prolaktin. Hormon tersebut lah yang akan menstimulus ASI.

8. Dukungan ayah dan keluarga

motivasi yang kuat dari dalam diri  kamu untuk memberikan ASI terbaik akan sia sia, jika ayah si bayi dan keluarga tidak memberikan dukungan. Jangan mendesak Ibu untuk segera mengeluarkan ASI. Desakan itu justru akan membuat ASI tidak kunjung keluar. 

Justru yang perlu dilakukan adalah ciptakan suasana yang nyaman di dalam keluarga sehingga si Ibu merasa rileks dan nyaman. Dengan demikian ASI akan terproduksi dengan lancar.

Disclaimer:

Menyusui merupakan proses penting untuk memberikan nutrisi pada bayi maka dari itu menyusui harus segera kamu lakukan sesaat setelah bayi lahir. 

Hal tersebut merupakan cara umum yang bisa dilakukan ketika ASI tak kunjung keluar atau kurang lancar. Jika kamu masih mengalami kesulitan keluarnya ASI sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter yang lebih ahli.

19 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Milk Volume - Nutrition During Lactation. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK235589/)
How To Increase Breast Milk Production. TheBump.com. (https://www.thebump.com/a/increase-milk-supply)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app