Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kehamilan

Vagina Gatal Saat Hamil? Lakukan Cara Ini untuk Mengatasi

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.263.080 orang

Vagina Gatal Saat Hamil? Lakukan Cara Ini untuk Mengatasi

Ketika berada dalam masa kehamilan, wanita hamil tidak hanya merasakan mual dan mual saja. akan tetapi wanita hamil juga sering kali mengalami hal lain yang terkadang membuatnya merasa kurang nyaman, yaitu rasa gatal pada bagian vagina. 

Meskipun gatal sudah menjadi hal yang wajar dialami oleh setiap orang, namun rasa gatal yang berlebihan ketika menyerang Anda saat dalam masa kehamilan, jangan pernah mengabaikan hal ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Apabila rasa gatal tersebut tidak segera ditangani, maka akan menimbulkan penyakit yang serius, hal inilah yang akan membahayakan janin. Oleh karena itu, pentingnya bagi Anda untuk mewaspadai hal ini dengan sebaik mungkin agar tidak membahayakan janin. 

Adanya perubahan hormon estrogen ketika hamil tidak hanya menyebabkan keputihan pada vagina saja, akan tetapi juga bisa menimbulkan rasa gatal. Semakin rasa gatal Anda rasakan, maka akan menimbulkan iritasi pada vagina.

Penyebab miss v gatal

Berikut ini daftar penyebab dari rasa gatal yang dapat menyerang ibu hamil, diantaranya:

  • Vagina yang gatal dapat disebabkan karena adanya produksi keringat di sekitar vagina berlebihan. Hal inilah yang menjadikan vagina terasa lebih lembab. Kondisi lembab inilah yang menimbulkan rasa gatal dan mengalami iritasi.
  • Ketika kondisi hamil, Anda tidak boleh kekurangan dehidrasi, karena hal ini dapat menyebabkan vagina terasa gatal. Rasa gatal yang ditimbulkan dari vagina tidak hanya karena vagina lembab saja, akan tetapi karena jaringan vagina lebih kering dari biasanya juga menjadi penyebabnya.
  • Vagina yang terasa gatal ketika dalam masa kehamilan juga bisa disebabkan karena adanya bacterial vaginosis, infeksi saluran kencing maupun candidiasis.

Selain rasa gatal, ibu hamil juga akan mengalami gejala lain yang dapat untuk Anda ketahui seperti keputihan yang berlebihan dan memiliki bau yang tidak sedap. Selain itu juga akan menimbulkan rasa sakit ketika buang air kecil dan merasakan nyeri pada bagian vagina.

 Apabila rasa gatal tersebut tidak kunjung hilang, maka jangan abaikan hal tersebut, segera bawalah ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan bahwa rasa gatal pada vagina bukalah penyakit yang serius.

Cara mengatasi miss v gatal

Rasa gatal di vagina dapat diatasi dengan cara berikut ini:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengompres vagina dengan air dingin, cara ini bisa untuk meredakan rasa gatal di sekitar vagina.
  • Cegah dehidrasi dengan mengkonsumsi banyak air.
  • Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung probiotik, misalnya seperti yogurt. Makanan inilah yang dapat menyeimbangkan pada jumlah bakteri yang ada di vagina.
  • Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan hindari celana dalam yang terlalu ketat. Masa hamil produksi keringat memang akan semakin banyak, sehingga gunakan pakaian yang terbuat dari bahan katun agar bisa menyerap keringat.
  • Jangan menggunakan sabun mandi atau detergen yang mengandung parfum, karena ibu hamil cenderung memiliki kulit yang lebih sensitif.
  • Hindari kondisi vagina yang lembab, sehingga jaga vagina agar terus kering, khususnya ketika Anda habis dari toilet.

Rasa gatal pada vagina menjadi hal yang wajar terjadi pada wanita manapun. Namun, rasa gatal yang terjadi pada vagina ibu hamil tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena ini membutuhkan perawatan khusus yang harus Anda lakukan agar terhindarkan dari rasa yang tidak nyaman akibat gatal. 

Melalui perawatan teratur itulah yang akan menghindarkan wanita dari serangan infeksi maupun penyakit kelamin yang lain.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit