HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Vitamin dan Suplemen untuk Kesehatan Sendi dan Penggantian Lutut

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 26, 2020 Waktu baca: 2 menit
Vitamin dan Suplemen untuk Kesehatan Sendi dan Penggantian Lutut

Setelah operasi penggantian lutut, sangat penting untuk menjaga kesehatan sendi Anda. Pendekatan terbaik adalah dengan mengonsumsi makanan utuh yang kaya akan vitamin yang Anda butuhkan. 

Jika Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan vitamin dalam diet Anda sendiri, suplemen dapat membantu. Vitamin dan suplemen dapat memainkan peran positif dalam membantu proses penyembuhan, meskipun penting untuk memeriksa dengan dokter Anda tentang pro dan kontra dari setiap zat tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Hindari vitamin K setelah operasi

Segera setelah operasi dan saat mengkonsumsi obat pengencer darah, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghindari makanan tinggi vitamin K, yang berkontribusi terhadap pembekuan darah

Makanan yang mengandung vitamin K Ini termasuk:

  • brokoli
  • kol
  • kubis Brussel
  • hati
  • kacang hijau
  • kacang garbanzo
  • kacang-kacangan
  • kedelai
  • kubis
  • kubis
  • bawang

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan vitamin C dan seng

Dokter mungkin menyarankan agar Anda melengkapi diet Anda dengan vitamin C dan seng. Kedua zat ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan menangkal virus serta infeksi.

Tingkatkan kesehatan tulang dengan Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam kesehatan tulang karena membantu meningkatkan kepadatan tulang. Anda bisa mendapatkan vitamin D dalam tiga cara:

  • makan makanan seperti ikan, jamur, dan produk susu
  • mendapatkan 5 hingga 30 menit paparan sinar matahari
  • konsumsi suplemen vitamin D

Bantu luka Anda sembuh dengan vitamin E

Beberapa laporan penelitian mengklaim bahwa vitamin E - khususnya minyak vitamin E - dapat membantu penyembuhan luka dan mengurangi pembentukan bekas luka. 

Beberapa dokter menyarankan untuk mengoleskan minyak ke luka tertutup Anda tiga kali sehari setelah jahitan dilepas. Namun, baru ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung mengenai hal ini. Beberapa penelitian lain, juga menunjukkan bahwa vitamin E sebenarnya dapat memperburuk penampilan bekas luka. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Tanyakan kepada dokter Anda sebelum menggunakan vitamin E.

Dokter Anda mungkin meresepkan zat besi

Dokter bedah Anda kemungkinan akan meresepkan zat besi setelah operasi. Suplemen ini bermanfaat untuk mengisi ulang zat besi dalam darah Anda yang hilang selama operasi. 

Konsumsi suplemen selama sekitar empat minggu. Zat besi dapat membantu mekanisme pembekuan darah Anda dan membantu Anda menghindari anemia.

Pertimbangkan suplemen herbal

Berbagai suplemen herbal dapat membantu tubuh Anda pulih setelah operasi penggantian lutut. Teh hijau dan teh rosehip memiliki sifat antioksidan dan dapat meningkatkan penyembuhan luka. 

Mengoleskan witch hazel juga dapat mengurangi bekas memar setelah sayatan sembuh. Echinacea dan bromelain dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan penyembuhan. Arnica serta obat homeopati juga diketahui dapat mengurangi memar.

Banyak dari herbal-herbal ini dikatakan dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan atau melawan infeksi dan mempromosikan penyembuhan luka. Namun, belum ada bukti konklusif terpercaya yang menyatakan bahwa zat ini memberikan manfaat apa pun. Konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan obat apapun.

Pertimbangkan suplemen non-herbal

Beberapa suplemen dan zat non-herbal lainnya juga dapat membantu penyembuhan, termasuk melawan infeksi dan membangun kembali jaringan. 

Suplemen non-herbal ini termasuk:

  • koenzim Q10
  • asam lemak esensial
  • asam amino bentuk bebas
  • L-lisin
  • L-sistein
  • L-glutamin
  • MSM
  • Pycnogenol

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
VASO (Vitamin D and Arthroplasty Surgery Outcomes) study - supplementation of vitamin D deficiency to improve outcomes after total hip or knee replacement: study protocol for a randomised controlled feasibility trial. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5669000/)
Vitamin C demand is increased after total knee arthroplasty: a double-blind placebo-controlled-randomized study. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29955932)
Common Vitamins and Supplements to Treat total knee replacement.aspx. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/condition-2030/total+knee+replacement.aspx)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app