Demi Kesehatan, 5 Teh Herbal Ini Wajib Dikonsumsi

Dipublish tanggal: Apr 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Demi Kesehatan, 5 Teh Herbal Ini Wajib Dikonsumsi

Secara umum, orang pasti mengenal air putih sebagai minuman terbaik untuk kesehatan. Tetapi, apakah Anda tahu teh herbal baik untuk kesehatan? Teh merupakan salah satu minuman yang terkenal di dunia memiliki manfaat baik bagi tubuh karena dapat membantu hidrasi dan memiliki nutrisi pelindung.

Teh herbal sendiri agak sedikit berbeda dengan teh biasa, karena teh herbal merupakan infus dari berbagai tanaman bukan teh yang bisa saja berasal dari bunga, tumbuhan, rempah-rempah, maupun akar lainnya. Sebagian besar dari teh herbal ini tidak mengandung kafein sehingga tidak akan membuat Anda terjaga di malam hari dan tidak kalah penting, teh herbal memiliki aroma yang menyenangkan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca juga: Benarkah Rutin Minum Secangkir Teh Dapat Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak?

Ingin tahu apa saja jenis teh herbal yang wajib dikonsumsi?

Berikut ini adalah beberapa jenis teh herbal yang baik untuk kesehatan:

1. Chamomile

Dalam pengobatan tradisional, teh chamomile telah lama dikenal sebagai minuman yang dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan karena memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan rasa kantuk dan membantu mengurangi insomnia.

Teh chamomile juga memiliki kandungan anti inflamasi sehingga dapat digunakan juga untuk membantu mengurangi tingkat keparahan kram akibat menstruasi, membantu mencegah terjadinya tukak lambung, dan mengurangi tingkat keasamaan pada lambung.

Selain itu, chamomile sendiri memiliki kegunaan untuk melindungi kepadatan tulang, meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan kontrol gula darah, walaupun begitu, belum ada penelitian yang dapat membuktikan kebenarannya.

2. Roobios

Roobios berasal dari daun semak asal Afrika Selatan sehingga dikenal juga dengan sebutan teh semak merah atau teh merah. Selain memiliki kandungan antioksidan dan senyawa anti inflamasi, teh ini juga dianggap memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan mencegah obesitas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Roobios juga memiliki kandungan mineral walau hanya dalam jumlah kecil, seperti zat besi, kalsium, kalium, tembaga, mangan, seng, dan magnesium.

3. Peppermint

Daun peppermint dapat membantu meningkatkan kekuatan ketika mengalami kelelahan terutama bagi para atlet serta dapat meningkatkan fungsi pernapasan. Bahkan menurut beberapa ilmuwan, teh peppermint dapat merelaksasi otot, meningkatkan kadar oksigen pada otak, serta menurunkan senyawa darah yang berkaitan dengan kelelahan.

Efek relaksasi memungkinkan peppermint membantu menenangkan dan meredakan gangguan pencernaan serta gas kembung pada perut. Wangi daun peppermint terbukti mampu mengurangi perasaan lelah dan kecemasan, meredakan sakit kepala, serta dapat meningkatkan kewaspadaan dan daya ingat.

4. Ginger (Teh Jahe)

Jahe telah lama digunakan dalam berbagai bentuk pengobatan tradisional untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan, melawan flu dan pilek, serta mengatasi mual, baik mual di pagi hari selama masa kehamilan ataupun akibat mabuk perjalanan.

Akar jahe terbukti mampu meredakan peradangan yang kuat, membantu mengurangi nyeri otot akibat olahraga, mengurangi rasa sakit pada penderita osteoarthritis, serta membantu meredakan nyeri haid dan mendukung kekebalan tubuh. Teh jahe juga dipercaya mampu melindungi tubuh dari penyakit berat, seperti kanker, penyakit jantung, serta diabetes tipe 2.

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan dari Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

5. Hibiscus

Teh Hibiscus atau teh kembang sepatu memiliki rasa asam yang agak mirip dengan cranberry dan memiliki kandungan yang kaya antioksidan dan antikanker. Teh Hibiscus juga terbukti ampuh menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar HDL “kolesterol baik” dan menurunkan kolesterol LDL serta triglisereida yang buruk pada penderita diabetes.

Teh hibiscus juga dapat membantu melindungi hati dan menurunkan berat badan, lemak tubuh, serta indeks massa tubuh. Selain itu, teh hibiscus juga dapat memiliki potensi anti bakteri dalam melawan berbagai infeksi bakteri, seperti bronchitis, pneumonia, hingga infeksi saluran kemih.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Herbal Teas and their Health Benefits: A Scoping Review. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/31243622)
The top 5 teas for health. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321243.php#1)
Types of Teas and Their Health Benefits. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/features/tea-types-and-their-health-benefits#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan
Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan

Mual pada pagi hari dan mabuk laut, mencegah kanker dan tumor, menurunkan kadar kolesterol dan lipid darah, memperkuat sistem imun dan menghilangkan demam ringan.

Buka di app