Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Kenali Trikotilomania dari Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Update terakhir: NOV 11, 2019 Tinjau pada NOV 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.732.345 orang

Definisi Penyakit Trikotilomania

Penyakit Trikotilomania merupakan suatu gangguan mental dengan menunjukkan kebiasannya untuk mencabut rambutnya sendiri. Gangguan ini terdengar aneh tetapi ini merupakan salah satu kelainan psikologis yang perlu bimbingan penanganan. Penyakit trikotilomania didasari oleh adanya gangguan impuls yang disebut impulse-control disorder, dimana dia tidak bisa mengendalikan emosi dan aktivitas yang dilakukan sekarang seakan kondisi mencabut rambut sendiri itu dilakukan secara spontan dan tanpa kesengajaan.

Apa Itu Penyakit Trikotilomania

Penyakit trikotilomania sering ditemukan pada perempuan ketimbang pada laki-laki dan intensitas penyakit paling banyak terjadi pada anak-anak dan remaja terutama pada puncak usia 12 dan 13 tahun. Tetapi penyakit ini tidak menutup kemungkinan timbul pada orang dewasa yang disertai penyebab eksternal seperti stres. Timbulnya penyakit ini akan menetap sangat lama, mulai hitungan bulan hingga tahunan. Penyakit ini juga disertai adanya rasa cemas, depresi, gangguan mood, dan fobia akan suatu hal dalam kehidupannya. Kondisi penyerta tersebut menjadi momen buruk terutama pada anak-anak dan remaja yang sulit mengontrol kepribadian dan perasaan hati. ara penderita trikotilomania tidak hanya terbiasa menarik rambutnya, terkadang penderita Penyakit Trikotilomania juga suka menggigit kuku, mencabut kulit tipis, dan kebiasaan aneh lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apa Yang Menyebabkan Timbulnya Penyakit Trikotilomania

Penyakit ini menjadi gambaran unik suatu impuls yang terganggu dan terjadi bersamaan dengan kelakuan yang tidak biasanya. Secara teori neurologis, penyakit ini disebabkan adanya kerusakan pada beberapa saraf yang bertugas mengantar impuls dari dan ke otak. Ada juga teori yang berpendapat bahwa Penyakit Trikotilomania telah menjadi suatu kebaisaan layaknya tipe orang dengan gangguan OCD atau Obssesive Compulsive Disorder. Penderita OCD memiliki kebiasaan melakukan sesuatu berulang-ulang tanpa ia sadari, meski itu mengganggu kehidupannya.

Gejala Penyakit Trikotilomania

Gejala utama pada Penyakit Trikotilomania tidak lain adalah kebiasaan seseorang mencabut rambutnya sendiri. Tidak hanya daerah kepala, penderita Penyakit Trikotilomania juga suka mencabut rambut yang terletak di daerah lain seperti pada bulu mata, jenggot, kumis, kemaluan, dada, dan pergelangan.

Gejala tersebut akan timbul tanpa pengendalian diri untuk menahan kebiasaan pada pribadi penderita. Penderita penyakit ini malah merasa adanya kepuasan dengan mencabut rambutnya sendiri. Dalam suasana ketidaksengajaan penderita Penyakit Trikotilomania yang tertekan dengan masalah psikologis seperti cemas, depresi, dan stres akan secara reflek menarik rambutnya sendiri untuk mencari kenyamanan akan suasana pikiran yang terjadi.

Resiko yang ditemukan pada penderita trikotilomania adalah kebotakan pada kepala dan juga luka pada sekitar kulit tempat rambut dicabut. Penderita Penyakit Trikotilomania dengan gangguan psikologis lain seperti cemas, depresi, dan stres tidak akan mengalami perbaikan secara patologis. Rasa malu juga dapat timbul pada penderita Penyakit Trikotilomania sehingga mereka akan menutup diri dari lingkungan sosial dan orang-orang sekitarnya.

Diagnosis Penyakit Trikotilomania

Pemantauan klinis pada penderita Penyakit Trikotilomania harus dilakukan secara detil. Gangguan kontrol impuls dapat terjadi setiap saat, maka itu perlu adanya pemeriksaan mengenai adanya kebiasaan mencabut rambut di tubuh, keinginan yang tidak bisa tertahankan atau sulitnya mengendalikan diri. Adanya perasaan batin yang menganggu pikiran dan mempengaruhi kehidupan penderita sehingga secara spontan menarik-narik rambut sendiri.

Pengobatan Pada Penyakit Trikotilomania

Trikotilomania merupakan gangguan psikologis yang perlu tindakan psikoterapi atas dasar ilmu kejiawaan. Terapi utama yang diberikan adalah terapi korgnitif atau CBT (Cognitive Behavioral Therapy) yang betujuan untuk mengubah perilaku buruk dan memberikan resiko akan kebiasaan mencabut rambut tersebut. Pada metode CBT dokter memberikan strategi ampuh untuk mengendalikan diri dan pikiran penderita sekaligus melatih gangguan piskologis sehingga mengurangi gejala yang dialami.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Terapi lain yang dapat diberikan yaitu Habit Reversal Training yang bertujuan untuk melatih kebiasaan dengan membekukan dorongan untuk menarik rambut. Latihan pengalihan kebiasaan ini harus disertai tekad dan komitmen untuk sembuh.

Dukungan orang dekat dalam kondisi ini juga menjadi obat manjur dengan memberikan rasa kebersamaan dan meyakinkan penderita bahwa mereka tidak sendiri dalam menangani suatu masalah.

Obat-obat yang biasa dipakai pada Penyakit Trikotilomania antara lain obat antidepresan seperti clomipramine dan obat golongan SSRI (Selective serotonin Reuptake Inhibitor) seperti fluoxetine dan setraline.


Referensi

American Academy of Child and Adolescent Psychiatry (2013). Hair Pulling (Trichotillomania).

Elston, D. Medscape (2016). Trichotillomania

Grant, JE. Chamberlain, SR. (2016). Trichotillomania. The American Journal of Psychiatry, 173(9), pp. 868–874.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini
trikotilomania trikotilomania adalah