Kesehatan Fisik

Waspada Pendarahan Dari Hidung dan Mulut

Dipublish tanggal: Mar 11, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Waspada Pendarahan Dari Hidung dan Mulut

Anda pasti sering melihat orang yang mimisan. Mimisan sendiri adalah proses perdarahan yang berasal dari rongga hidung dan ada banyak penyebab keluar darah dari hidung yang bisa dikenali.

Umumnya mimisan tidak berbahaya dan dapat berhenti sendiri dengan sendirinya. Namun jika mimisan disertai dengan adanya pengeluaran darah dari mulut berupa batuk darah atau muntah darah, hal ini mungkin bisa jadi merupakan masalah yang serius.

Jika Anda mengalami pendarahan dari hidung dan mulut,Penyebabnya tidak bisa diketahui secara pasti sampai Anda melakukan pemeriksaan intensif dengan dokter Anda. Keadaan ini pasti merupakan keadaan yang memerlukan pertolongan medis dan harus segera ditolong, ada beberapa kemungkinan terjadinya kelainanan ini diantaranya:

1. Penyakit von Willebrand

Penyakit ini adalah penyakit keturunan yang menyebabkan darah pada manusia sulit untuk membeku. Faktor koagulasi tidak terdapat di dalam darah ketika seseorang menderita penyakit ini, sehingga bila terluka malah menyebabkan perdarahan cukup serius dan lama.

Gejala dari penyakit yang bernama von Willebrand ini salah satunya adalah keluarnya darah dari hidung alias mimisan. Mungkin banyak dari kita yang kadang memiliki rasa penasaran tentang mimisan gejala penyakit apa.

Selain itu, karena adanya kelainan pada faktor koagulasi, dapat menyebabkan pendarahan masif terjadi, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya pendarahan dari mulut yang timbul bersamaan dengan pendarahan pada hidung.

2. Sinusitis

Peradangan atau inflamasi yang terjadi di bagian dinding sinus merupakan sebuah kondisi yang dinamakan dengan sinusitis. Sinus sendiri merupakan bagian hidung yang berupa rongga kecil dengan udara di dalamnya dan berlokasi di belakang tulang dahi dan pipi.

Penyakit ini memiliki gejala keluar darah dari hidung dan cukup umum terjadi serta mampu menyerang segala usia.

Terdapat 2 macam Sinusitis, yaitu sinusitis anterior dan sinusitis posterior. Saat terjadi pendarahan pada sinusitis posterior yang letaknya lebih pada pangkal hidung yang berdekatan pada mulut, maka, darah bisa keluar melalui hidung dan mulut.

3. Konsumsi alkohol berlebihan

Seperti yang kita ketahui, minuman keras dapat menyebabkan pendarahan pada saluran cerna, namun apakah minuman beralkohol dapat menyebabkan darah keluar dari hidung? Zat di dalam minuman beralkohol sangat berbahaya untuk tubuh, termasuk juga pada kesehatan pernapasan.Perdarahan dapat terjadi dari rongga hidung sebagai akibat mengonsumsi minuman beralkohol.

Meminumnya secara berlebihan mampu berdampak buruk, seperti halnya terjadi mimisan. Tak hanya itu, kerugian juga berpotensi berupa kesehatan sistem saraf otak yang terganggu.

Bahkan Anda juga sebetulnya rugi dalam hal keuangan di mana Anda hanya membuang uang sekaligus merusak kesehatan di saat yang sama.

4. Demam berdarah

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang paling sering menimbulkan gejala mimisan bagi pasiennya.

Biasanya ketika demam berdarah, pasien akan mengalami pendarahan, dan tidak jarang pendarahan tersebut akan muncul dan keluar melalui hidung, dan bila gejalanya sudah parah, kemungkinan pendarahan akan terjadi pada seluruh tubuh tidak terkecuali saluran pencernaan, sehingga saat seseorang menderita demam berdarah tingkat lanjut, kemungkinan orang tersebut akan mengalami pendarahan dari mulut.

5. Tuberkulosis

Tuberkulosis adalah salah satu infeksi yang dapat mempengaruhi sistem pernafasan dan pencernaan. Ketika seseorang yang menderita TB kronik batuk terlalu keras, maka pembuluh darah yang mulai rapuh akibat serangan bakteri TB di paru-paru akan pecah.

Jika pembuluh darah di saluran napas besar yang pecah, maka sangat membahayakan. Perdarahan hebat akan terjadi mirip seperti muntah darah. Perdarahan merah segar tanpa bercampur nasi merupakan ciri khas perdarahan dari saluran napas.

6. Kanker

Kanker stadium akhir dapat menyebar keseluruh bagian tubuh, dan biasanya saat seseorang terkena kanker, maka daya tahan tubuhnya akan lemah, sehingga seluruh sistem pada tubuhnya pun akan lemah. Salah satunya adalah sistem pembekuan darah.

Pada pasien dengan kanker stadium lanjut, mimisan adalah hal yang wajar. Sedangkan pada saat yang bersamaan, jika kanker sudah menginvasi bagian sistem pencernaan, maka muntah darah pun akan terjadi.

Masih banyak penyakit yang dapat menyebabkan pendarahan pada hidung dan mulut. Jika terjadi pendarahan pada hidung dan mulut secara bersamaan, dapat dipastikan bahwa Anda menderita suatu penyakit yang cukup serius.

Oleh karena itu, jangan menunggu hingga darah berhenti mengalir, Segera laporkan hal ini ke rumah sakit atau pusat pelayanan medis terdekat.

62 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2014, September 19). Dengue fever (http://www.mayoclinic.com/health/dengue-fever/DS01028)
Martina, B. E. E., Koraka, P., Osterhause, A. (2009, October). Dengue virus pathogenesis: An integrated view. Clinical Microbiologu Review, 22(4), 564-581.
Gubler, D. J. (1998). Dengue and Dengue Hemorrhagic Fever. Clinical Microbiology Reviews, 11(3), 480–496 (http://cmr.asm.org/content/11/3/480.full)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app